Penyedia layanan Internet (ISP) adalah jenis perusahaan yang menyediakan kemampuan untuk mengakses internet. Ada berbagai bentuk penyedia layanan Internet atau ISP seperti komersial, milik komunitas dan milik pribadi. Penting untuk hati-hati memilih jenis layanan Internet yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan ini. Ada banyak cara dari mana Anda dapat terhubung ke internet tetapi itu tergantung apakah itu tersedia di wilayah Anda. Saat ini, sebagian besar ISP menggunakan dial-up atau DSL, saluran televisi kabel atau koneksi satelit untuk terhubung ke internet.

Sebelum penyedia layanan Internet diperkenalkan ke pasar, ada akses terbatas ke internet dan hanya mereka yang memiliki afiliasi dengan universitas atau lembaga pemerintah yang berpartisipasi yang memiliki hak istimewa. Itu di akhir 90-an ketika jumlah penyedia layanan Internet telah meningkat secara signifikan menjadi sekitar 10.000 di seluruh dunia, dengan lebih dari Efyei setengahnya berlokasi di AS. Sebagian besar penyedia layanan Internet saat itu adalah perusahaan kecil yang membuat kontrak untuk layanan internet dari perusahaan ISP yang lebih besar seperti America Online dan menawarkan layanan mereka kepada klien dan bisnis. AOL menjadi penyedia terkemuka untuk ISP di seluruh dunia. Pada waktu yang hampir bersamaan, banyak ISP milik negara di Asia memasuki bisnis ini. Penyedia layanan Internet dial-up AOL mengalami kejatuhan ketika pelanggan beralih ke layanan broadband untuk koneksi internet yang lebih cepat.

Dial-up mengharuskan Anda memiliki akses ke layanan telepon kabel untuk terhubung ke internet. Kecepatan unduh normal 24-48 Kbps agak lambat dan tidak disarankan saat mengunduh file besar melalui internet atau menonton video full HD di YouTube, tetapi terkadang pengguna yang hanya cenderung memeriksa email mereka secara teratur, menjelajahi halaman web, atau mengunjungi media sosial situs jaringan seperti Facebook atau Twitter akan baik-baik saja menggunakan koneksi dial-up.

Satelit menggunakan koneksi internet nirkabel dan jauh lebih cepat daripada dial-up. Biasanya, kualitas koneksi dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Orang yang suka online ketika internet DSL atau internet kabel tidak tersedia di wilayah mereka akan mempertimbangkan satelit sebagai alternatif; tidak memiliki kemampuan untuk terhubung ke konten streaming seperti video YouTube dan radio online.

Digital Subscriber Line (DSL) atau Internet kabel dirancang untuk mereka yang menggunakan internet terutama untuk mengunduh sejumlah besar data dan konsumsi media seperti panggilan video, video online, dan file besar. Kecepatan unduh rata-rata DSL adalah 3 Mbps sedangkan internet kabel lebih cepat pada 4-6 Mbps. Di sisi lain, kecepatan kabel kelas atas rata-rata dari 12-20 Mbps. Pilihan lain adalah penggunaan teknologi perangkat seluler seperti telepon seluler, tablet, atau laptop. Agar perangkat ini berfungsi, Anda memerlukan ISP yang menawarkan koneksi nirkabel 2G, 3G, dan 4G. Meskipun perangkat ini dapat berguna, mereka hanya menyediakan sejumlah data terbatas yang dapat Anda gunakan untuk menjelajahi internet, tetapi jika pengguna terdaftar pada paket data tak terbatas bulanan, ia dapat menikmati penjelajahan web selama berbulan-bulan menggunakan internet nirkabel.

 

By Drajad