Mototrends.org – Yamaha Nmax 155 menggendong mesin berkubikasi 150 cc dan telah menjadi salah satu skutik favorit yang paling banyak diminati di Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dari angka penjualan yang terus meningkat pesat walaupun di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Yamaha Nmax 155 memakai mesin 4 tak SOHC 155,1 cc silinder tunggal berpendingin cair yang mampu memuntahkan daya puncak di angka 11,1 kW pada putaran 8000 rpm dan torsi puncaknya sebesar 14,4 Nm di putaran 6000 rpm.

Kapasitas Oli Mesin Yamah NMAX 155

Adapun oli yang dimaksud dalam artikel adalah oli mesin. Untuk rekomendasi oli untuk Nmax 155, idealnya dapat digunakan hingga waktu ganti oli pada pemakaian setiap 3000 km. Apabila telah mencapai jarak tempuh 3000 km, alangkah baiknya oli mesin lekas diganti. Karena kualitas dari oli sudah menurun.

Namun, jika sebelum mencapai 3000 km ternyata oli mesin berkurang (yang dilihat dari indikasi ketinggian oli pada tutup oli), maka oli mesin dapat ditambah saja dengan oli yang baru atau kualitas masih oke. Adapun pada inti pembahasan yang akan disampaikan ini, yakni mengenai kapasitas oli mesin dari Yamaha Nmax 155 cc. Lebih kurangnya, yaitu sebagai berikut.

Kesimpulannya, Skutik Nmax 155 mempunyai kapasitas oli mesin sebanyak 1000 ml atau 1 liter. Akan tetapi, untuk servis rutin yang di antaranya pergantian oli secara berkala, cukup ganti saja olinya dengan hanya 900 ml atau sebanyak 0,9 liter. Untuk hasil yang maksimal tentunya gunakanlah rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia yang telah dipercaya banyak orang.

Dalam mengisi oli mesin pada Yamaha Nmax 155 ini tidak boleh berlebihan dan kurang. Apabila berlebihan, maka akan mubazir dan menyebabkan laju piston dan komponen lain yang berputar menjadi sedikit berat. Adapun jika kurang, mesin akan cepat panas dan aus karena ada bagian yang tidak terkena pelumas (oli).

Baik generasi pertama maupun kedua dari Nmax tersebut memiliki kapasitas oli mesin yang sama. Apakah itu Nmax 2015, 2017, hingga 2021, kapasitas oli mesinnya tetap sama, yaitu 0,9L-1L.

Fungsi Oli Mesin pada Sepeda Motor

Adapun fungsi dari oli mesin pada sepeda motor, yaitu sebagai berikut.

  • Sebagai pelumas dan merapatkan bagian antarkomponen. Agar mesin dapat bekerja dengan lancar dan bebas gangguan.
  • Mengurangi terjadinya gesekan antarkomponen satu dengan komponen lainnya. Gesekan tersebut dapat berdampak komponen mesin menjadi cepat panas dan aus, tenaga yang dihasilkan berkurang, timbul kotoran akibat gesekan tersebut.
  • Untuk pendingin terhadap panas hasil proses pembakaran di dalam ruang bakar dan panas yang timbul dari gesekan antar-part.
  • Untuk perapat celah antara silinder dan piston. Pelumas juga dapat mencegah kebocoran kompresi atau tekanan dalam ruang bakar.
  • Sebagai peredam suara bising dan getaran hasil putaran piston, batang piston, dan poros engkol.
  • Oli bekerja melapisi antarkomponen tersebut dan meredam gesekan yang ditimbulkan, alhasil suara mesin menjadi lebih halus.

Baca juga : Tips Memilih Oli Untuk Motor Matic

Untuk pembersih kotoran karna gesekan antarkomponen mesin. Di mana oli membantu membawa kotoran/gram. Jadi, bagian yang bergesekan menjadi bersih. Untuk melindungi dari korosi/karat. Oli melapisi bagian logam yang mudah berkarat. Itu tadi isi dari artikel mengenai kapasitas oli mesin Yamaha Nmax 155. Semoga informasi sedikit ini dapat bermanfaat. Terimakasih.