Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar antropologi dunia dan indonesia tentu berbeda. Kemungkinan sebagian orang masih bimbang dengan pengertian apakah itu antropologi.

Pemahaman Antropologi Menurut Beberapa Pakar

Antropologi sebagai pengetahuan yang pelajari dan pahami manusia sebagai makhluk sosial dalam rencana interdisipliner dan mendalam.

Ada banyak pemahaman antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan dari pengkajian pengetahuan antropologi pada pengetahuan psikologi.

Pada dasarnya, pengetahuan antropologi terdiri jadi 4 cabang pengetahuan yang sama-sama terkait, yakni:

Dalam pengetahuan antropologi memakai teori evolusi biologi untuk memberikan deskripsi arti dan bukti riwayat perjalanan manusia.

Baca keterangan selengkapnya berkenaan pemahaman antropologi menurut beberapa pakar dunia berikut ini.

Pada umumnya, antropologi sebuah pengetahuan yang pelajari mengenai manusia.

Istilah antropologi sendiri datang dari bahasa Yunani, yakni anthropos dan logos. Anthropos mempunyai pemahaman yakni manusia atau orang dan logos mempunyai makna yakni wawasan (dalam makna pintar, argumen).

Antropologi bisa juga disimpulkan sebagai sebuah study yang pelajari berkenaan manusia sejak dahulu sampai saat ini yang memvisualisasikan manusia lewat pengetahuan kehidupan atau alam, pengetahuan sosial, dan humaniora.

Pemakaian study pengetahuan ini mengutamakan dan menerangkan ketidaksamaan barisan manusia dalam sudut pandang budaya material, langkah hidup, bahasa, dan sikap sosial.

Di awal keberadaannya, pengetahuan ini fokus pada beberapa orang yang bujang/tunggal pada suatu golongan masyarakat yang mempunyai ciri-ciri fisik, bahasa, dan langkah hidup yang serupa di satu daerah yang serupa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pemahaman antropologi ialah pengetahuan yang pelajari berkenaan manusia.

Terutamanya mengenai asal mula, tradisi istiadat, macam warna dan wujud fisik, dan keyakinan yang diyakini pada periode lalu.

Beberapa ahli antropologi dunia menyampaikan opini mereka berkenaan pemahaman antropologi. Berikut sebagai pemahaman antropologi menurut beberapa pakar.

 

Pemahaman Antropologi menurut William A. Haviland sebuah study yang pelajari mengenai umat manusia.

Pengetahuan ini usaha membuat atau membuat satu generalisasi yang bermanfaat untuk ketahui dan pelajari mengenai manusia dan sikapnya buat mendapat pengetahuan berkenaan keberagaman hidup manusia selengkapnya.

Menurut Haviland, pada umumnya antropologi dipisah jadi 2 cabang besar yakni antropologi budaya dan antropologi fisik.

Untuk cabang antropologi budaya sendiri masih dipisah kembali jadi 3 subbagian yang mencakup antropologi linguistic, arkeologi, dan etnologi.

Pemahaman Antropologi menurut David Hunter Hubel ialah sebuah pengetahuan yang lahir atau ada dari rasa keinginantahuan manusia yang tak terbatas.

 

Pemahaman antropologi menurut beberapa pakar Antropologi Indonesia seperti Koentjaraningrat ialah satu pengetahuan atau study yang pelajari mengenai beragam warna dan wujud fisik.

Disamping itu pelajari mengenai budaya yang dibuat oleh umat manusia secara umum.

Ada lima tipe butir persoalan yang diulas dalam pengetahuan antropologi, yakni seperti berikut:

Makna antropologi menurut Rifhi Siddiq merujuk pada suatu pengetahuan yang pelajari dan mempelajari semua faktor yang ada di kehidupan manusia.

Faktor yang didalami dalam antropologi mencakup konsepsi kebudayaan, etika, ilmu dan pengetahuan, adat, tehnologi, seni, linguistic dan simbol, dan kelembagaan.

Pemahaman antropologi menurut Keesing sebagai satu pengetahuan yang pelajari pengkajian mengenai manusia.

Menurut gagasannya, antropologi tergerak untuk fokus pada usaha pengetahuan arti tidak cuma sekedar ukuran yakni lebih mengutamakan pada pengartian yang dekat sama inti manusia atau human being (kemanusiaan).

