Tips Interview Untuk Guru BK

Profesi sebagai guru hampir menjadi idaman semua orang, tugas yang diberikan juga cukup mulia. Guru mempunyai peran penting dalam kemajuan generasi bangsa. Mempunyai profesi sebagai guru tentu jaga mempunyai tips interview tersendiri.

Bagaimana Tips Interview yang Pas untuk Guru BK

Tips interview guru umumnya berbeda dengan profesi lainnya. Pasalnya, dalam tahapan interview terkadang tidak hanya dilakukan oleh pemilik atau kepala sekolah saja melainkan juga dari pihak siswa. Tips interview guru harus menguasai hal berikut ini:

1.Berbicara dengan Nada Halus

Interview yang dilakukan oleh guru dari siswa harus menggunakan nada halus. Hal ini lantaran siswa merupakan orang yang masih mempunyai pola pikir belum matang. Tips interview ini benar-benar harus diterapkan, agar berhasil menempati posisi sebagai guru.

Usahakan untuk melihat kepribadian siswa dari pandangan mata. Jika yang melakukan proses interview dari pihak kepala sekolah atau atasan lainnya, gunakan cara interview seperti biasanya. Terdapat beberapa sekolah yang memperbolehkan calon guru untuk mencoba mengajar di dalam kelas.

2.Mempunyai Akhlak yang Baik

Orang yang memilih jurusan pendidikan saat masa kuliah umumnya diajari terkait akhlak. Dalam dunia kerja hal ini harus benar-benar diterapkan. Guru merupakan contoh, teladan dan panutan oleh semua siswa. Dalam lingkungan sekolah, seorang guru berperan sebagai orang tua siswa.

Mempunyai akhlak yang baik dapat dijadikan sebagai tips interview paling utama. Banyak sekali kutipan dan nasihat yang mengatakan “utamakan adab’’ jadi sebelum memutuskan untuk melamar sebagai guru pelajari tips interview ini.

3.Profesional             

Bukan hanya profesi sebagai guru saja, profesional menjadi salah satu persyaratan dalam bekerja. Dalam tahapan interview, setiap calon guru pasti akan ditanya terkait sifat profesional yang dikemas menggunakan berbagai pertanyaan menjebak.

Pastikan pada saat interview untuk tetap fokus terhadap pertanyaan- pertanyaan yang dilontarkan. Apabila terdapat beberapa kesulitan  dalam pertanyaan yang dilontarkan, usahakan untuk bertanya agar mudah memberikan jawaban.

Menjadi guru tentu saja tidak mudah untuk didapatkan, banyak sekali rangkaian proses yang harus dijalani. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh guru honorer yaitu gaji kecil. Mengatasi hal tersebut harus ekstra sabar. Sebelum melamar jadi guru, silahkan pelajari tips interview.

By roket