general Tips trik

Tipe Burung Kecil Mempunyai Suara Merdu

Summary

Fans burung di Indonesia memang telah banyak semenjak dulu. Banyak publik yang memiara banyak tipe burung, tidak kecuali tipe burung kecil yang memiliki suara kicau yang cukup merdu. Berikut penjelasan berkenaan spesies burung memiliki ukuran kecil dengan kicau yang merdu. […]

burung-kecil

Fans burung di Indonesia memang telah banyak semenjak dulu. Banyak publik yang memiara banyak tipe burung, tidak kecuali tipe burung kecil yang memiliki suara kicau yang cukup merdu.

Berikut penjelasan berkenaan spesies burung memiliki ukuran kecil dengan kicau yang merdu. Baca pembahasannya.

Daftar Tipe Burung Memiliki ukuran Kecil Yang Berkicau Dengan Merdu


Love Bird

Tipe burung ini benar-benar diburu banyak orang karena suaranya yang cantik, harga tidak termasuk mahal. Selainnya suara merdu, burung tipe ini mempunyai warna yang cukup mempesona.

Dengan kombinasi warna merah atau oranye di wajah dan hijau pada semua badan burung ini, membuat terlihat benar-benar lucu dan menggemaskan. Ditambahkan lagi, suara kicau mereka yang bakal temani beberapa hari pemilik yang memiara burung merdu satu ini. Burung ini disebutkan dengan istilah ngekek.

harga-burung-kecil

Cucak Hijau

Dinamakan Cucak Hijau karena burung ini mempunyai warna bulu-bulu hijau yang cukup ceria dan jelas. Hingga, cukup eye-catching untuk siapa saja yang menyaksikannya. Di bagian badannya, ada juga warna hitam pas di bagian kepala paruh burung itu. Burung bernada merdu ini bisa diketemukan di teritori Banyuwangi, Sumatra, Kalimantan, sampai Bali.

Cendet

Dengan kicauan lumayan keras yang dipunyai oleh burung satu ini membuat menjadi satu diantara tipe burung kecil yang banyak dicari oleh orang. Kicauannya yang lumayan keras membuat situasi berkesan lebih membahagiakan dan ramai. Selainnya kicauan burung Cendet mempunyai corak yang elok, dengan kombinasi warna yang menawan.

Tledekan

Kelompok burung kecil dengan suara merdu selanjutnya yakni Tledekan. https://pleci.id/ Burung satu ini kerap dinamai burung burung sulingan atau sikatan. Burung Tledekan benar-benar pintar dalam tirukan suara burung lain, yang membuat cukup unik untuk mereka sebagai pencinta burung.

Penyebaran komunitas dari burung Tledekan cukup luas. Yang mana menyebar di beberapa penjuru dunia, seperti Kamboja, Nepal, Thailand, Cina dan ada banyak lagi. Besar burung ini bisa capai 14 sampai 15 cm dengan berat badan burung sekitaran 12 sampai 18 gram. Corak burung Tledekan cukup unik yaitu kombinasi warna biru oranye gelap dan tua.

Kenari

Tidak sesuai dengan badannya yang kecil, burung Kenari mempunyai kicau yang cukup ciri khas dan keras. Menurut beberapa pencinta burung, tipe burung ini disebutkan dengan panggilan ngeriwik atau dengan bahasa Indonesia cerewet. Meski begitu, tidak menurunkan beberapa pencinta burung untuk memiara burung satu ini.

jenis-burung-kecil

Pleci

Tipe burung kecil ini yang memiliki kicau yang cukup merdu yakni burung Pleci. Selainnya dikenali dengan burung yang mempunyai kicau merdu, burung ini mempunyai wujud mata yang cukup unik. Wujud mata yang seperti kacamata jadi daya magnet tertentu untuk pencinta burung untuk memilikinya.

burung-kecil-masteran

Prenjak

Sisi dari tipe burung yang dari keluarga Sylviidae. Burung Prenjak mempunyai bentuk badan yang cukup ramping dan kecil. Dengan panjang badan lebih kurang 10 sampai 15 cm saja. Walau bertubuh kecil, kicau burung ini tidak dapat diremehkan. Karena suara kicau yang dikeluarkan cukup ribut dan membuat ramai sekitar.

