Intip 5 Daftar Mobil Listrik Indonesia, Cocok Dipakai Bareng Keluarga

7 Fakta Tesla Model X, Punya Fitur Super Canggih

Tren mobil listrik Indonesia meningkat sepanjang tahun seiring dengan gencarnya upaya pemerintah mewujudkan transisi energi dengan beberapa pabrikan otomotif yang meluncurkan mobil listtriknya. Alhasil, mobil listrik Indonesia menjadi beragam dan banyak pilihan.

Yang akhirnya mulai banyak konsumen yang perlahan beralih mengunakan mobil listrik agar dapat menikmati keungulannya. Beberapa produsen pun berlomba-lomba meluncurkan kendaraan terbaik di kelasnya.

Jika berminat untuk membeli mobil listrik, berikut ini daftar mobil listrik Indonesia yang bisa jadi referensi disaat akan membeli mobil listrik nanti.

1.       Tesla Model X.

Tesla Model X merupakan salah satu mobil listrik Indonesia yang memiliki keunggulan dari segi daya angkutnya, yakni konfigurasi 7 penumpan dengan desain pintu yang eye catching.

Masuk ke dalam kelas SUV jelas akan langsung menjadi ancaman bagi para kompetitor di segmen pasar tersebut. Dibekali dengan fitur Tesla “Ludicrous Mode” memungkinkan kendaraan listrik ini berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2,7 detik.

Menariknya lagi, Tesla Model X ini juga memiliki fitur self-driving atau pengendara secara otomatis. Untuk pengisian daya, mobil listrik ini butuh 7 jam lebih untuk pengisian penuh dalam mode normal.

2.       Wuling Air EV.

Dari segi performa, Wuling Air EV mengusung motor listrik berdaya maksimal 30 kW. Tenaga yang dihasilkan tersebut dihantarkan melalui transmisi Single Reduction Gear ke roda belakang.

Mobil listrik Indonesia ini menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standart Range dengan jarak tempuh 200 kilometer dan 26,7 kWh untuk tipe Long Range dapat mencakup jarak tempuh 300 kilometer saat terisi penuh.

Wuling Air EV dijual dengan harga Rp 238 juta dan Rp 295 juta untuk on the road Jakarta.

3.       KIA EV6.

PT Kreta Indo Artha (KIA) resmi menjual mobil listrik Indonesia, yakni Kia EV6 GT-Line seharga Rp1,299 miliar dengan target pengiriman kepada konsumen pada 2023. Kia EV6 GT-Line dibangun di atas platform New Electric Global Modular Platform (E-GMP) terbaru dari Hyundai Motor Group.

Dapur pacu mobil listrik ini dilengkapi dengan Dual Motor Drive yang mampu menyalurkan tenaga hingga 320 Hp dan torsi 605 Nm. Mobil BEV ini dibekali dengan baterai berkapasitas 77,4 kWh yang diklaim mampu menempuh jarak sejauh 506 kilometer.

Sementara itu, mobil listrik ini hanya membutuhkan waktu pengisian 73 menit dari 10 hingga 80%. Selain itu, Kia EV6 GT-Line juga dapat menggunakan pengisian DC ultra-fast charging berdaya 200 kW ke atas untuk mengisi hingga 80% dalam waktu 18 menit.

4.       DFSK Gelora Electric.

DFSK Gelora Electric adalah salah satu mobil listrik Indonesia yang bisa dibeli. Dirakit langsung di pabrik Cikande, Banten, mobil ini didesain menjadi mobil komersial untuk mengangkut banyak penumpang.

Mobil ini dilengkapi dengan sumber daya baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 42 kWh. Jarak tempuh maksimal mobil ini mencapai 300 km. Sistem penggeraknya mampu menyemburkan tenaga hingga 80 hp dan torsi puncak di 80 Nm.

5.       Mini Electric.

Kebanyakan harga mobil listrik Indonesia memang masih terbilang mahal. Apa lagi jika datang dari merek premium seperti MINI. Ada dua varian yang tersedia, yakni MINI Electric dengan harga Rp945 juta dan MINI Electric Collection seharga Rp955 juta. Kedua harga tersebut bersifat off the road.

Terkait jarak tempuh, MINI Electric disebut dapat digunakan hingga 203—232 km dalam satu kali pengisian baterai hingga penuh. Siluet bodi MINI Cooper yang ikonis masih melekat erat pada mobil ini. Namun, ada beberapa aspek yang membedakannya, contoh desain peleknya yang unik.