Pada dasarnya, pasti semua calon Ibu menginginkan semua rencana dalam proses kehamilan berjalan dengan lancar hingga waktu persalinan. Agar rencana tersebut berjalan dengan lancar, hal yang perlu Ibu perhatikan adalah ketika memilih konsultasi dokter spesialis kandungan yang tepat.

Ketika hendak memilih dokter kandungan yang sesuai dan tepat memang menjadi suatu hal yang bisa dibilang gampang gampang susah, terkadang Ibu merasa tidak cocok dengan dokter tertentu.

Jika dirasa tidak cocok, biasanya Ibu akan merasa kurang nyaman ketika melakukan konsultasi, lalu bagaimana cara dan tips ketika hendak memilih dokter spesialis kandungan?

Dokter spesialis kandungan biasanya mempunyai gelar Sp.OG, atau disebut juga dokter spesialis obstetri dan ginekologi.

Selain itu, Ibu juga pasti sudah familiar dengan sebutan obgyn, obgyn mempunyai peran penting dalam hal memeriksa kehamilan, membantu proses persalinan hingga melakukan perawatan setelah melahirkan.

Sebelum memutuskan untuk melakukan konsultasi, sebaiknya Ibu mengetahui terlebih dahulu perbedaan dari dokter kandungan dengan bidan.

Perbedaan dari bidan dan dokter kandungan!

Banyak orang yang tidak mengetahui tentang perbedaan dari dokter kandungan dengan bidan. Dilansir dari theAsianparent, perbedaan dari bidan dan dokter kandungan bisa dilihat dari metode penanganan yang digunakan dan bagaimana cara mereka menangani ibu hamil serta persalinan.

Jika dalam masa kehamilan Ibu tidak mengalami komplikasi atau masalah lainnya, Ibu bisa melakukan proses persalinan normal yang dilakukan bersama bidan. Akan tetapi jika dianggap akan terjadi risiko yang berbahaya penanganan persalinan harus diambil alih oleh dokter kandungan.

Sebelum mengunjungi dokter kandungan atau bidan sebaiknya Ibu mencari informasi sebanyak banyaknya. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan ibu, hal ini penting dilakukan untuk kelancaran masa kehamilan dan persalinan nanti dan memantau kesehatan fisik Ibu setelah melahirkan.

Berikut beberapa cara yang bisa Ibu perhatikan ketika memilih dokter kandungan, ini bertujuan untuk mendapatkan konsultasi yang tepat!

Perbanyak referensi tentang bidan atau dokter kandungan terdekat

Karena ini merupakan hal yang penting, maka dengan mencari banyak referensi tentunya Ibu akan mempunyai banyak pilihan.

Selain dari internet, Ibu bisa mendapatkan referensi dari rekomendasi keluarga atau teman yang mempunyai pengalaman dalam hal kehamilan dan persalinan. Tentu mereka lebih berpengalaman dan pernah mencoba berkonsultasi langsung dengan beberapa dokter atau bidan tersebut.

Setelah mendapatkan berbagai referensi dan rekomendasi dokter atau bidan, sekarang Ibu sesuaikan berdasarkan kebutuhan dengan cara kualifikasi dokter yang akan dipilih.

Yang paling penting untuk diperhatikan dan di teliti adalah bagaimana rekam jejak dokter atau bidan tersebut, selain itu sertifikat dan pengalaman dokter juga harus menjadi perhatian.

Ibu bisa memilih dokter pria ataupun wanita, keduanya sama baiknya, namun pilihlah yang bisa membuat Ibu nyaman ketika melakukan pemeriksaan dan konsultasi.

Pilih dokter kandungan yang sepaham dan bisa membuat Ibu nyaman

Setelah mendapatkan beberapa rekomendasi dokter atau bidan dari teman dan keluarga, sekarang yang harus Ibu lakukan adalah memilih yang sepaham dan bisa membuat Ibu nyaman.

Dari daftar rekomendasi tersebut, cobalah untuk melakukan konsultasi dokter spesialis kandungan agar Ibu bisa mendapatkan perbandingan. Dengan cara ini, diharapkan bisa membantu Ibu dalam menentukan dokter yang tepat.

Setelah melakukan pemeriksaan dan konsultasi pada beberapa dokter, sekarang Ibu bisa menentukan mana yang paling membuat Ibu nyaman.

Kenyamanan tersebut dalam artian tentang bagaimana cara penyampaiannya, menjelaskan berbagai hal yang perlu Ibu ketahui, kesabaran, ketelitian ketika melakukan pemeriksaan dan kepribadian dari dokter tersebut.

Beberapa hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kepuasan Ibu ketika melakukan konsultasi, mempunyai pemahaman dan tujuan yang sama tentu akan membuat Ibu merasa puas.