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Ariyono Suyono sebagai satu pengetahuan yang usaha untuk pelajari dan capai sebuah pemahaman mengenai makhluk hidup.

Yakni manusia dengan pahami, pelajari, dan mempelajari macam warna dan wujud fisik, personalitas, warga, dan kebudayaannya.

 

Pengertian antropologi menurut Prof. Dr. Harsojo, SU, M.Sc ialah ilmu dan pengetahuan yang pelajari mengenai umat manusia sebagai makhluk sosial yang bermasyarakat.

Khususnya dalam sisi adat, karakter khusus tubuhi (fisik), langkah produksi, dan nilai pertemanan hidup yang lain antara satu pribadi dengan pribadi yang lain.

Pemahaman antropologi menurut Zerhun Dodda Doffana sebagai satu study keilmuan yang pelajari dan mempelajari beragam faktor berkenaan manusia.

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Mario Blaser ialah satu pengetahuan yang mempelajari dan pelajari berkenaan kehidupan manusia dari sisi kebudayaan (culture).

Dia mengutamakan jika asal manusia sendiri bukan dari monyet yang alami evolusi sampai jadi manusia, hingga kebalikannya dengan teori Darwin.

 

Pengertian antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Herskovits sebuah study keilmuan yang pelajari mengenai manusia dan hidupnya.

Antropologi sebagai study pengetahuan yang holistic pelajari beragam keberagaman pada manusia, mencakup faktor biologis, kebahasaan, sosial budaya, dan lingkungannya dalam dimensi waktu lalu, sekarang ini, dan masa yang akan datang.

Dia membagikan antropologi jadi 4 subdisiplin mencakup antropologi biologi, ilmu bahasa antropologi, antropologi sosial-budaya, dan arkeologi.

Simak juga:

Pengetahuan antropologi mempunyai sudut pandang atau pemikiran yang luas dan tidak seperti langkah pandang orang secara umum.

Menurut Conrad Phillip Kottak, antropologi ialah sebuah study berkenaan semua kalangan masyarakat dimulai dari warga kuno (primitif) sampai kekinian dan warga simpel sampai warga yang kompleks.

Dengan demikian, pemahaman antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Kottak bisa diambil kesimpulan sebagai satu study pengetahuan lintasi budaya atau komparatif.

Dengan makna yang memperbandingkan di antara satu kebudayaan pada sebuah warga dengan kebudayaan warga yang lain.

Pengertian antropologi menurut Sarmini lebih mengutamakan pada faktor antropologi budaya.

Pemahaman antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Sarmini ini mengatakan jika antropologi sebagai sebuah pengetahuan yang memakai faktor kebudayaan.

Yang mempunyai tujuan untuk menerangkan peristiwa yang terjadi di kehidupan manusia lewat dimensi kebudayaan atau manusia tersebut.

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Geertz ialah pabrik atau sumber pemahaman berkenaan kehidupan umat manusia untuk menerjemahkan pengalaman dan membimbing perlakuan.

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Edward B. Tylor ialah study pengetahuan yang pelajari berkenaan perubahan kebudayaan manusia dari yang simpel sampai jadi kompleks.

Menurut Edward B. Tylor, ada 3 tahapan khusus evolusi yang dilewati oleh manusia yakni tahapan liar, biadab, dan peradaban.

 

Pemahaman Antropologi budaya menurut Prof. Benford ialah semua langkah yang memiliki bentuk tidak ada di bawah kendalian turunan.

Dengan demikian, pengetahuan ini mempunyai peranan untuk menolong rekonsilasi pada pribadi dan barisan pada warga ekologinya (jalinan bolak-balik di antara manusia dengan keadaan alam sekitaran).

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh T.O. Ihromi ialah sebuah cabang pengetahuan sosial yang pelajari mengenai kehidupan manusia dengan peranannya sebagai makhluk sosial, baik pada sisi ekonomi atau politik.

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Anthony Reid sebagai satu rumpun pengetahuan yang jadikan beragam jenis langkah hidup manusia dan perbuatannya sebagai object riset dan bahan analitis.

