Jenis alat Ukur Debit air yang paling banyak di gunakan baik di industri pengolahan air maupun di industri sesuai dengan langkah kerja alatnya sanggup di kelompokan sebagai selanjutnya :

 

Woltman flow meter

Woltman water mtr. mengukur kecepatan air yang mengalir dengan perlindungan turbin atau paddle supaya sering dikenal dengan turbine flow meter. Volume aliran yang masuk dihitung secara mekanis, lewat area penampang yang diketahui dan ditunjukkan dengan penghitung rol didalam mtr. kubik. Bentuk unik berasal dari paddle wheel terlalu mungkin water mtr. Woltman untuk mencakup rentang pengukuran yang terlampau besar dengan pressure reduce kecil.

Pada sumbu horizontal Woltman meter, poros turbin disusun sejajar dengan sumbu pipa. Rotasi turbin ditransmisikan lewat gigi cacing ke penghitung putaran cepat. Kisaran diameter DN 40 hingga DN 500 yang terlampau besar sanggup dicakup dengan konstruksi ini. Konstruksi terlampau kuat, sedikit kehilangan kepala.

 

Magnetic flow meter

Magnetic flowmeter atau Electomagnetic flow mtr. merupakan tipe flow mtr. yang tidak mempunyai anggota yang bergerak (moving part). Magnetic flow mtr. ini terlampau ideal kecuali digunakan untuk pengukuran aliran fluida yang tidak homogen, cairan yang kotor, cairan yang memiliki kandungan lumpur atau untuk cairan limbah ataupun air intake, air bahan baku, air berasal dari waduk atau sungai yang banyak memiliki kandungan kotoran atau sampah ( plastik, rumput atayupun lainnya).

Alat Ukur Debit air tipe magneic ini terlampau handal kecuali digunakan untuk flow mtr. limbah, lumpur atau cairan kotor, kental dan pekat..

Flowmeter magnetic ini terlampau sesuai digunakan pada sistem aliran yang menyaratkan pressure drop yang terlampau rendah. Prinsip kerja Electromagnetic flow mtr. tipe ini didasarkan pada hukum induksi elektromagnetik (Faraday’s Law), yakni seandainya suatu fluida konduktif elektrik melalui pipa sensor elecromagnetic, maka fluida akan bekerja sebagai konduktor yang bergerak memotong medan magnet yang dibangkitkan oleh kumparan magnetic berasal dari sensor / transducer, supaya timbul tegangan listrik induksi.

 

Ultrasonic flow meter

Jenis alat ukur debit air Ultrasonic Flow meter ini lumayan banyak digemari lebih-lebih bagi mereka yang inginkan tipe flow mtr. yang sanggup di pindah2 atau dengan kata lain sanggup di bawah kemana-mana. Cara pengoprasiannya kususnya tipe calam on atau portable termasuk lumayan simple sensor ultrasonic ditempel di permukaan luar pipa dan di clamp .

Komponen berasal dari alat ukur debit air tipe ultrasonic flow mtr. umumnya terdiri berasal dari 3 anggota yakni transducer yang berfungsi sebagai sensor, transducer cable yang menghubungan sensor dengan transmitter. Selanjutnya aldah ultrasonic transmitter atau flow computer berfungsi memproduksi sinal yang dikirim berasal dari sensor.

Alat ukur debit air tipe ultrasonic clamp on sanggup digunakan untuk mengukur aliran air pada size pipa berasal dari DN15 hingga DN6000. Dapat digunakan pada bermacam tipe material pipa, seperti pipa carbon steel, stainless steel, PVC, HDPE dan lainnya

By toha