Gadget

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S6

Summary

Selain laptop, tipe perangkat yang tingkat kepopulerannya naik di era pandemi adalah tablet. Kenapa begitu? Meski tidak seandal laptop dalam hal kinerja, tablet seperti Samsung Tab S6 kegunaannya lebih simpel tetapi multifungsi. Beberapa orang menggunakannya sebagai perangkat bekerja yang portabel […]

main image

Selain laptop, tipe perangkat yang tingkat kepopulerannya naik di era pandemi adalah tablet. Kenapa begitu? Meski tidak seandal laptop dalam hal kinerja, tablet seperti Samsung Tab S6 kegunaannya lebih simpel tetapi multifungsi.

Beberapa orang menggunakannya sebagai perangkat bekerja yang portabel untuk menghadiri dari satu pertemuan Zoom ke Zoom meeting lainnya. Ada pula yang butuh perangkat ini untuk belajar, ataupun mengajar secara daring. 

Apabila dibandingkan dengan produk smartphone, pilihan tablet Android di Indonesia sendiri tak banyak. Namun, jika Anda ingin mencari rekomendasi tablet untuk kebutuhan Anda, Samsung Galaxy Tab S6 dapat jadi opsi. Berikut adalah beberapa keunggulan tablet ini dari segi layar dan kamera.

  • Layar

Layar Galaxy S6 menawarkan screen-to-body ratio 82.5 persen. Lalu, bezel pada tablet ini tidak terlalu tipis. Namun, tetap lumayan luas untuk menawarkan pengalaman entertainment yang baik. Layar Galaxy Tab S6 terhitung responsif ketika menerima segala perintah. Tapi karena ukuran layarnya yang besar, hal ini membuat pengguna menjadi tidak cukup nyaman apabila mengetik tanpa keyboard.

Layaknya tablet pada umumnya, pengguna mampu mengatur brightness yang ada di tablet tersebut. Menariknya, layar gawai ini menawarkan dua mode yang memberikan dampak mata menjadi lebih nyaman kala membaca.

Pertama, layar Galaxy Tab S6 menawarkan blue light filter sehingga cahaya biru tidak menyakiti mata. Lalu, ada pula dark mode yang mampu menjaga mata lebih nyaman saat membaca. Lebih-lebih kala pengguna membaca di area gelap atau malam hari.

Galaxy Tab S6 terhitung mempunyai shortcut ke aplikasi spesifik sehingga jauh lebih mudah dan cepat dicari. Untuk mengaksesnya pengguna hanya harus men-swipe bagian kanan layar ke arah ujung ke tengah. Secara khusus, dengan adanya shortcut ini pengguna jadi lebih cepat untuk mendapatkan aplikasi yang diinginkan. Apalagi tray shortcut mampu disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Karena menggunakan teknologi layar Super AMOLED, maka tablet ini telah menerapkan fingerprint di di dalam layar untuk membuka kunci perangkat. Sensornya terbilang lumayan cepat untuk membuka kunci perangkat.

  • Kamera Belakang 

Galaxy Tab S6 telah dilengkapi dengan dua kamera pada bodi bagian belakang. Kamera tersebut mempunyai konfigurasi 13MP dan 5MP. Untuk ukuran tablet, Galaxy Tab S6 telah menawarkan sejumlah mode menarik yang tak kalah dengan smartphone. Tablet ini mempunyai beberapa mode. Di antaranya adalah food, panorama, night, Pro, Live Focus, serta Hyperlapse.

Mode selanjutnya menurut beberapa pengguna lumayan kaya untuk sebuah tablet yang notabene lebih difungsikan untuk kegiatan produktivitas. Saat pengguna mencoba night mode, warna yang dihadirkan lumayan hidup dan terang. Sedangkan foto malam hari tanpa manfaatkan night mode warnanya tidak cukup hidup.

  • Fitur AR

Layaknya smartphone premium Samsung, Galaxy Tab S6 ini memungkinkan untuk menggunakan fitur AR Emoji. Selain itu, tablet keluaran Samsung ini juga menawarkan fitur Doodle di kameranya. Dengan begitu, penggunanya mampu membuat coretan-coretan di foto yang telah diambil.

Uniknya, kamera Galaxy Tab S6 mempunyai shot suggest sehingga foto yang diambil menjadi lebih baik. Pengalaman pengguna saat menggunakan fitur ini, kamera dapat menjelaskan ‘best shot’ kala diarahkan ke objek yang akan difoto.

Untuk video, kamera depan pada tablet ini menawarkan resolusi HD dan FHD. Sedangkan untuk kamera belakangnya, video memiliki resolusi UHD, FHD, serta HD. Pada video, Samsung pun menawarkan stabilization sehingga hasilnya tidak akan goyang.

  • Kamera Depan

Beralih ke kamera depan, Galaxy Tab S6 telah dibekali dengan 8MP. Hasil gambar yang diambil menggunakan tablet seluas 10.5 inci ini memang tidak amat clear. Namun, lumayan mampu diandalkan dalam kategori tablet. 

Nah, itu tadi beberapa pembahasan seputar layar dan kamera Samsung Galaxy Tab S6. Jika Anda malas membawa perangkat yang berat untuk belajar atau bekerja, Anda dapat memilih tablet satu ini. Apakah Anda tertarik untuk membeli Samsung Galaxy Tab S6?