Memang sih setiap kendaraan bermesin tentunya memiliki kebutuhan yang rutin yang harus dipenuhi. Tak terkecuali motor matic, yang notabanennya banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun yang jadi permasalahannya apakah setiap pemilik motor matic tersebut sudah tahu jenis oli motor matic untuk kendaraannya?

Nah tentunya pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel yang berjudul “Yuk Mengenal Jenis Oli Untuk Motor Matic

Mengenal Jenis Oli Untuk Motor Matic

Jenis Oli Motor

Secara umum ada 4 jenis oli motor yang bisa digunakan oleh motor matic. Yakni oli semi-sintetis, oli full-sintetis, oli mineral, dan oli ester. Nah lalu apa yang menjadikan keempat oli ini berbeda satu sama lain?

Yuk langsung ke topik pembahasan kita pada kali ini.

1. Oli Mineral

Tahukah kamu? jenis oli motor yang satu ini adalah oli artifisial yang tentunya dibuat menggunakan formula terbaru. Ya ini merupakan salah satu inovasi terbaru di industri otomotif.

Oli ini sendiri dibuat dari hasil pemilahan mineral dan diberikan formula khusus supaya bisa bekerja dalam menjada mesin motor.

2. Oli Semi-Sintetis

Untuk jenis oli ini tentunya sudah banyak diketahui oleh pemilik kendaraan motor di Indonesia. Pasalnya oli ini sendiri sudah beredar di pasaran Indonesia sejak lama. Nah yang membedakan oli ini dengan oli lainnya adalah campurannya. Dimana campuran pada oli semi sintetis ini dari campuran minyak bumi dan oli sintetik (kimia).

Setiap brand punya komposisi sendiri-sendiri dalam membuat membuat oli semi-sintetis. Namun pada umumnya komposisi blend oli semi-sintetis ini sebanyak 80:20 atau 70:30. Jika kamu diberi pilihan untuk memilih beberapa jenis oli, tentunya oli jenis ini akan menjadi pilihan kamu. Pasalnya oli semi sintetis punya harga yang terjangkau dibandingkan dengan jenis oli lainnya.

3. Oli Sintetis

Berbeda dengan jenis oli semi sintetis, oli ini sepenuhnya terbuat dari pemilhan oli mineral. Sehingga oli motor sintetis terbebas dari kandungan karbon aktif yang bisa menghasilkan asam.
Oli sintetis ini diklaim bisa menjadi pelumas terbaik saat pembakaran pada mesin motor. Selain itu oli sintetis juga lebih kuat meredam gesekan saat komponen mesin motor bergerak. Alhasil klaim ini seharusnya meminimalisir terjadinya keretakan pada besi/logam komponen mesin dan keausan.

4. Oli Ester

Nah yang terakhir ada jenis oli motor yang tentunya bisa menjadi pilihan kamu untuk mendapatkan performa motor yang bagus. Ya jenis oli ester ini dikenal memiliki kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis oli motor lainnya.

Umumnya oli ini memang diperuntukkan untuk motor yang turun untuk balapan. Formula dan teknologi dari oli ester memang mampu menjaga suhu mesin stabil disaat mesin motor dipaksa bermain di RPM yang tinggi.

Mana Jenis Oli Motor Yang Sering Kamu Pakai?

Sudah tahu belum jenis oli motor yang sedang kamu gunakan saat ini? Apakah kamu ingin mengganti jenis oli motor kamu saat ini dan mencoba ke jenis oli yang lainnya?

Jika kamu bingung bisa gunakan deh rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia supaya mendapatkan performa mesin motor yang sesuai dengan kebutuhanmu. Nah itulah informasi yang bisa saya bagikan pada kamu yang memiliki kendaraan motor. Kalau punya motor itu ya dirawat, supaya dompetmu diakhir bulan juga terjaga, hehe.