Peran AI dalam Perkembangan Dunia Bisnis

Di era 4.0 ini perkembangan teknologi sangat pesat. Dengan kemunculan AI atau Kecerdasan buatan juga memiliki dampak yang besar di berbagai bidang, salah satunya yaitu pada bidang bisnis. Terdapat 2 hal penting yang tidak dapat dilepaskan dari perkembangan AI, yaitu big data dan computing power.

Perkembangan AI yang sangat pesat, sudah tercatat sekitar 196,7 juta/lebih dari 70% populasi di Indonesia yang sudah menggunakan akses internet, yang membuat data AI juga semakin berkembang.

Menurut ulasan dari website majapahit.id, dengan berkembangnya teknologi AI atau Kecerdasan Buatan ini tidak selalu dipandang positif oleh masyarakat. Banyak dari masyarakat yang khawatir akan peran dan fungus manusia yang akan tergantikan dengan adanya teknologi ini.

Karena banyaknya bukti bahwa AI berpotensi meningkatkan produktivitas, akurasi dan efisiensi hampir di segala bidang.

Beberapa Peran AI dalam Perkembangan Dunia Bisnis

Seperti halnya dunia bisnis yang sekarang telah menyadari peran, peluang dan memanfaatkan untuk mengembangkan usaha mereka.

Perlu kamu ketahui bahwa dengan banyaknya perusahaan yang menggunakan teknologi AI, sudah bisa dibuktikan bahwa perusahaan tersebut telah memiliki keunggulan yang cukup kompetitif dan juga dapat mengurangi biaya operasional pada sumber daya manusia.

Tapi, perlu diketahui juga AI diciptakan dan dikembangkan bukan untuk menggantikan peran manusia sepenuhnya. Namun menjadikan kesempatan untuk mengalokasikan SDM ke ranag pekerjaan yang lebh bernilai daripada mengurusi pekerjaan yang repetitive dan klerikal.

Seperti yang telah di jelaskan diatas bahwa AI memiliki dampak di berbagai bidang. Salah satunya yakni dunia Bisnis. Begini tutur Rachmat Gunawan, Direktur CTI Group “Peluang yang dimiliki AI cukup besar bagi semua industry.

Penggunaanya semakin luas, mulai dari deteksi faraud, dokumen palsu pada sektor keuangan, rekomendasi medis bagi pasien, self driving cars untuk efisiensi transportasi, sampai otomasi proses produksi yang ada pada industry manufaktur.

Akan tetapi, dibalik itu semua ada banyak rintangan, seperti bagaimana cara mendefinisikan use case pada perusahaan, keterbatasan SDM ahli juga berpengaruh dan ketersediaan infrastuktuk yang kurang memadai.

Karenanya CTI IT Infrastuktur Summit ingin membantu pelaku bisnis agar bisa memiliki wawan yang baik terkait tools dan practice AI suapaya implementasinya berjalan dengan cepat sesuai visi perusahaan tersebut.

Seperti itulah pengaruh AI dalam dunia bisnis.

Kesimpulan

Baiklah teman-temanku, cukup sekian saja pembahasan kami mengenai Peran AI dalam Perkembangan Dunia Bisnis yang wajib banget kamu ketahui.

Sebenarnya, masih ada beberapa peran AI yang cukup berguna bagi perkembangan dunia bisnis, tapi rasanya tidak bisa kami sebutkan semuanya disini karena nantinya akan sangat panjang sekali.

Semoga artikel tentang Peran AI dalam Perkembangan Dunia Bisnis yang kami tulis ini bisa bermanfaat bagi kamu semua yah.

By Drajad