Tips trik

LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN

Summary

LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN Pengertian Laporan Keuangan Tahunan Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2011: 1) “Laporan keuangan tahunan adalah representasi terstruktur dari posisi aset, keuangan, dan laba suatu perusahaan”. Sedangkan Harahap (2010:105) menjelaskan “posisi keuangan dan hasil operasi suatu perusahaan pada waktu […]

LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN

LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN

Pengertian Laporan Keuangan Tahunan

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2011: 1)

“Laporan keuangan tahunan adalah representasi terstruktur dari posisi aset, keuangan, dan laba suatu perusahaan”.
Sedangkan Harahap (2010:105) menjelaskan “posisi keuangan dan hasil operasi suatu perusahaan pada waktu atau periode tertentu”.

 

Menurut Agnes Sawir (2005:5)

Laporan keuangan tahunan dipahami sebagai berikut: “Laporan keuangan tahunan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi. Setiap transaksi yang dapat diukur dalam nilai moneter dicatat dan diproses dengan cara ini. Laporan akhir juga disajikan dalam istilah moneter”.
Sedangkan menurut Munawir (2008:5), pengertian laporan keuangan tahunan adalah “dua daftar yang dibuat oleh akuntan untuk suatu perusahaan pada akhir periode. Kedua daftar tersebut adalah neraca atau laporan posisi keuangan. Dan daftar penghasilan atau keuntungan”. dan daftar kerugian.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa laporan keuangan adalah laporan yang menggambarkan posisi keuangan perusahaan selama periode tertentu menurut prinsip akuntansi yang berlaku secara seragam dan merupakan cara pertanggungjawaban dan komunikasi kepada pihak yang membutuhkan.

Tujuan Laporan Keuangan Tahunan

Menurut Ikatan Akuntan Indonesia (2011: 1.5-1.6)

“Menyediakan informasi tentang posisi keuangan dan hasil bisnis yang menurut sebagian besar pengguna laporan keuangan akan berguna dalam membuat keputusan ekonomi. Laporan keuangan juga menunjukkan hasil pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepadanya.

 

Menurut Dwi Prastowo (2011:5-6)

“Tujuan laporan keuangan tahunan adalah untuk memberikan informasi kepada sekelompok besar penerima informasi tentang posisi aset, keuangan, dan pendapatan perusahaan yang berguna untuk membuat keputusan ekonomi. Sejauh informasi tentang keuangan, pendapatan dan posisi keuangan diperlukan untuk menentukan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas dan setara kas, dan waktu kepastian hasil ini.

Untuk mencapai tujuan tersebut, laporan keuangan mencakup informasi tentang perusahaan yang meliputi: aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan dan beban, termasuk keuntungan dan kerugian, kontribusi dan distribusi kepada pemilik dalam kapasitasnya sebagai pemilik, dan arus kas. Informasi ini, bersama dengan informasi lain dalam catatan, akan membantu pengguna laporan keuangan untuk memprediksi arus kas masa depan, khususnya yang berkaitan dengan waktu dan keamanan untuk memperoleh kas dan setara kas. Sumber Rangkuman Terlengkap : https://www.seputarpengetahuan.co.id/