Pengertian Uang – Apa itu Uang?

Pengertian Uang – Apa itu Uang? – Dalam ilmu ekonomi modern, uang adalah sesuatu yang tersedia dan diterima secara umum sebagai alat pembayaran untuk pembelian barang dan jasa dan aset berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran.

Kesimpulannya, Pengertian Uang adalah benda yang secara umum diterima oleh masyarakat untuk mengukur nilai, menukar, dan melakukan pembayaran untuk pembelian barang dan jasa, dan sekaligus bertindak sebagai alat untuk mengumpulkan kekayaan. Jika dilihat dari bahan pembuatan uang, jenis-jenis uang dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan bahannya, yaitu:

Pada awalnya di Indonesia uang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Namun sejak dikeluarkannya UU No. 13 tahun 1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah untuk mencetak uang dicabut. Pemerintah kemudian menetapkan Bank Sentral, Bank Indonesia, sebagai satu-satunya lembaga yang berhak menciptakan mata uang. Hak untuk menciptakan uang disebut hak oktroi.

Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian uang menurut para ahli:

Menurut Irma Rahmawati

Irma Rahmawati mengemukakan pendapatnya bahwa uang merupakan benda yang dapat disetujui oleh semua lapisan masyarakat sebagai alat tukar dalam perdagangan.

Ensiklopedia Indonesia

Pengertian uang menurut Ensiklopedia Indonesia adalah segala sesuatu yang lazim digunakan dan diterima secara umum sebagai alat tukar atau standar untuk mengukur nilai, yaitu standar daya beli, standar uang dan jaminan untuk menanggung hutang.

Menurut Kasmir

Pengertian uang adalah alat tukar, dalam hal ini uang digunakan sebagai alat untuk membeli atau menjual barang atau jasa. Dengan kata lain, uang dapat dibuat untuk membayar barang yang akan dibeli atau diterima sebagai hasil dari penjualan barang dan jasa. Demikianlah ulasan tentang pengertian uang – apa itu uang? semoga bermanfaa.

Sumber: beritaharianku