Setiap pengusaha pemula, termasuk yang berada di Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), harus memiliki pemahaman tentang akuntansi karena merupakan bagian penting dari stabilitas bisnis yang berkelanjutan.

Kursus manajemen keuangan sekarang sudah tersedia, terutama kursus akuntansi digital.

Pengetahuan akuntansi dapat dengan mudah dan praktis diperoleh oleh penyedia kursus akuntansi gratis dan berbayar.

Sebagai penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi, Counselling University hadir untuk memenuhi kebutuhan akuntansi digital Anda. Konsultan Pajak Jakarta

Pentingnya memahami akuntansi bagi pemilik bisnis

Ada tiga alasan mengapa wirausahawan sangat penting untuk memahami dan mempelajari akuntansi.

Monitor Perubahan Transaksi

Dengan memahami akuntansi, pengusaha dapat mengetahui semua kejadian yang terjadi dalam transaksi. Ilmu akuntansi membantu pengusaha mengontrol setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis.

Dalam transaksi, banyak terjadi perubahan, seperti modal, utang, atau arus kas.

Pengusaha yang tidak memahami akuntansi akan kesulitan menghitung dan mencatat perubahan dalam proses transaksi. Hal ini justru dapat menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Informasi pengambilan keputusan

Mengembangkan pengetahuan akuntansi penting bagi pengusaha sebagai pengambil keputusan. Dalam praktiknya, proses akuntansi memberikan informasi yang berkaitan dengan transaksi, yang kemudian menjadi bahan informasi dalam pengambilan keputusan.

Kualitas informasi keuangan yang buruk dapat menyebabkan kesalahan informasi dalam pengambilan keputusan karena kesalahpahaman dalam menghitung atau mendaftarkan informasi keuangan, membuat pengusaha mengetahui situasi perusahaan saat ini.

Ketidaktahuan akan posisi ini pada akhirnya akan menghalangi perusahaan untuk berkembang dan merugi.

Kontrol berbagai aspek bisnis

Pengetahuan akuntansi yang diperlukan digunakan sebagai kontrol. Faktanya, akuntansi mengendalikan semua operasi bisnis PeralatanSDM, serta aspek pendukung bisnis lainnya.

Memahami akuntansi dapat berdampak negatif pada kesehatan bisnis lain. Misalnya, pendanaan yang tidak proporsional untuk berbagai bisnis dapat menghambat pertumbuhan perusahaan.

Dalam beberapa kasus, bahkan kesalahan pengelolaan dana dapat menyebabkan kerugian bagi pemberi kerja.

Selanjutnya, bagaimana Anda memilih akuntansi? Ada banyak penyedia kursus akuntansi yang bisa Anda hubungi. Gratis hingga berbayar.

Tapi sekarang sudah banyak penyedia akuntansi gratis atau mandiri. Lalu, apa saja jenis layanan kursus akuntansi?

Kursus Akuntansi Gratis Populer

Ada banyak jenis kelas akuntansi yang tersedia, dari kelas biasa hingga kelas daring atau kelas daring. Penting bagi pengusaha yang ingin belajar akuntansi untuk mengetahui bentuk akuntansi. Misalnya, fleksibilitas dan efisiensi.

Pengusaha membutuhkan kursus yang lebih fleksibel dan efisien karena membutuhkan lebih banyak waktu untuk menjalankan bisnis.

Apa kursus akuntansi paling populer saat ini?

Kursus tatap muka

Jenis kursus yang paling umum adalah tatap muka atau reguler. Jenis kursus ini mengharuskan peserta untuk datang ke kelas dan bertemu langsung dengan seorang konselor.

Manfaat dari kursus tatap muka adalah terlibat dan berkonsultasi langsung dengan konselor agar peserta lebih efektif.

Kelemahannya adalah kursus tatap muka tidak efektif karena peserta diwajibkan mengikuti perkuliahan sesuai jadwal.

Selain itu, peserta harus belajar sesuai dengan ritme yang ditentukan oleh kelas, sehingga hasil yang diperoleh tergantung pada kemampuan dan kecepatan belajar peserta.

Kursus Akuntansi Digital

Kursus daring atau offline telah menjadi populer selama dekade terakhir. Hal ini sejalan dengan tuntutan pembangunan tenaga kerja yang terus meningkat.

Peserta kursus daring atau offline dapat mengakses materi pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya masing-masing.

Pelatihan akuntansi daring atau offline juga diyakini lebih efisien dan efektif karena dapat dilakukan kapan saja secara gratis.

Biasanya tersedia berbagai fitur kursus daring atau offline:

  Video Daring – Penyedia kursus video satu arah menawarkan tutorial atau tutorial.

  Audio – Peserta dapat mendengarkan rekaman audio dari konselor dan mendengarkannya kapan saja dan kapan saja.

  Video Interaktif – Peserta dapat menghubungi konselor melalui siaran video conference.

  Modul Buku Elektronik – Berupa bahan ajar yang disediakan dalam ebook sebagai buku ajar bagi peserta.

  Blog – Biasanya berisi materi gratis yang mendukung pembelajaran dan dukungan gratis melalui situs web penyedia.

  Simulasi atau studi kasus – Berisi studi kasus yang menuntut peserta untuk memecahkan masalah secara langsung. Selain itu, peserta dapat melakukan akuntansi pada platform tertentu, seperti perangkat lunak akuntansi Jurnal oleh Konselor. https://proconsult.id/