Uncategorized

Tips Mengatasi Wajah Kusam agar Tampak Cerah

Summary

Perawatan Wajah Pria – Kulit wajah yang kusam merupakan kondisi tidak sehat yang harus segera diatasi dengan baik agar kulit kembali menjadi sehat dan terawat. Banyak hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, seperti sel kulit mati, dehidrasi, diet yang […]

Perawatan Wajah Pria – Kulit wajah yang kusam merupakan kondisi tidak sehat yang harus segera diatasi dengan baik agar kulit kembali menjadi sehat dan terawat.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, seperti sel kulit mati, dehidrasi, diet yang tidak teratur, dan kurang tidur. Kondisi kulit yang tidak sehat ini bisa menyebabkan penuaan dini.

Nah berikut sederet langkah untuk mengatasi kulit kusam yang bisa dilakukan setiap harinya.

1. Teratur mencuci wajah

Mencuci muka secara teratur merupakan langkah penting untuk mencerahkan kulit. Selain mencerahkan, mencuci muka juga bisa menghilangkan minyak yang menempel dan debu yang tersembunyi di pori-pori wajah setelah seharian menjalani aktivitas.

Saat mencuci muka, sebaiknya mencoba untuk memijat wajah dengan lembut secara menyeluruh agar semua kotoran dan debu yang menempel hilang. Rutin mencuci muka pada pagi dan malam dapat terhindar dari iritasi kulit.

2. Gunakan pelembap

Selain mencuci wajah, menggunakan produk kecantikan yang tepat dan cocok juga tak kalah penting. Gunakan pelembap berbahan dasar air sebelum beraktivitas dan menjelang tidur. Menggunakan pelembap sesudah mencuci wajah dapat menjaga kulit menjadi lebih lembap dan terhindar dari kering.

3. Mengonsumsi air putih

Kulit kusam bisa disebabkan karena kulit mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Mengonsumsi air putih kurang lebih 8 gelas setiap harinya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Sebaiknya kurangi minuman beralkohol, bersoda dan terlalu manis untuk menghindari masalah kulit lainnya.

4. Eksfoliasi kulit

Melakukan eksfoliasi secara rutin merupakan cara yang paling efektif untuk menjaga kulit agar tidak terlihat kusam. Eksfoliasi merupakan pengangkatan sel kulit mati. Sisa-sisa kulit mati dapat menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Tak hanya menggunakan scrub, eksfoliasi juga bisa menggunakan toner yang mengandung AHA dan BHA. Lakukan eksfoliasi rutin setiap 1-2 kali seminggu.