Parenting

Perkembangan Janin Usia 9 Minggu dan Perubahan Apa Saja yang Terjadi Pada Janin

Summary

Hamil adalah sebuah angurah terindah yang diharapkan oleh semua pengantin muda. Karena kita sama-sama tahu begitu banyak pasangan muda diluar sana yang menunggu masa-masa ini bertahun-tahun sampai puluhan tahun lamanya belum juga diberikan jalan oleh maha pencipta. Maka dari itu, […]

Perkembangan Janin Usia 9 Minggu dan Perubahan Apa Saja yang Terjadi Pada Janin

Hamil adalah sebuah angurah terindah yang diharapkan oleh semua pengantin muda.

Karena kita sama-sama tahu begitu banyak pasangan muda diluar sana yang menunggu masa-masa ini bertahun-tahun sampai puluhan tahun lamanya belum juga diberikan jalan oleh maha pencipta.

Maka dari itu, bagi bunda yang sudah dipastikan hamil maka jagalah kondisi kandungan dan janin di dalam perut anda dengan sebaik mungkin, jangan lupa rutin priksa kandungan dengan berkala jangan sampai absen.

Antri berjam-jam di klinik kandungan tidaklah masalah dan bunda beserta suami harus tetap semangat dan berjuang demi menjaga kondisi janin tetap sehat sampai lahir.

Usia kandungan sendiri menjadi sebuah acuan dasar seorang dokter dalam memberitahukan anda proses perekembangan janin lebih akurat. Karena semakin tua usia kandung maka perubahan berat, panjang dan sisitem kerja organ tubuh bayi tidak sama semuanya terus berekembang tentu saja.

Kali ini kami akan mencoba menggambarkan sedikit saja bagaiamana kondisi perkembangan janin usia 9 minggu.

Yang pertama adalah dari sisi panjang bunda harus tahu, jika normal panjang janin pada usia ini hanya berkisar dua sampai dengan tiga cm saja, dengan berat normal sekitar 25 gram.

Kemudian pada perkembangan anggota tubuh dari kaki, kemudian tangan dan jemari sampai dengan sisitem pencernaan, jantung, hati semuanya sudah mulai terbentuk dengan sangat baik.

Anda juga harus menayakan kepada dokter kandungan bagaimana proses pertumbuhan janin anda dari minggu sebelumnya apakah ada perubahan dan biasanya tanpa anda tanya juga dijelaskan nanti sama dokternya berdasarkan hasil usg yang sangat lengkap.

Gerak bayi pada usia ini terkadang tidak jelas bisa jadi tidak anda rasakan sama sekali karena gerakanya yang sangat kecil dan sangat halus.

Di usia 9 minggu kehamilan juga anda akan bisa melihat bagaimana perkembangan organ penting lainya seperti pada bagian kepala yang kira kira bertanya baru 3 gram di usia 9 minggu ini.

Sedangkan pada sisitem pencernaan juga sudah mulai berfungsi dengan baik, jari jemari sudah mulai lengkap dan terkadang juga bisa ditekuk oleh janin terlihat dari monitor usg meskipun sangat kecil sekali memang.

Lebih jelas dan detail mengenai perkembangan janin yang memasuki minggu ke 9 ini sangat rinci dan detail sekali, anda bisa tanyakan semuanya kepada dokter langganan anda, semua dokter kandungan di Indonesia ramah-ramah dan sangat suka menjelaskan dengan baik kepada semua pasienya.

Kemudian bunda juga harus bisa pahami, dalam usian kandungan ini bunda akan masih terkadang merasakan enek terutama datang dipagi hari, kondisi ini harus bunda lawan dengan terus memasukan makanan bergizi tinggi ke dalam perut bunda.

Ingat, jangan manja dan malas bunda makan bukan hanya untuk bunda sendiri, melainkan anda mahluk mungil lucu yang menggemaskan di dalam perut bunda yang butuh asupan makanan juga.

Selalu jaga pola tidur, makan makanan yang sehat, kurangi minuman yang mengandung pengawet perbanyak makan ikan laut dan olahraga ringan rutin menjadi salah satu kegiatan yang sangat diharapkan bunda lakukan oleh si janin.