Ke-2 pakar antropologi dunia ini coba menerangkan pengertian berkenaan antropologi sebagai satu disiplin pengetahuan yang didasari pada rasa keinginantahuan yang tidak ada berhenti-hentinya (tak terbatas) berkenaan kehidupan manusia secara luas.

Pemahaman pengetahuan antropologi menurut Carol R. Ember dan Melvim Ember ialah satu pengetahuan yang fokus pada kehidupan semua manusia yang berada di dunia.

Baik itu mendapati evolusinya dan perubahan budaya dari periode lalu sampai sekarang ini.

Pemahaman antropologi menurut Grace de Laguna ialah satu ilmu dan pengetahuan yang berusaha untuk mengulas segala hal yang terkait dengan manusia sebagai makhluk sosial dari jaman dulu sampai saat ini.

Dalam bukunya yang dengan judul “Antropologi Budaya” Edisi Ke-2 , ke-2 ahli antropologi ini menyampaikan gagasannya berkenaan pemahaman antropologi lebih luas.

Pemahaman antropologi menurut A. L. Kroeber dan Clyde Kluckhohn ialah satu mekanisme skema yang implisit (tersurat) dan eksplisit (tertulis/kelihatan).

Dua hal itu mengulas berkenaan sikap manusia yang diturunkan dan didalami berkenaan simbol-simbol sebagai prestasi ciri khas manusia itu.

Dalam masalah ini, antropologi sebagai satu study pengetahuan pelajari bagaimana manusia coba bertahan hidup dan menyesuaikan dengan lingkungan yang berada di sekelilingnya.

Pengertian antropologi menurut Masinambow ialah satu disiplin pengetahuan yang berusaha untuk membahas barisan manusia atau yang umum disebutkan dengan warga.

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Priscilla A. Hart ialah sisi dari teologi Kristiani.

Dia memiliki pendapat jika antropologi sebagai study pengetahuan yang pelajari mengenai asal mula, karakter manusia, dan periode depannya.

Khususnya bedanya dengan karakter Tuhan yakni dengan mengganti antropologi gereja dengan masukkan citra positif dari pada diri wanita ke sektor pengetahuan itu.

Simak juga:

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Abdul Shomad sebuah pengetahuan yang pelajari dan pahami karakter-sifat yang dipunyai oleh semua tipe manusia secara luas.

Menurut ke-2 pakar ini, pemahaman antropologi menurut Adam Kuper dan Richard B. Lee sebagai satu disiplin pengetahuan yang dilahirkan dari “Kandungan” revolusi golongan borjuis bangsa Eropa dan tumbuh dewasa di bawah bimbingan beberapa golongan penjajah.

 

Darwin menyangkutkan pengetahuan antropologi ke evolusi.

Dalam masalah ini, Darwin lebih mengutamakan pada pengkajian pengetahuan antropologi fisik yang berkembang dengan cepat lewat riset-penelitian mengenai asal-usul dan perubahan manusia.

Dia memiliki pendapat jika manusia datang dari monyet yang bersamaan perubahan jaman alami evolusi.

Dengan demikian, pemahaman antropologi menurut Charles Darwin ialah satu study keilmuan yang ingin menunjukkan jika ada perubahan kebudayaan manusia dari periode ke periode dengan periode waktu lama (evolusi).

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Alfred Redcliffe-Brown sebagai study pengetahuan yang melihat warga dan susunan sosial sebagai organisme yang serupa dengan anatomi badan yang sama-sama terkait.

Pemahaman Antropologi menurut Claude Levi-Strauss ialah satu pengetahuan yang terkait dengan mekanisme pertimbangan pada warga yang ada di narasi rakyat.

Pengetahuan ini berusaha untuk menganalisa dengan sudut pandang atau pemikiran oposisi biner (bersimpangan).

Misalkan lelaki dengan wanita, atas-bawah, kanan-kiri, depan-belakang dan lain-lain.

Barnard memiliki pendapat jika antropologi lahir bersama-sama dengan timbulnya ide kontrak sosial dan pemahaman mengenai inti manusia.

Disamping itu mengenai kehidupan bermasyarakat, dan kebudayaan yang beragam macam.

Pemahaman Antropologi menurut Kamus Oxford sebagai study pengetahuan berkenaan warga dan budaya manusia dan perubahannya.

