Kenapa Harus Rajin Ganti Oli Motor? Ini Alasannya

Ada banyak jenis perawatan motor khususnya motor matic injeksi, dimulai dari perawatan bodi, kelistrikan, mesin, v-belt, suspensi, penekanan angin ban, dan ada banyak lagi yang lainnya. Dalam soal mesin, salah satunya sisi yang penting jadi perhatian yaitu kualitas oli yang dipakai. Sisi ini menjadi satu diantara peranan penting untuk jaga perform kendaraan lebih enak, lancar, tarikan mesin tidak berat dan mempunyai akselerasi yang enteng.

Kenapa Harus Ganti Oli Motor Matic?, Source kabarbengkel.com

Saat kondisi mesin kekurang pelumas maka yang terjadi adalah bisa merusak komponen lain pada bagian mesin itu sendiri, karena saat mesin bekerja tidak dilumasi dengan oli yang cukup sehingga terjadi gesekan pada komponen part motor anda.

Anda Pasti tidak ingin kan peristiwa buruk semacam itu menerpa pada kendaraan kesayangan Anda, hanya dengan mengirit 30 – 70 ribu untuk mengganti oli, justru dapat mengakibatkan kerusakan mesin di mana justru akan memakan biaya sampai ratusan ribu untuk melakukan perbaikan pada komponen yang rusak.

jadi pergantian oli ini harus dilaksanakan dengan teratur dan secara berkala, tidak harus dalam saat yang bersisihan tidak jadi masalah, asal dapat teratur dalam pergantiannya.

Bicara pergantian oli, ada banyak jenis pelumas dipasaran yang bisa anda dapatkan, terutama pada bengkel langganan anda, tips bagaimana memilih oli yang cocok pastikan pelumas tersebut masuk dalam jajaran rekomendasi oli motor matic terbaik di indonesia sebagai acuan untuk pergantian pelumas kendaraan skutik kesayangan anda

Persoalan saat terjadi kekurangan oli yaitu piston tidak bisa bergerak, karena pelumasnya telah habis. Bila oli ada di bawah batasan umumnya, dan penggunaan motor tetap dilaksanakan, karena itu kelak bakal ada kotoran ruangan bakar yang jatuh ke sisi dinding block silinder, kerak akan masuk ke tepian piston, sampai pada akhirannya tenaga yang dibuat juga tidak dapat maksimal. Bahkan juga kasus yang kronis dapat buat mesin tekor dan harus turun mesin untuk melakukan perbaikan keseluruhannya, dan tentunya ongkos yang ditelan tidak sedikit.

Yang harus anda tahu adalah oli berperan penting untuk melumasi komponen mesin motor matic anda supaya tidak terjadi macet dan aus. Pelumas memiliki peranan penting untuk mengontrol suhu pada mesin motor matic, hingga saat terjadi proses pembakaran dalam silinder, oli ini dapat lakukan netralisir temperatur baik saat temperatur mesin panas atau dingin. Namun makin lama, oli bisa juga menghancurkan mesin karena volumenya yang tetap berkurang. Dan berikut sejumlah argumen mengapa Anda harus dengan rajin menukar oli mesin bermotor secara rutin.

Seal Oli Motor Dapat Bocor Kapan Saja

Semua elemen motor tentunya mempunyai umur, terhitung seal oli. Di mana bisa jadi alami kebocoran kapan pun, dan itu dapat mencelakakan peforma mesin bermotor Anda. Kebocoran pada seal ini dapat disebabkan karena pengisian oli yang melewati kemampuan sealnya, dan saat berlebihan karena itu oli akan meluber dan masuk ke lubang pernapasan ke arah ruangan karburator.

Apabila sudah ini, akan muncul asap putih pada knalpot, hingga ini kelak akan jadikan oli mesin cepat berkurang. Karena untuk mesin yang terbakar ini akan membuat ol makin cepat melimpah , dan seal tak lagi bekerja dengan baik. Karena itu, janganlah sampai terlalu berlebih kemampuan saat isi oli ke motor, dan yakinkan seal oli pun tidak penyok saat diisi oli baru supaya diameter seal pun tidak alami peralihan.

Perform Motor Matic Tidak Nyaman Tarikan Mesin Bisa Berat

Saat oli telah lumayan lama tidak ditukar, rasanya berkendaraan itu berat sekali, apa lagi saat lakukan akselerasi. Terang saja hal seperti ini membuat pengendara makin tidak nyaman memakai sepeda motornya. Karena itu, bila motor berasa telah berat sekali tarikannya, selekasnya kontrol ke bengkel dan janganlah lupa tanya mengenai kondisi olinya

Oli cepat menyusut karena penggunaan yang tidak normal, di mana motor digunakan terus-terusan dalam kecepatan tinggi, karena itu throttle bisa saja tidak teratur kembali, kuat lalu stop tiba-tiba bisa juga mengakibatkan mesin cepat panas. Ketika beginilah oli akan melimpah dan berangsur habis dengan sendirinya. Umumnya ini kerap dirasakan oleh pemakai motor matic, tetapi motor ini telah diperlengkapi dengan pendingin tambahan hingga cukup aman.

Agar tarikan mesin motor matic anda lebih enteng gunakan pelumas yang mengandung Base Oil Ester seperti yang terdapat pada Oli X-TEN Matic dengan teknologi yang dikembangkan produk oli ini, tarikan mesin motor matic lebih ringan dan kondisi mesin tetap adem meski melakukan perjalanan jauh.