Pengertian dan Manfaat Olahraga

Pengertian dan Manfaat Olahraga

Pengertian dan Manfaat Olahraga

Pengertian Olahraga

Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh yang berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.

Kesehatan olahraga adalah ukuran kesehatan yang menggunakan olahraga untuk meningkatkan kesehatan. Olahraga merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan kebugaran yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas-tugasnya. Olahraga bisa dimulai dari dini hingga tua dan bisa dilakukan setiap hari.

 

Manfaat olahraga

1. Jantung lebih sehat

Olahraga merangsang jantung untuk memompa, membuatnya lebih kuat dan lebih sehat. Olahraga teratur dapat melindungi Anda dari penyakit jantung dan serangan jantung mendadak.

2. Meningkatkan kinerja otak

Olahraga dapat meningkatkan suplai oksigen ke tubuh, meningkatkan aliran darah ke tubuh, terutama aliran darah ke otak. Diyakini akan meningkatkan kinerja otak lebih baik. Manfaat dari olahraga yang satu ini tentunya sangat bermanfaat untuk kita dalam belajar ataupun dalam bekerja. Selanjutnya, kita menjadi lebih kreatif dan dapat meningkatkan konsentrasi otak. Ada beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan antara olahraga teratur dan peningkatan produktivitas. Menurut para ilmuwan, olahraga menjernihkan pikiran dan meningkatkan produksi endorfin, yang dapat membantu Anda menantikan pekerjaan kantor tambahan.

3. Kaki yang lebih kuat

Angkat besi adalah suatu keharusan jika Anda ingin kaki yang sehat dan kuat. Mengangkat dapat membantu melawan osteoporosis dan meningkatkan massa otot. diimbangi dengan sumber vitamin dan kalsium.

4. Wajah lebih cerah

Olahraga meningkatkan aliran darah ke wajah dan menghilangkan kotoran melalui keringat, yang mengurangi jerawat dan membersihkan kulit. Namun jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah dengan cleansing foam setiap selesai berolahraga agar keringat dan kotoran tidak terlalu lama menempel di kulit.

5. Lebih banyak energi

Orang yang berolahraga secara teratur cenderung tidak mudah lelah dalam aktivitas sehari-harinya karena olahraga adalah generator alami.

6. Kualitas tidur

Telah terbukti bahwa jika Anda berolahraga setidaknya tiga hingga lima kali seminggu, Anda dapat tidur lebih nyenyak. Alasan pertama adalah bahwa olahraga bernafas secara teratur. Kedua, tubuh menjadi lelah setelah berolahraga, sehingga tubuh lebih sulit tidur untuk memulihkan energi.

7. Meningkatkan daya tahan

Olahraga teratur dapat mempengaruhi berbagai hormon dalam tubuh. Misalnya adrenalin atau serotonin, kedua hormon ini termasuk hormon yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu dapat kita bayangkan jika daya tahan tubuh kita diperkuat, tubuh secara alami akan terhindar dari berbagai penyakit ringan seperti flu atau batuk. Tapi jangan terlalu banyak berolahraga karena bisa membuat Anda sakit.

8. Suasana hati yang lebih baik

Meski melelahkan, Anda akan merasa lebih baik dan bahagia setelah berkeringat. Ini karena otak melepaskan endorfin selama berolahraga, yang dapat meningkatkan mood berjam-jam atau bahkan berhari-hari setelah berolahraga. Jika tubuh Anda lebih kuat dan sehat, Anda akan lebih percaya diri dan positif.

9. Kurangi tegangan

Gerakan telah terbukti dapat menghilangkan stres yang mungkin kita alami setiap saat. Olahraga dapat meregangkan otot, menyegarkan tubuh dan otak kita. Pastinya bisa mengurangi stres yang kita alami.

10. Membakar lemak

Bagi Anda yang ingin melakukan diet, Anda bisa membuktikan manfaat olahraga ini untuk Anda. Olahraga merupakan kegiatan yang rutin dianjurkan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Gerakan tubuh saat berolahraga dapat membakar lemak dalam tubuh.

11. Meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi risiko penyakit

Selain meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi risiko terkena penyakit yang dapat disebabkan oleh virus atau bakteri, olahraga teratur juga dapat meningkatkan kinerja metabolisme tubuh menjadi lebih baik. Manfaat olahraga yang satu ini pasti sangat bermanfaat; kita terhindar dari resiko penyakit seperti kanker usus besar, dapat menurunkan kolesterol, yang dapat mengakibatkan penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, resiko penyakit liver, penyakit ginjal dan sembelit. Sumber Rangkuman Terlengkap : https://www.kelaspjok.com/