wisata bangka belitung

Rekreasi Di Bangka Belitung ya Ingin berlibur ke pesisir pantai yang jauh untuk menyingkirkan kejenuhan? Nach, pas sekali jika pilih piknik ke 15 tujuan rekreasi di Bangka Belitung. Di sana kamu akan merasakan gugusan landmark paling unik dan benar-benar eksotik!

Ada deretanan pulau kecil disanggupi bongkahan batu alam yang elok, dan diwarnai panorama rimba menghijau. Panorama bagus ini ibarat membatasi garis pantai jernih yang berpasir putih bersih. Wah, jadi ingin tahu sekali, kan!

Beberapa pilihan antara 15 tujuan rekreasi di Bangka Belitung ini. Nanti perjalanan antara pulau akan diawali dari Dermaga Tanjung Kelayang. Bila cuaca kembali bagus, pasti semua dapat diraih dalam kurun waktu satu hari!

1. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas jadi bintang pariwisata Bangka Belitung. Kombinasi bebatuan granit unik, pasir putih sama air laut biru jernih, dan spot menyelam untuk melihat terumbu karang bawah laut, ialah nilai prima untuk pulau ini. Pelancong bukan hanya senang bermain air tetapi juga eksplor video dan foto sebanyaknya, selanjutnya minum es kelapa muda di pinggir pantai.

Rekreasi Mercusuar

Saat memijakkan kaki di pulau ini kamu akan menyaksikan ikon riwayat berbentuk mercusuar tua yang dibuat oleh pemerintahan Belanda tahun 1882. Sampai sekarang mercusuar masih berperan untuk mengawasi jalan raya kapal yang melalui atau masuk-keluar Pulang Belitung. Di saat tertentu, tiap pengunjung dibolehkan berswafoto dalam ruangan mercusuar.

Jalur Perjalanan

Dari pusat Kota Tanjungpandan, Bangka Belitung, langsung pergi ke Pantai Kelayang memakai kendaraan individu atau sewa persewaan. Dari sana teruskan bersama kapal pelancong sampai ke arah akhir. Kurang lebih diperlukan waktu sekitaran 30 menit untuk capai Pulau Lengkuas. Persisnya di samping utara Pantai Tanjung Kelayang.

2. Pulau Batu Garuda

Pulau imut ini dipenuh skema granit raksasa yang mengagumkan. Salah satunya wujud batunya seperti kepala burung garuda komplet dengan paruhnya.

Bila pergi dari Pelabuhan Pantai Tanjung Kalayang, waktu seberang laut sekitaran 10-15 menit. Sampai di spot khusus Pulau Batu Garuda umumnya perahu jarang-jarang bertumpu untuk jaga ekosistem karang. Tiap pengunjung cuman dikasih peluang berpose dari jarak jauh saja.

baca : Pantai Gatra, Bersih Dan Penuh Daya tarik

3. Pulau Kalimambang

Pulau Kalimambang menjadi satu diantara tujuan favorite untuk beberapa pelancong lokal atau luar negeri. Pasti tetap dengan keunikan dari 15 tujuan rekreasi di Bangka Belitung. Yakni pantai pasir putih berhiaskan bebatuan granit yang kelihatan artistik. Belum juga sejuk teduh pohon-pohonan sering menjadi peneduh disaat menunggu view matahari tenggelam.

4. Pulau Pasir

Pulau unik dari gundukan pasir putih ini tidak begitu luas dan cuman ada saat air laut sedang kering. Sepanjang mata melihat cuman terlihat dataran berpasir halus. Jika berpose seperti bertumpu di tengah-tengah lautan luas! Bening air laut yang dangkal demikian sejukkan mata. Bahkan juga biota sangat jarang seperti bintang laut merah menyebar di pelosok Pulau Pasir.

Sayang saat kelak pasang datang sebagian besar dataran terbenam dalam laut. Karena itu semenjak di Pantai Tanjung Kelayang penting cari info mengenai kapan Pulau Pasir dapat didatangi. Bila waktunya pas karena itu tinggal sewa kapal motor untuk pergi ke seberang sana.

5. Pulau Batu Melaut

Dari perjalanan jelajahi beberapa pulau antara 15 tujuan rekreasi di Bangka Belitung, kamu langsung bisa singgah ke Pulau Batu Melaut. Apa lagi dari Pulau Pasir waktu sampai lokasinya sekitaran 10 menit saja.

