Review Toyota Avanza

Saat pertama kali diluncurkan di Gaikindo Auto Expo pada 11 Desember 2003, Toyota Avanza menjadi pelopor kendaraan serba guna di Indonesia.

Julukan “Mobil Sejutaan” diberikan kepada MPV keluarga terpopuler dan terlaris di Indonesia. Meski telah diluncurkan selama 17 tahun, popularitas Toyota Avanza terlihat dari volume penjualan yang secara konsisten mengungguli kompetitor lain di bidang MPV.

Toyota Avanza generasi pertama hanya meluncurkan dua model, mesin 1.3 E dan 1.3 G, dilengkapi dengan mesin 1.3L dan transmisi manual 5-percepatan opsional. Setahun kemudian, Toyota memperkenalkan Avanza yang dilengkapi dengan transmisi otomatis 4-percepatan. Sebagai MPV kelas C, Toyota Avanza pertama kali diluncurkan pada 15 Januari 2004. Saat ini Toyota Avanza menggunakan mesin 1NR-VE 1.3L dan mesin 2NR-FE dual VVT-i dengan teknologi dual VVT-i.

Pada tahun 2006, Toyota Avanza memperoleh fungsi sistem pengereman anti-lock (ABS) dan opsi mesin 1,5 liter yang sudah menggunakan teknologi VVT-i. Generasi kedua diluncurkan pada tahun 2011 dan memiliki ukuran yang lebih panjang. Perubahan ini membuat bagasi lebih lebar.

Persaingan yang semakin ketat di bidang MPV membuat Toyota memperkenalkan ubahan baru di tahun 2019. Namun, Toyota Avanza tidak meluncurkan generasi ketiganya, melainkan memperbaruinya dalam bentuk facelift. Anda bisa mendapatkan Toyota Avanza 2019 sekarang juga.

Harga Toyota Avanza

Harga Toyota Avanza 2020 mulai dari 200 jutaan rupiah untuk model entry level Toyota Avanza 1.3E MT, dan harga Toyota Avanza 1.5G MT versi tertinggi mulai dari 230 jutaan rupiah. Kenyamanan masih dihitung dari konsumsi bahan bakar yang masih sangat irit.

Exterior

Penampilan menjadi bagian penting dari facelift tahun lalu. Meski secara tampilan tetap mempertahankan DNA Toyota Avanza yang dibangun dari generasi kedua.

Tampak depan ubahan paling signifikan, lampu depan menggunakan split headlights, yang juga digunakan pada Toyota Vellfire dan Toyota Voxy.

Desain bumper depan menghadirkan lekukan yang kokoh, sehingga terlihat lebih sporty. Grilnya masih sama, namun gril radiator tipe G Toyota Avanza dihias dengan krom sehingga memberikan kesan mewah.

Pada Toyota Avanza tidak banyak perubahan. Dimana ukurannya masih sama dengan generasi kedua. Fitur baru yang disematkan antara lain power spion, yang dapat Anda atur melalui tombol-tombol di sisi setir.

Dibandingkan dengan Toyota Avanza Veloz yang sudah memiliki velg two-tone, desain velgnya masih menggunakan single-tone display. Yang mencolok adalah ada antena sirip hiu di sisi atap.

Namun, eksterior lama masih bisa dilihat pada eksterior belakang Toyota Avanza. Lampu belakang vertikal dengan sisi melengkung.

Terdapat spoiler belakang di bagian atas agar terlihat lebih sporty. Pintu bagasi didekorasi dengan pelapisan krom horizontal, hampir sama dengan tampilan depan. Bumper bawah memiliki lekukan di kiri dan kanan.

Dengan ini, anda harus membelikan asuransi mobil untuk mobil Toyota Avanza agar mobil yang anda miliki ini bisa terjamin keamanannya jika besok besok terjadi sesuatu.

Interior

Dibandingkan dengan tampilannya, kabin Toyota Avanza juga mengalami peningkatan dalam banyak hal. Namun tidak hanya dari segi tampilan, tetapi juga dari segi fungsi yang diberikan. Pengaturan komunikasi digital sudah dapat dirasakan pada semua jenis kendaraan Toyota. Selain itu, head unitnya juga menggunakan layar sentuh agar terlihat lebih modern.

Pada dashboard Toyota Avanza terdapat slot kecil untuk menaruh kartu. Karena sebagian besar jalan tol sudah menggunakan tol elektronik, gerbong ini pasti membantu Anda merasa nyaman saat berkendara.

Roda kemudi juga menggunakan tombol multi fungsi, sehingga Anda dapat lebih mudah mengatur fungsi mobil. Perangkat ini sudah memiliki teknologi tilting, meski belum teleskopik.

Kursi berhias kain yang nyaman masih menghiasi kabin. Dengan harga yang ditawarkan Toyota Avanza, tentu saja sulit bagi Toyota untuk menyediakan jok kulit. Namun hal ini bisa dimaklumi, mengingat kainnya sangat lembut saat diduduki.

Dan di baris ketiga terdapat slot USB sebagai charger.

Kapasitas bagasi tetap sama seperti sebelum perubahan. Meski bisa dikatakan kursi di baris ketiga tidak luas, namun kapasitas bagasi Toyota Avanza cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Masalah pada Toyota Avanza adalah kursi baris ketiga tidak bisa diletakkan rata di lantai seperti MPV lainnya. Pengaturan ini dapat mengurangi kapasitas ruang penyimpanan. Apalagi jika Anda membawa barang-barang yang panjang.

Toyota Avanza baru meningkatkan kenyamanan ruang kabin, mendapatkan tambahan insulasi termal di tiga titik, yaitu lantai belakang, lantai shift, dan panel dashboard. Fakta membuktikan bahwa semua fitur baru ini dapat meningkatkan ketenangan kabin dan meningkatkan kenyamanan berkendara.

Fitur

Fitur keselamatan Toyota Avanza 2020 masih dilengkapi dengan dual SRS airbag, sabuk pengaman 3 titik, side impact beam dan perangkat keselamatan ISOFIX. Sistem pengereman anti-lock disematkan di setiap varian. Hanya model 1.3G ke atas yang memiliki fungsi sensor parkir.

Fitur lain yang bisa Anda dapatkan adalah menghidupkan dan mematikan mesin, yang dapat membantu Anda membuka Toyota Avanza tanpa kunci. Fungsi ini juga dilengkapi dengan sistem anti maling sebagai sistem anti maling.

Selain itu, Toyota Avanza juga mendapatkan fitur child lock. Meskipun bukan fitur yang cantik, ini dapat memudahkan Anda mengemudi bersama anak Anda.

Mesin dan Performa

Mengandalkan mesin 4 silinder segaris 1.329 cc yang dilengkapi teknologi dual VVT-i.

Namun bagi yang merasa membutuhkan tenaga lebih, Anda bisa menggunakan mesin 1,5 liter yang digunakan pada Toyota Avanza versi tertinggi. Tenaga yang dihasilkan mencapai 102,5 horsepower dan torsi puncak mencapai 136 Nm. Sayangnya, Toyota Avanza 1.5 G hanya tersedia dalam versi transmisi otomatis.

Performa dan handling Toyota Avanza