Flow meter ultrasonic adalah jenis Fill Rite Flow Meter yang menggunakan sensor ultrasound peranan menangkap kecepatan aliran. Flowmeter ini mempunyai dua bagian utama yaitu sensor ultrasonic yang kerap di sebut transduer dan ultrasonic flow transmitter.

Transducer berfungsi sebagai sensor untuk menangkap kecepatan aliran bersama dengan menggunakan ultrassound. Kecepatan aliran didapat bersama dengan memperoleh transit time dari transducer pengirim dan penerima. Signal berikut dikirim ke ultrasonic tranmitter yang kemudian diolah bersama dengan kelluaran berwujud kecepatan aliran di dalam pipa yang dikalkulasikan ke flow rate dan volume.

Dari Jenis Flowmeter ultrasonic berdasarkan instalasinya yang paling disukai adlah langkah instalasi clamp on. Clamp on ultrasonic flow meter ini banyak diaplikasikan pada flowmeter portable dan fix wall mounting .Namun demikian untuk jenis ultrasonic transittime selau menggunakan 1 gunakan sensor ultrasonic yang langkah instalasinya bergantung pada modelnya. Ada yang menggunakan langkah inline, insertion dan clamp on. Namun yang paling di sukai adlah jenis instalasi Clamp on.

Flowmeter Ultrasonic Clamp On

Flowmeter ultrasonic clamp on langkah instalasinya tidak harus memotong atau melubangi pipa, tetapi bersama dengan memperlakukan permukaan pipa dan transducer ultrasonic di tempel kemudian diclamp.Dengan demikian kami tidak harus menghentikan aliran seperti menutup valve atau mematikan pompa.

Flowmeter clamp on ultrasonic menggunakan sepasang transduser untuk mengirim dan menerima tanda secara bergantian. Sinyal transduser bergerak lebih cepat ke hilir daripada ke hulu. Dengan didapatkanya sementara transit t bersama dengan mengukur sementara tempuh tanda di hilir dan hulu, kecepatan aliran biasanya mampu ditahan cocok bersama dengan t dan kecepatan V. Volume aliran Q mampu dihitung dari kecepatan aliran V dan profil pipa S.

Flow meter clamp on ini lumayan efisien dan dari sega cost instalasi lumayan hemat gara-gara nggak tersedia pengelasan atau lainnya dan efisien dari aspek sementara dan tenaga. Untuk diameter pipa diatas 10 inchi bakal menurunkan cost instalasi dan harganya terhitung lumayan hemat gara-gara untuk diameter pipa kecil hingga besar seperti DN2000 selisih harga hanya pada jenis transducer dan asesories clamp on dan bracket transducer.

Aplikasi Flow Meter Clamp On Ultrasonic
Flow meter clamp on banyak digunakan di berbagai jenis industri :

Pengolahan Limbah
Produksi air minum
irigasi
Petrochemical
ssitem pendinginan
Sistem Pemadam kebakaran / hydran
Mengetahui besarnya energy untuk mesin chiller
Menegcek Aliran limbah cair pada sistem water treatment plant
Mengecek besarnya flow rate dan flow velocity pada sitem pembangkit Turbine
dl

Fitur Flowmeter Clamp On Ultrasonic

Flowmeter ultrasonic clamp on mempunya sebagian fitur yang merupakan Kelebihan seperti :

Mudah langkah instalasi dan pengoprasiannya
Instalasinya tidak harus memotong pipa maupun melubangi pipa , tetapi lumayan menempelkan sensor ultrasonic di luar permulkaan pipa dan di clamp

Tampilan layar display yang lumayan lumayan yaitu 4 line yang mampu amenampilkan flow velocity, flow rate, instantaneous flow, cumulative flow dan status running dan juga kemampuan signal ultrasonic

Sensor Ultrasonic atau tansducer di lengkapi bersama dengan magnetic agar mudah menmpel untuk material pipa carbon steel dan untuk jenis material pipa lain terhitung disajikan clamp on

Dilengkapi bersama dengan bracket transducer sebagai pelindung transducer agar tidak mudah berubah posisinya.
Tersedia untuk berbagai ukuran diameter pipa dari DN20 hingga bersama dengan DN6000
Bisa di tambahkan jenis Transducer yang water proof atau IP68
Fluid Temperature Range -40℃~260℃

Tersedia data logger berwujud SD card sebagai penyimpanan data dan ditarik atau di download ke lap top
Bi-directional Measurement, Flow Range From 0.01m/s To 12m/s
Selecting Temperature Sensor PT1000 To Achieve Thermal Energy Measurement Function
Dilengkapi bersama dengan box pannel yang tersedia bagian transparan dari acrilic agar mampu dilihat pembacaan tanpa mengakses panel dan lumayan lumayan untuk pemasangan di out door,

Tersedia out put pulse. analog 4 – 20 mA dan komunikasi RS485
Untuk pengecek yang membutuhkan penarikan data flow meterclamp on wuf 620 cf ditambah data logger berwujud SD card yang mampu di masukan ke laptop atau komputer. Data yang mampu di tarik berwujud sementara pengecekan, Flow velocity, flow rate dan total volume di mana kapasitas bergantung pada kapasitas logger yang digunakan.

By toha