Di saat kapal akan mendekat sejauh garis pesisir, mulai terlihat bebatuan granit raksasa yang berdiri kuat seperti menghamparkan monitor. Dasar laut terlihat terang karena beningnya air warna biru teduh. Pasti berpose dengan background pemandangan itu betul-betul instagramable.

baca : 10 Tempat Tamasya di Ujung Genteng Sukabumi

6. Pulau Burung

Daya tarik pulau burung memanglah tidak ada selesainya. Timbunan batu granit serupa dengan paruh burung benar-benar iconic buat jadi background photo selfie. Ditambahkan lagi teduh pohon-pohonan pinus dan kelapa. Khususnya saat senja tiba di mana background Pulau Burung makin menarik oleh semburat sinar sunset kemerahan. Selainnya memburu photo pasti snorkeling juga asyik dilaksanakan karena laut sekitar pulaunya terlihat bening dan dingin.

7. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang atau sering disebutkan Pulau Babi mempunyai perairan jernih dengan skema batu-batuan granit yang sangat besar. Pasir putih halus membuat pengunjung kerasan santai didampingi sejuk lambaian pohon kelapa. Disamping itu perlu sekali menyelami keelokan taman laut yang penuh terumbu karang ikan nemo beragam warna.

Mempunyai luas cuman sekitaran 12 hektar, pulau ini memiliki jarak 2 km saja dari Pantai Tanjung Kelayang, atau 15 menit jika memakai perahu. Karena berada dekat Pulau Pasir dan Lengkuas, umum’nya Pulau Kepayang jadi perhentian akhir yang didatangi pelancong.

8. Pulau Leebong

Kemewahan Pulau Leebong disebelah barat Belitung kerap disebutkan Maldives punya Indonesia. Di situ benar-benar nyaman buat nikmati waktu dalam nuansa laut biru, ombak yang tenang, bermain pasir putih yang lembut, dan ada banyak kesenangan lain. Bila ingin lama-lama, resor terbatas sejauh pantai selalu terbuka untuk tempat menginap.

Rimba Bakau Pantai Chicas

Pantai Chicas ini juga diperlengkapi gazebo buat santai. Saat airnya kering akan ada bentangan pasir yang paling luas. Pohon-pohonan Mangrove di atas pasir dan kepungan air jernih ialah panorama mengagumkan.

Buat yang menyukai berenang dan snorkeling, Leebong sediakan sarana permainan air, terhitung banana boat, jetski, dan paddleboard. Ada pula sepeda jika ingin jalanan keliling pulau.

Naik sepeda Sekalian Foto-Foto

Benar-benar membahagiakan dapat sepedaan telusuri pelosok pulau yang disanggupi rimbun pohon-pohonan dan flora sangat jarang, seperti pohon sikas, pohon gelam, pohon simpor, dan ada banyak kembali. Janganlah lupa berpose di atas rumah pohon.

Jalur Ke arah Pulau Leebong

Jika langsung ingin ke arah Leebong, berangkatlah dari Dermaga Tanjung Ruu, selanjutnya sewa perahu sepanjang 20 menit perjalanan. Dapat berkunjung saja, atau bermalam di Leebong Island. Ada empat tipe villa yakni Tenda Barak, Villa Chicas, Villa Barata, dan Villa Pohon.

baca lagi : Paket wisata Pulau Macan kep seribu

9. Pulau Tanjung Pandan

Aktivitas liburan yang dapat kamu kerjakan di Pulau Tanjung Pandan, yakni nikmati keelokan pantai Tanjung Simpan. Jalanan di pinggiran pantai, sekalian menanti panorama langit senja yang cantik. Sama air laut yang tenang, pengunjung juga dapat berenang rileks sejauh pesisirnya. Atau singgah dahulu isi perut di dalam rumah makan yang menawarkan kulineran seafood ciri khas Belitung. Dari Tanjung Simpan ini kelihatan pemandangan Pulau Kalimua di tengah-tengah pantai.

10. Pantai Serdang

Deretan pohon pinus yang teduh jadi pemandangan khusus saat kamu bertandang ke Pantai Serdang di Kota Manggar Belitung Timur. Jaraknya sekitaran 1,5 jam saja dari pusat perkotaan Tanjungpandan. Pasir putih, ombak tenang, dan hijaunya pinus yang membubung tinggi semakin menambahkan nuansa alami. Perahu nelayan beragam warna membuat situasi pantai lebih eye-catching untuk difoto.

Menariknya kembali status pantai ini tepat menghadap ke Timur, jadi tidaklah aneh jika sinar matahari keluar dan terbenam di sini benar-benar elok. Refleksi cahaya keemasan di atas air laut yang tenang membuat pemandangan mengagumkan.

