Melihat Keseruan Bermain Permainan Bentengan

Permainan Bentengan

Permainan bentengan merupakan salah satu permainan tradisional atau k,uno yang sangat seru dalam memainkannya. Umumny, permainan ini dimainkan oleh para kalangan anak laki-laki. Meskipun anak perempuan juga memainkannya, namun permainan ini didominasi oelh kalangan anak laki-laki. Permainan ini masih berkembang seiring berjalannya waktu. Meskipun termasuk permainan tradisional, namun ternyata permainan bentengan masih tetap dimainkan hingga saat ini.

Umumnya, permainan bentengan dilakukan dalam rangka lomba antar tim, biasanya dalam rangka lomba antar kelas, lomba antar satu kelas, hingga lomba antar sekolah. Dalam hal ini mencakup Sekolah Dasar hingga tingkat Sekolah Menengah Pertama saja. Karena untuk tingkat Sekolah Menengah Atas sudah jarang yang memainkannya.

Manfaat Permainan Bentengan

Seperti permainan lainnya, permainan bentengan ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi para pemainnya. Adapun manfaat tersebut adalah diantaranya melatih kerja sama tim antar anggota, melatih kecepatan anak dalam berpikir, melatih saraf motorik pada rangsangan otak anak, dan tentunya yang terpenting adalah melatih kebugaran jasmanipada anak.

Permainan bentengan merupakan permainan sekaligus olahraga. Hal tersebut diakrenakan permainan bentengan memerlukan usaha ekstra berupa kelincahan, kekuatan, dan kecepatan tubuh dalam memainkannya. Maka tak heran apabila banyak orang menyebutnya sebagai sebuah olahraga alih-alih sebagai sebuah permainan. Karena, dengan memainkan permainan ini, otot anak akan terlatih untuk dapat menjadi kuat.

Aturan Bermain dalam Permainan Bentengan

Sedikit berbeda dengan permainan lainnya, ternyata permainan bentengan memiliki aturan main yang memang sedikit rumit. Karena permainan berbasis kelompok, maka para pemain akan melakukan penyeleksian terhadap siapa yang bermain di kelompok siapa. Julahnya pun terserah, namun umumnya adalah ebrjumlah lima orang setiap kelompok.

Setelah menentukan kelompok, langkah selanjutnya adalah menentukan siapa yang menang dan siapa yang kalah. Tim yang menang akan bertahan pada benteng yang terbuat dari bambu dan tim yang kalah akan menjaga untuk membidik tim tadi.

Aturannya seperti ini, kelompok yang kalah akan memegang satu bambu secara bersamaan, ketika satu anggota mendapat giliran berlari, anggota lainnya akan berlari ke bagian lain pula dan harus memegang bambu yang ada disana. Pemain dinyatakan gugur apabila pihak lawan berhasil menyentuh pemain sebelum memegang bambu.