Internet menjadi salah satu kebutuhan utama untuk saat ini. Bahkan setiap hari kita selalu mengandalkan internet untuk berbagai kebutuhan. Dan peran ini sangat dipengaruhi oleh Wifi sebagai pemancar signal internet disekitar Anda. Lalu bagaimana cara mengetahui password Wifi disekitar Anda jika sedang membutuhkan koneksi saat paket data sedang habis. Kali ini akan dibahas lengkap mengenai trik dan caranya.

Pengertian Wifi

Wireless Fidelity atau lebih dikenal dengan istilah WiFi, merupakan akses internet yang bisa digunakan pengguna untuk melakukan browsing. Wifi menjadi salah satu jaringan nirkabel yang memiliki hak untuk melakukan akses internet. Dengan memanfaatkan akses dari WiFi inilah pengguna akan semakin mudah untuk melakukan semua kebutuhan yang berhubungan dengan online.

Apalagi jika Anda memahami cara mengetahui password wifi yang ada disekitar, kemungkinan untuk bisa lebih leluasa menjalan aktifitas online pun menjadi lebih mudah. Wifi sangat mudah digunakan untuk membantu kita dalam bertukar informasi, mengirimkan foto, dokumen, video dan melakukan streaming online. Untuk itulah kenapa jaringan Wifi memang sangat membantu dalam segala bentuk aktifitas Anda.

Jaringan Wifi sendiri juga memiliki keterbatasan dalam jalur aksesnya. Jika di ruangan terbuka, setiap signal yang dipancarkan Wifi bisa mencapai jarak 100 meter didalam area yang sudah disetting lebih dulu. Namun sangat berbeda jika letak pemancar Wifi berada diruangan sempit. Bisa saja akses signal hanya bisa ditemukan bagus di area yang mencakup 10 hingga 35 meter saja.

Keuntungan Memakai Akses Wifi

Semakin mudahnya Anda memahami soal cara mengetahui password wifi yang ada disekitar rumah Anda, maka banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memakai akses jaringan internet ini. Beberapa keuntungan memakai akses Wifi antara lain:

  • Wifi memberikan kemudahan kepada para pengguna internet untuk mendapatkan signal yang lebih cepat dibanding memakai paket data.
  • Selama pengguna berada di area yang terdapat koneksi wifi, koneksi akan berjalan mudah dan cepat akan otomatis tersambung ke semua jaringan yang membutuhkan internet.
  • Lebih cenderung hemat karena setiap pengguna internet tidak harus mengisi kuota seperti ketika memakai paket data.
  • Sangat maksimal digunakan untuk download file berisikan data dengan ukuran besar. Lancar apabila digunakan untuk streaming video dan game.
  • Mengingat jaringan Wifi dari provider biasanya unlimited jadi setiap pengguna bisa memakainya maksimal tanpa harus takut kehabisan kuota selama dibayarkan rutin setiap bulannya.

Sebagai pemakai akses signal Wifi, Anda memang harus berusaha menemukan koneksi terbaik. Sebuah perangkat harus berada dalam area yang bisa maksimal menerima signal Wifi terdekat. Jika tidak maka signal untuk online pun menjadi terbatas kecepatannya. Lalu bagaimana mengetahui password wifi yang ada disekitar Anda? Berikut ini beberapa cara yang bisa dijalankan.

Beberapa Cara Mengetahui Password Wifi

Karena cara mengetahui password wifi disekitar Anda sifatnya memang membobol akses yang sudah dikunci oleh pemiliknya, maka Anda harus menjalankan langkah yang juga lebih detail. Meski saat ini sudah banyak aplikasi pembobol wifi namun kali ini akan dibahas lengkap mengenai cara mudah tanpa memakai aplikasi tambahan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  1. Melalui Perangkat Smartphone

Cara pertama mengetahui password wifi yaitu dengan melakukan setting ulang IP Anddress di smartphone. Bagi pemakai android trik melakukannya sangat mudah sekali. Inilah langkah yang bisa dijalankan.