Sesudah senang bermain-main di pinggiran pantai, kamu dapat kuliner sekalian melihat pemandangan laut Cina Selatan. Beberapa warung makan menawarkan kulineran seafood cita-rasa ciri khas Belitung. Sekaligus cicipi hidangan kopi ciri khas kota Manggar!

Yok berlibur ke Belitung! Gak pakai repot mengurus ini itu karena telah ada Paket Rekreasi Belitung 4 Hari 3 Malam

11. Pantai Siantu Sijuk

Untuk kamu yang ingin berpetualang ke pantai terasing, nach pas sekali jika tiba ke Dusun Sijuk. Dari semua 15 tujuan rekreasi di Bangka Belitung lokasinya masih jarang-jarang didatangi pelancong. Walau sebenarnya dalam Geopark Nasional Pulau Belitung itu disimpan mistis alam yang mengagumkan. Salah satunya kamu tidak akan mendapati granit raksasa seperti biasanya di Belitung. Tetapi tetapi batu-batuan hitam dari hasil erupsi gunung api bahkan ada Lava Bantal Siantu dari erupsi gunung api purba bawah laut.

Sayang lokasi Pantai Siantu Sijuk masih susah diraih dengan kendaraan beroda 4 biasa, hingga pengunjung perlu memakai mobil tipe four wheel drive, atau sepeda motor.

12. Pantai Jimbaran Belitung

Jimbaran yang ini sangat menarik dari milik Pulau Bali. Lokasinya di Jalan Raya Sijuk, Dusun Sijuk, Kabupaten Belitung.

Dengan garis pantai lumayan panjang pasti panoramanya benar-benar instagramable buat berselfie riang. Apa lagi semburat laut biru jernih berkombinasi pasir putih bersih ditanggung membuat kita kerasan duduk rileks sepanjang hari.

13. Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan sebagai wilayah pebukitan dengan ketinggian 200 m di permukaan laut. Udaranya masih nyaman dan bersih tanpa pencemaran. Semenjak 2012, teritori rimba berbukit ini dibuka pengurus sebagai taman rekreasi dan bermain. Bermacam permainan outbond untuk mengetes adrenalin diantaranya flying fox sejauh 200 mtr., high rope, giant swing, trampoline, dan ATV. Disamping itu ada pula tempat untuk bermain anak, bumi perkemahan. Dan agrowisata buah-buahan fresh.

Rekreasi alam Bukit Pangkuan berada di Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur. Benar-benar dekat dari Lapangan terbang HAS Hanandjoedin, cuman sekitaran 45 menit berkendaraan.

14. Pulau Memperak

Terbentang luas butiran pasir putih yang lembut, birunya laut sebening kaca, dan pohon-pohonan kelapa di pesisir, semakin menambahkan eksotisme pantai yang bersih. Untuk pelancong perairan sekitaran Pulau Memperak ini benar-benar bagus buat menyelam. Jarak pandang cuman sekitaran 15 m hingga gampang menerawang keelokan biota bawah laut, yang terbagi dalam bermacam terumbu karang, dan ikan beragam warna. Disamping itu pulau ini jadi komunitas penyu yang bertelur tiap musim kemarau.

Pulau Memperak ada di Kecamatan Manggar, Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

15. Rimba Bakau Atau Mangrove Munjang Kurau Barat

Eksotisme rimba mangrove di Dusun Kurau Barat, Kabupaten Bangka tengah ini membuat ingin tahu pelancong lokal. Banyak juga wisatawan luar negeri yang tertarik eksplor situasi alaminya.

Beberapa pilihan buat rasakan kesan penjelajahan rimba bakau ini, satu diantaranya memakai boat atau perahu kecil. Di kanan dan kiri muara sungai dinaungi tanaman mangrove hingga jalur kapalnya akan berliku dan menikung. Banyak pula satwa liar yang hendak kita temui.

Selainnya berkeliling-keliling saluran sungai dengan kapal, kamu bisa juga berbaring memakai hammock, naik ke rumah pohon, atau trackking telusuri rimba rimbun dengan melalui jembatan kayu.

Bila pergi dari Pusat Kota Pangkalpinang, jarak menempuh ke arah Rimba Bakau Munjang Kurau Barat cuman sekitaran 30 menit saja, benar-benar gampang dicapai.

Itu barusan pembahasan mengenai 15 tujuan rekreasi di Bangka Belitung. Sampai di situ kelak janganlah lupa berpose riang di tengah-tengah panorama alam Pulau Laskar Pelangi yang instagramable sekali!