general

Mengenal Tentang Americano Coffee

Summary

Pernahkah terpikir dari mana asal muasal Americano Coffee yang sering anda pesan di kafe? Sebelum menjadi salah satu hidangan paling populer tentu menu minuman ini memiliki sejarahnya yang masih jarang diketahui oleh para penikmat kopi. Awalnya, kopi diperkenalkan sebagai minuman […]

Mengenal Tentang Americano Coffee

Pernahkah terpikir dari mana asal muasal Americano Coffee yang sering anda pesan di kafe? Sebelum menjadi salah satu hidangan paling populer tentu menu minuman ini memiliki sejarahnya yang masih jarang diketahui oleh para penikmat kopi.

Awalnya, kopi diperkenalkan sebagai minuman pada abad ke-17. Dulu, minuman favorit yang paling diminati adalah teh. Namun, adanya revolusi di Amerika Serikat membuat adanya Boston Tea Party, di mana penduduk melakukan protes kepada Britania Raya karena membeli teh harus membayar pajak yang besar kepada Britania Raya

Selama protes, mereka menghamburkan teh di Pelabuhan Boston untuk menunjukkan aksi protes mereka. Setelah itu, kopi muncul sebagai pengganti dan mengubah keberadaan teh. Alhasil, pada tahun 1864 kopi berhasil dipopulerkan. Salah satu hidangan yang masih terus dinikmati hingga saat ini adalah kopi Americano. Bagaimana menu kopi berkembang menjadi tren? Temukan komentarnya di bawah ini!

Sejarah Lahirnya Americano

Secara harfiah, Americano berarti “Orang Amerika”. Sejarahnya dimulai pada Perang Dunia II, ketika tentara Amerika di Italia tidak terlalu menyukai kopi yang disediakan oleh tentara Italia.

Menurut mereka, rasa kopi Italia terlalu pahit berbeda dengan kopi yang selama ini diminum. Pada akhirnya, tentara Amerika membuatnya lagi dengan menambahkan lebih banyak air ke espresso. Setelah kejadian ini, Americano menjadi populer di seluruh Amerika Serikat dan menyebar ke benua Eropa.

Cara Penyajian Americano

Penyajian secangkir kopi Americano bisa dibilang sangat sederhana. Pasalnya, menu ini hanya membutuhkan satu atau dua cangkir espresso dan air panas. Namun, proses pembuatan Americano sebenarnya terbagi menjadi dua cara.

Beberapa orang akan menuangkan espresso terlebih dahulu ke dalam cangkir, kemudian menambahkan air panas dan gula. Sedangkan untuk metode kedua, pertama tuangkan air panas ke dalam gelas, lalu tuangkan espresso.

Pada metode kedua, tujuan utamanya adalah mendapatkan krema kopi. Selain itu dengan cara ini, espresso yang Anda dapatkan juga akan tetap utuh karena tidak akan terurai saat dituang dengan air panas.

Kemudian, salah satu hal menarik yang ditemukan dari perkembangan Americano yang bisa dilihat di kafe kopi yang tersebar adalah penambahan es batu. Pemberian es batu memungkinkan para pecinta kopi untuk mencicipi rasa kopi yang dingin dan segar.

Teknik Pembuatan Americano

Bagi yang memiliki waktu terbatas untuk menikmati kopi, Anda bisa memilih metode filtrasi. Anda hanya perlu meletakkan bubuk kopi di atas kertas saring khusus, lalu menuangkan air panas. Sementara itu, untuk metode kedua, Anda perlu menggunakan French press, masukkan bubuk kopi, tuang air panas kemudian tunggu sebentar lalu tuangkan kopi ke dalam cangkir. Agar lebih praktis, bisa menggunakan mesin kopi Nescafe Dolce Gusto membuat anda bisa minum americano coffee di rumah setiap hari.