general

Mengenal Danau Sentarum Dari Fakta Menariknya

Summary

Jika membicarakan pesona alam yang ada di Indonesia, rasanya akan menghabiskan waktu yang sangat lama. Salah satu pesona alam Indonesia ada pada Danau Sentarum. Danau dengan segala keindahannya ini terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Pesonanya alamnya yang sangat menarik […]

Mengenal Danau Sentarum Dari Fakta Menariknya

Jika membicarakan pesona alam yang ada di Indonesia, rasanya akan menghabiskan waktu yang sangat lama. Salah satu pesona alam Indonesia ada pada Danau Sentarum. Danau dengan segala keindahannya ini terletak di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Pesonanya alamnya yang sangat menarik ini, menjadikan banyak orang yang penasaran untuk mengunjunginya. Danau indah di Kalimantan Barat ini menyimpan beragam kekayaan alam yang menarik dan unik untuk dipelajari. Danau ini juga masuk ke dalam jenis taman nasional yang dijaga oleh negara.

Ragam Fakta Danau Sentarum Yang Perlu Kamu Tahu

Sebagai pecinta pesona Indonesia, kamu perlu tahu bahwa danau yang disebut dengan nama Sentarum ini ternyata menyimpan banyak sekali fakta menarik. Sehingga ketika kamu berkunjung ke sini, pastikan kamu tidak hanya mendapatkan keindahannya saja. Ada banyak wawasan di balik fakta Sentarum.

Bagi kamu yang sudah penasaran dengan fakta menarik apa yang ada di balik danau bernama Sentarum yang ada di Kapuas Hulu ini, maka berikut di bawah ini beberapa penjelasannya:

1. Rawa Terluas se-Asia Tenggara

Tidak hanya dikenal sebagai danau, Sentarum juga dikenal sebagai sebagai danau rawa. Sepanjang sejarah, tidak ada danau rawa sebesar Sentarum ini. Danau rawa ini memiliki berbagai gugusan pulau yang melengkapinya.

Selain itu, ada juga kompleks-kompleks danau yang menarik dikunjungi. Jumlah kompleks danau yang melengkapinya ada sekitar 20 an. Sedangkan hutan rawa yang tergenang pada lingkungan Sentarum, memiliki luas sekitar 89 ribu ha.

Daratan yang mengelilingi Sentarum memiliki luas kurang lebih 43 ribu ha. Meskipun merupakan sebuah danau rawa, namun volume air yang ada pada Sentarum ini bisa melalui proses pasang surut.

Hal tersebut juga dipengaruhi oleh volume air yang ada pada danau ini sendiri. Dalam hitungan tiap tahun, volume air yang ada di danau ini bisa mencapai 16 triliun meter kubik.

2. Perkampungan Adat Dayak Mengelilinginya

Salah satu fakta yang bisa menambah wawasan mu tentang Sentarum adalah adanya perkampungan adat dayak. Di sekeliling danau rawa Sentarum ini, kamu bisa menemukan banyak sekali perkampungan dengan adat dayak.

Selain itu, rumah penduduk adat dayak ini ternyata masih berupa hunian betang. Artinya, rumah mereka terjulur panjang. Panjangnya setiap rumah hunian tersebut bisa mencapai 100 meter. Ada sekitar 12 desa yang mengelilingi Sentarum.

Beberapa sub etnis dayak yang ada di sana adalah seperti dayak kantui, dayak punan, dayak taman, dayak iban, dayak tamambaloh, dayak kayan, dan dayak bukat.

3. Terdapat Endemik Arwana Super Red

Pernahkah kamu mendengar tentang arwana super red? Jika belum, agaknya kamu bisa berkunjung ke danau rawa Sentarum. Di danau ini, ada banyak sekali endemik arwana merah. Ikan arwana merah ini dikenal merupakan ikan yang sangat indah.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa harga satu ikan arwana merah ini bisa sebanding dengan harga 1 buah mobil pajero. Tentu saja semua arwana yang ada di sini terjaga dengan baik, tidak diambil secara sembarangan.

4. Tersimpan Beberapa Populasi Menarik

Tidak hanya ditempati oleh endemik ikan arwana merah, Sentarum juga dikenal memiliki populasi anggrek hitam, bekantan, burung migran, beruang madu, dan juga buaya sinyulong. Selain itu, hutan rawa yang keberadaannya tergenang di sini cukup langka.

Kelangkaan hutan rawa yang ada di Sentarum ini dijadikan sebagai hutan kebanggaan di Indonesia. Kelangkaannya tidak hanya di tingkat nasional, namun juga di tingkat internasional.

5. Merupakan Cagar Biosfer

Komitmen kuat yang dipegang penduduk kabupaten Kapuas Hulu, dalam menjaga kelestarian alam Sentarum, menjadikan danau ini menyandang penghargaan sebagai cagar biosfer. Pengakuan cagar biosfer ini tidak hanya diakui dalam skala nasional, namun juga internasional.

Pengukuhan penghargaan cagar biosfer ini telah dilakukan pada sidang ICC, MAB, Unesco yang ke 30. Pesona alam yang terjaga dengan baik ini menjadikan danau rawa ini menyandang penghargaan tersebut. Tidak heran jika danau rawa menjadi salah satu kebanggaan Indonesia.

Beberapa fakta yang telah dijelaskan di atas, bisa kamu jadikan tambahan wawasan tentang pesona danau Sentarum. Dengan pesonanya tersebut, kamu juga bisa pertimbangkan untuk berkunjung ke danau kebanggaan Indonesia yang satu ini.