Apakah Media Alternatif Seburuk Media Arus Utama?

Sejak lama ada sumber berita lain yang menjadi perhatian publik, dan sumber ini sering disebut sebagai media alternatif. Berbeda dengan media arus utama, sumber-sumber ini umumnya menyebarkan beritanya secara online.

Jadi jika seseorang ingin mendengar lebih banyak dari sumber informasi ini, mereka hanya perlu memiliki semacam perangkat. Mereka kemudian dapat membaca artikel dan menonton video, bersama dengan streaming langsung.

Perbedaan

Adalah normal bagi seseorang untuk percaya bahwa sementara media arus utama penuh dengan kebohongan, media alternatif hanya tertarik pada kebenaran. Strategi marketing online saat ini di media sosial, bagaimana postingan produk bisa memiliki engagement rate luaxs, cara promosi di instagram menjangkau banyak orang dan memiliki tingkat interaksi dengan followers/subscribers tinggi. Salah satunya adalah berita nyata dan yang lainnya adalah ‘berita palsu’.

Jika ini masalahnya, tidak akan ada alasan bagi mereka untuk mempertanyakan dari mana sumber ini berasal. Dengan demikian, penjagaan mereka hanya diperlukan jika mereka memperhatikan media arus utama.

Clear-Cut

Media arus utama akan memberi mereka setitik kebenaran, tetapi media alternatif akan memberi mereka gelombang demi gelombang kebenaran. Mereka bahkan mungkin memiliki saat-saat ketika mereka bertanya-tanya mengapa ada orang yang memperhatikan sumber lain.

Seseorang akan memiliki hubungan langsung dengan kebenaran dan orang-orang ini akan tertipu oleh orang-orang di atas. Berita bahwa mereka diekspos akan dibawa kepada mereka oleh orang-orang yang tidak memiliki hubungan dengan orang-orang ini.

Mundur

Namun, sementara akan ada orang yang hanya memperhatikan salah satu sumber berita ini, akan ada orang lain yang percaya bahwa yang satu tidak lebih baik (atau lebih buruk) dari yang lain. Yang satu bisa terlihat penuh dengan kebohongan, sementara yang lain bisa terlihat ditaburi kebenaran.

Ketika media alternatif mengungkapkan lebih banyak, mudah untuk sampai pada kesimpulan bahwa sumber ini sangat berbeda dari yang lain. Di satu sisi, itu akan seperti memiliki teman yang kurang lebih selalu berbohong dan teman lain yang hanya berbohong pada waktu-waktu tertentu.

Kontras

Masalahnya, jika hanya membandingkan apa yang mereka dengar melalui media alternatif dengan apa yang terjadi di media arus utama, tidak akan ada alasan bagi mereka untuk menyadari apa yang sedang terjadi. Begitu banyak dari apa yang mereka dengar dari media alternatif akan mencerminkan apa yang sedang terjadi di dunia, tetapi biasanya hanya sejauh ini.

Mengingat hal ini, jika seseorang haus akan informasi nyata dengan memperhatikan media arus utama hampir sepanjang hidupnya, media alternatif akan sangat menyegarkan. Namun, jika seseorang berpegang teguh pada ini dan tidak melangkah lebih jauh, mereka akan seperti lalat yang telah ditangkap dalam jaring yang terbuat dari pertemuan yang membusuk – jika itu akan lebih baik dari jaring biasa, tetapi lalat akan tetap terperangkap.

Oposisi Terkendali

Mereka akan percaya bahwa mereka tahu persis apa yang sedang terjadi dan ini akan menjadi skenario yang sempurna untuk orang-orang di atas. Orang-orang ini akan tahu bahwa akan ada orang-orang yang akan mempertanyakan hal-hal, sehingga menjadi alasan mengapa mereka harus menemukan cara untuk mengganggu orang-orang semacam ini.

Orang-orang yang bekerja untuk mereka tampaknya hanya muncul dan terlihat berbeda, menciptakan kesan bahwa mereka tidak seperti orang-orang yang bekerja untuk media arus utama. Misalnya, mereka hanya boleh membuat video di ruangan kecil atau menyembunyikan wajah mereka.

Dua Ekstrim

Banyak media mainstream yang dibiarkan bersandar, dan biasanya mereka mendukung Islam. Media alternatif, di sisi lain, biasanya berhaluan kanan dan sering kritis terhadap Islam.

Bersamaan dengan ini, yang pertama sering mengkritik Israel, sementara yang terakhir jarang mengatakan hal buruk tentangnya. Bahkan, mereka sering memiliki banyak hal baik untuk dikatakan tentang bagian dunia ini.

Hasil

Ergo, bisa jadi normal bagi seseorang untuk percaya bahwa Islam bukanlah masalah jika mereka memperhatikan media arus utama dan bagi seseorang untuk percaya bahwa itu adalah masalah jika mereka mendengarkan media alternatif. Yang menarik dari ini adalah ada sejumlah orang yang menjadi bagian dari media alternatif yang memulai dengan pandangan yang berbeda.

Pada awalnya orang-orang ini tidak banyak bicara tentang Islam; apa yang terutama mereka bicarakan adalah Zionisme. Pertanyaannya kemudian: apakah orang-orang ini mengubah pandangan mereka karena mereka salah atau ada alasan lain mengapa ini terjadi?

Kebohongan, Kebohongan, dan Kebohongan Lainnya

Orang kemudian harus bertanya-tanya mengapa begitu banyak perhatian diberikan pada agama ini dalam beberapa tahun terakhir; apakah agama ini – bersama dengan orang-orang yang mengamalkannya – digunakan untuk mengalihkan perhatian massa dari apa yang sebenarnya terjadi di balik layar? Ini sangat mirip dengan apa yang bisa terjadi dalam hubungan yang kasar, di mana pelaku melakukan segala yang mereka bisa untuk membuat orang percaya bahwa mereka adalah korban dan pasangannya adalah pelakunya.

Yang jelas, banyak sumber media alternatif tidak akan melihat lebih dekat masalah ini. Mereka telah menemukan target mereka dan semua energi mereka akan terus diarahkan ke sana.

Kesimpulan

Karena banyaknya kebohongan yang disampaikan baik oleh media arus utama maupun media alternatif, akan sangat sulit untuk mengetahui mana yang benar dan mana yang tidak. Namun demikian, yang tidak sesulit itu adalah seseorang menentukan bagaimana mereka berperilaku dan apakah mereka akan terjebak atau tidak dengan apa yang dijual oleh sumber-sumber ini.

Melalui bagaimana mereka berperilaku dan apa yang mereka fokuskan, mereka dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik atau mereka dapat menambahkan lebih banyak drama ke dalamnya. Ini adalah sesuatu yang harus diputuskan sendiri.

Penulis, penulis, dan pelatih yang produktif, Oliver JR Cooper, berasal dari Inggris. Komentar dan analisisnya yang mendalam mencakup semua aspek transformasi manusia, termasuk cinta, kemitraan, cinta diri, dan kesadaran batin. Dengan lebih dari seribu tujuh ratus artikel mendalam yang menyoroti psikologi dan perilaku manusia, Oliver menawarkan harapan bersama dengan nasihatnya yang masuk akal.