Pandemi tidak cuma menyerang sektor kesehatan dan sektor riil, di depan mata kita. Nun jauh di sana, bisa ratusan kilometer di tengah laut atau di tengah gurun yakni mengolah minyak dunia termasuk terhempas keras oleh badai covid-19

Redupnya kegiatan manufaktur, global supplay chain yang tak bergerak dinamis, langsung berdampak pada menyusutnya minyak Flow Meter SHM dunia.

Bagaimana bersama indonesia? Pertamina kepada Kompas TV perlihatkan tidak bakal tersedia PHK meski kegiatan sektor hulu tersendat.

Pertamina merugi 11 triliun rupiah di semester pertama, tetapi pilih menghemat dana operasional sampai 30 persen dan efisiensi belanja modal sampai 20 persen, yang perlu tidak tersedia PHK.

Bagaimana bersama kondisi di indonesia secara umum? Sudah pasti, karena pandemi berlanjut, investasi termasuk menyusut.

Dikutip berasal dari SKK Migas, berasal dari target investasi 13,8 miliar dollar amerika serikat, outlook realisasinya cuma 11,6 miliar dollar amerika serikat. Meskipun di agustus lalu sudah tersedia realisasi 44 persen.

Adakah usaha yang dikerjakan oleh SKK Migas waktu paceklik? Mungkin ini sedikit jawaban doa meminta hujan waktu kemarau berlangsung di ladang migas. SKK migas memberika insentif penundaan penyetoran dana abandonment plus site restoration (ASR) senilai 66,6 juta dollar amerika serikat, jika memakai kurs 14. 500, nilainya nyaris 1 triliun rupiah.

Lantas, bagaimana kabar kondisi hulu industri Migas Indonesia? Simak penjelasan selengkapnya dalam dialog bersama Deputi Perencanaan SKK Migas, Jaffee Arizon Suardin.

By toha