Hingga dapat disimpulkan jika antropologi sebagai study keilmuan yang pelajari mengenai karakter fisiologis dan biologis, dan evolusi pada manusia.

 

Pemahaman Antropologi menurut Encyclopedia Britannica yakni study pengetahuan kemanusiaan yang pelajari mengenai manusia dalam beragam faktor kehidupan.

Dimulai dari riwayat evolusi, biologi, beberapa ciri warga, sampai budaya yang membandingkan manusia dengan makhluk hidup yang lain.

Dalam bukunya yang dengan judul “Cultural Anthropology Handbook: a Basic Introduction” di tahun 1978.

Pengertian antropologi menurut Frank Robert Vivelo sebagai satu study pengetahuan mengenai manusia yang berusaha untuk meneliti dan pelajari manusia secara budaya biologi.

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Simon Coleman dan Dr. Helen Watson ialah sebuah pengkajian berkenaan manusia dan warga.

Baik yang hidup atau yang telah wafat dan manusia yang berkembang atau yang telah musnah.

Pemahaman Antropologi menurut Allan Smith dan John L. Fischer ialah pengetahuan yang usaha untuk menyaksikan dan memperhatikan manusia dari semua kompleksitasnya (semua faktor kehidupan manusia).

Aspek yang didalami dalam pengetahuan antropologi menurut Smith dan Fischer mencakup asal-usul, karakter, beberapa ciri manusia, kebudayaan, dan perubahannya.

Ke-2 pakar antropologi dari Indonesia ini coba menerangkan berkenaan pengertian antropologi menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi sebuah pengetahuan yang pelajari semua hasil kreasi dan cipta manusia.

 

Ralph Linton dalam bukunya yang dengan judul “The Studi of Man” mengatakan gagasannya jika antropologi sebuah pengetahuan yang pelajari segala hal mengenai manusia.

Hingga manusia jadi titik sentra (khusus) dari pengkajian study pengetahuan ini.

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Yuni Sare yakni sebuah pengetahuan yang pelajari dan mempertajam kesensitifan hati, dan melawan sudut pandang manusia agar semakin terbuka.

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh Prof. Dr. Nyoman Kutha Ratna sebagai satu sektor keilmuan yang pelajari mengenai beragam faktor kehidupan pada manusia.

Pemahaman antropologi menurut Ralph L. Beals dan Harry A. Hoyen, MD yakni satu pengetahuan yang pelajari manusia dan segala hal atau sikap yang dilakukan.

Pemahaman Antropologi menurut Serena Nanda sebagai study keilmuan yang pelajari mengenai manusia sebagai organisme lengkap.

Antropologi berusaha untuk pahami dan pelajari semua faktor kehidupan manusia.

Bagaimanakah cara manusia itu beradaptasi dengan lingkungan disekelilingnya lewat hubungan kultural dan biologis, baik dari periode lalu sampai sekarang ini.

Pemahaman antropologi menurut Hannerz sebagai satu disiplin pengetahuan yang terkait dengan keberagaman manusia.

 

Pemahaman antropologi menurut Alfred L. Kroeber ialah study pengetahuan humaniora yang paling ilmiah dan humanis.

Pengetahuan ini memakai sistem penyidikan ilmiah dan konsep analitis, dan penalaran ilmiah.

Study pengetahuan ini meliputi dimensi gesturf, artistik, dan simbolis sikap manusia.

Hingga semua antropolog usaha untuk mendapat animo dan pengetahuan mengenai manusia lebih luas.

Pemahaman Antropologi menurut beberapa pakar yang disampaikan oleh E. A. Hoebel sebuah study ilmu dan pengetahuan kehidupan mengenai manusia dan kerjanya.

Pemahaman antropologi yang tebersit di pikiran warga secara umum atau pemula cuman fokus pada pengetahuan yang pelajari berkenaan fosil-fosil saja.

Walau sebenarnya pengertian berkenaan fosil ini hanya salah satunya cabang antropologi yakni arkeologi.

 

Dengan pemahaman antropologi menurut beberapa pakar yang telah disebut sebelumnya.

Anda bisa mengaitkan jika antropologi sebagai satu study keilmuan yang pelajari mengenai kehidupan manusia, semua faktor kehidupan, dan segala hal yang ditanganinya.

 

kunjungi juga website tentang teknologi

 

By dzail