  • Silahkan masuk ke jaringan Wifi. Jika Anda sudah menemukan nama jaringan Wifi maka tandanya smartphone memang sudah tersambung dengan jaringan.
  • Pilih jaringan dan kemudian lanjutkan ke menu Modify Network Cofiguration. Silahkan merubah IP Address menjadi 192.168.1.2 lalu simpan (save).
  • Masuk ke web browser kemudian masukkan IP 192.168.1.254 dimana langkah ini untuk masuk ke menu pengaturan pada modem Wifi.
  • Anda akan masuk ke halaman login. Silahkan masukkan kombinasi username (ADMIN) dan password (USER).  Setelah itu ke pengaturan, lanjutkan ke menu Wifi.
  • Kemudian Anda haus masuk ke menu berikutnya SSID Name serta SSID Passphrase yang mana didalam menu ini akan semakin memudahkan Anda mengetahui kombinasi username serta password jaringan wifi yang sudah tersambung tersebut.
  • Jika password wifi sudah diketahui, maka Anda tinggal masuk atau menghubungkan dengan koneksi Wifi yang sudah tersedia itu. Mudah bukan!

 

  1. Melalui Laptop atau PC

Berikutnya cara mengetahui password wifi dengan membukanya memakai Laptop atau PC. Meski terbilang lebih membutuhkan banyak proses, namun memakai kedua media ini bisa dikatakan lebih mudah asalkan Anda memahami prosesnya. Manfaatkan saja fungsi dari CMD (Command Prompt) yang sudah tersedia di OS Windows. Berikut ini langkahnya.

  • Silahkan membuka jendela Run Adminstrator, jika ingin memulainya lebih cepat silahkan tekan saja di keyboard laptop atau PC dengan kombinasi Windows + R. Alternatif ini bisa dikatakan sudah banyak digunakan dan akurat hasilnya.
  • Masukkan kata atau ketik manual CMD kemudian ENTER. Maka Command Prompt akan langsung terbuka halaman menunya.
  • Masukkan nama wifi yang sudah tersedia di jaringan sekitar Anda. Isikan ketikan : netsh wlan show profile name= “nama wifi” key = clear lalu ENTER.
  • Maka akan muncul dibagian bawah perintah di Key Content password atau sandi wifi yang akan disambungkan.

 

  1. Masuk ke Menu Network and Internet

Kemudian bukan hanya bisa memakai kedua cara mengetahui password wifi diatas saja, ada alternatife trik berikutnya yang terbukti berhasil. Silahkan melakukan akses dengan masuk ke menu Network and Internet yang tersedia di Control Panel. Untuk mencoba cara ini silahkan lakukan langkah berikut ini Slot gacor online paling menguntungkan.

  • Masuk ke menu Control Panel kemudian cari opsi pilihan Network and Internet.
  • Silahkan lanjutkan ke menu Network and Sharing Center dalam pilihan berikutnya.
  • Jika sudah, maka akan muncul menu berikutnya, pilih saja Manage Wireless Networks.
  • Pilih sesuai jaringan yang sudah tersedia di sekitar Anda. Dan lanjutkan ke pilihan Wireless Properties serta masuk ke Security.

Untuk mengetahui password wifi, Anda bisa melihatnya pada menu Network Security Key. Untuk menampilkan sandi yang terlindungi, silahkan ceklist kotak kecil dibawahnya Show Characters. Maka kombinasi password wifi akan terlihat.

Kesimpulan

Sebenarnya cara mengetahui password wifi yang tersebar disekitar Anda memang sangat mudah. Trik dan langkahnya juga sudah banyak di jelaskan. Namun harus dimengerti dan dipahami, jika sebuah jaringan wifi yang bisa diakses mudah oleh pengguna juga memiliki banyak resiko. Salah satunya adalah kemungkinan jaringan tersebut membawa malware. Virus dan malware yang selama ini mengancam smartphone dan laptop memang memberikan dampak rusaknya sistem dikedua media ini.

Jadi sebelum Anda memanfaatkan semua jaringan wifi yang ada disekitar, silahkan memahami sejumlah resikonya lebih dulu. Apabila aman dan tidak memberikan dampak buruk kedepannya, Anda bisa memanfaatkan semua koneksi jaringan wifi sesuai kebutuhan Anda.

 

By Drajad