Uncategorized

Kebun Benih Kantosari Jadi Dorongan Peningkatan Pad

Summary

DPRD Jateng melakukan tinjauan ke Kebun Benih Hortikultura Kantosari Demak, Rabu (30/9/2020). (foto setyo herlambang) DEMAK – Komisi C bersama Anggota DPRD Provinsi Jateng dari daerah pemilihan (Dapil I) yakni Kota Semarang meninjau produksi buah jambu di Kebun Benih Hortikultura […]

DPRD Jateng melakukan tinjauan ke Kebun Benih Hortikultura Kantosari Demak, Rabu (30/9/2020). (foto setyo herlambang)

DEMAK – Komisi C bersama Anggota DPRD Provinsi Jateng dari daerah pemilihan (Dapil I) yakni Kota Semarang meninjau produksi buah jambu di Kebun Benih Hortikultura Kantosari Demak, Rabu (30/9/2020). Dalam kesempatan itu, hadir RR Maria Tri Mangesti, Sutjipto, Agung Budi Margono, Yudi Indras Wiendarto.

baca juga :6 Waktu Penting Minum Air Putih Yang Bikin Badan Sehat Bugar

Pengelolaan buah jambu diharapkan menjadi salah satu komoditas untuk peningkatan pendapat asli daerah (PAD). Kepala Balai Benih Tanaman Pangan dan Holtikutura (B2TPH) Wilayah Semarang Ir Rini Budiningsih menuturkan permintaan bibit buah jambu air (varietas Citra, Merah Delima, dan Deli Hijau) selama pandemi Covid-19 cukup meningkat. Bahkan tidak hanya jambu air, permintaan untuk belimbing pun dari varietas kunir dan kapur juga sama meningkatnya.

“Benih jambu air dan belimbing untuk waktu sekarang ini jadi primadona. Permintaan akan benih buah jambu menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Jambu biji dan belimbing dinilai sebagai produk pertanian yang tahan saat cuaca kemarau walaupun dengan suplai air yang cukup,” terang dia.

Kebun Benih ini mempunyai luas lahan {total|complete|whole} 1,{76|seventy six} ha dan menghasilkan benih komoditas unggulan yaitu belimbing (varietas kunir, kapur) dan jambu air.

Menanggapinya, anggota Komisi C RR Maria Tri Mangesti berharap tren positif permintaan benih dapat bertahan sampai akhir tahun. Dengan begitu dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) memenuhi {target|goal} yang sudah ditetapkan. Dia juga ingin Kebun Benih Hortikultura Kantosari bisa menjadi {role|position|function} {model|mannequin} produk pertanian dengan varietas unggulan sehingga dapat membantu masyarakat sekitar.

“Tren positif balai benih dapat menjadi acuan peningkatan pendapat melalui produk pertanian yang sering dikesampingkan. Dengan adanya permintaan benih yang meningkat di tengah masa Covid-19 dan musim kemarau menjadi contoh produk benih jambu dan belimbing sangat unggul di berbagai kondisi. Hal ini bisa menjadi acuan {role|position|function} {model|mannequin} bahwa pendapatan daerah dapat didorong melalui produk buah lokal yang sangat berguna bagi masyarakat,” tanggap legislator F PDI P itu. (tyo/priyanto)

baca juga :5 Warung Kopi Favorit Di Banda Aceh