Kemade

Burung berikut masih termasuk burung yang kerap diketemukan karena komunitas tinggalnya di perkotaan, pantai, pelataran sampai rimba mangrove. Burung ini disebutkan dengan burung cabe. Yang umumnya makan beberapa bijian, buah benalu sampai serangga. Dengan bertubuh dengan panjang 8 cm tidak menurunkan suara kicaunya yang keras.

Kolibri

Dengan mempunyai corak yang cukup gelap, membuat burung satu ini kelihatan benar-benar elok dan menawan. Burung Kolibri mempunyai panjang badan sekitaran 6,4 cm saja. Jadi tidak bingung, bila burung ini terhitung dalam tipe burung kecil. Walau bertubuh yang kecil, Kolibri sendiri memiliki suara yang cukup merdu.

jenis-burung-kecil-pengicau

Panca Warna

Sama dengan 5 warna yang lain pada sebuah burung membuat burung ini disebutkan dengan Panca Warna. Dengan warna gabungan yaitu kuning, coklat, biru, orange sampai hitam membuat kelihatan benar-benar unik. Selainnya gabungan warna, burung ini mempunyai suara kicau yang cukup merdu dibandingkan burung lainnya.

Kacer

Burung Kacer sebagai tipe burung yang dari Bogor dan Jawa Timur. Burung ini mempunyai beberapa ciri fisik yang cukup unik yaitu kombinasi warna hitam di bagian kepala dan putih di bagian dadanya dan sayap. Dengan mempunyai suara kicau yang lumayan keras, membuat burung ini dicari oleh beberapa pencinta burung berkicau.

Anis Kembang

Selainnya mempunyai suara kicau yang merdu dan keras, tipe burung kecil satu ini juga memikat saat mengemaskan sayapnya. Burung ini digolongkan sebagai burung pemalu, hingga agar bisa ketahui kicaunya harus pada kondisi sepi ataupun waktu sedang hujan.

Cucak Rowo

Harga mahal yang diberi agar bisa mempunyai burung ini sesuai dengan suara kicau merdu yang dipunyainya. Penyebaran burung merdu ini lumayan luas, yaitu dari Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa Barat sampai Kalimantan. Burung Cucak Rowo memiliki beragam istilah yang cukup unik seperti sendi, isian, semi ropel, ropek dan ada banyak lagi.

Murai Batu

Burung satu ini cukup populer karena kepandaian yang dipunyai. Karena memiliki rutinitas yang cukup unik yaitu bisa tirukan suara burung yang lain yang ada disekitarnya. Burung Murai Batu yang dikenali oleh dunia sebagai burung yang mempunyai suara kicau terbaik ialah tipe Murai Batu Medan.

Jalak

Burung Jalak termasuk juga dari tipe burung kecil yang mempunyai suara merdu. Indonesia sendiri mempunyai beragam tipe burung jalak salah satunya Jalak Bali, Jalak Nias, Jalak Suren, Jalak Hitam sampai Jalak Putih. Dari beragam tipe burung Jalak yang ada itu, berdasar dari asal komunitas yang jadi rumah oleh burung ini.

Banyak memiliki tipe dan suara kicau yang cukup nikmat didengarkan. Membuat beberapa orang yang membidik burung Jalak sebagai hewan yang perlu dipiara di rumah. Ditambahkan juga, nilai jual hewan ini juga tinggi. Tidaklah aneh, beberapa orang yang membudidayakannya agar bisa dipasarkan kembali.

Trucukan

Burung berikut mempunyai nama yang cukup unik, yaitu Trucukan atau Trocok. Bukan itu saja, burung mempunyai suara merdu satu ini memiliki nilai jual yang cukup murah.

Harga yang murah itu juga sebagai daya magnet tertentu untuk pencinta burung kicau untuk memilikinya. Beberapa ciri fisik yang dipunyai burung ini unik yaitu kombinasi di antara kuning, hitam dan putih.

Itu beberapa macam burung memiliki ukuran kecil yang memiliki suara kicau yang nikmat dan merdu untuk didengarkan. Dari beragam jenis tipe burung yang ada, Anda dapat pilih salah satunya yang kiranya sesuai kepentingan dan hasrat masing-masing. tiap burung mempunyai corak, komunitas, dan suara yang masing-masing benar-benar khas.