Internet Banking Menjadi Layanan yang “Perlu Dimiliki”

Perbankan Internet juga dikenal sebagai Perbankan online atau e-banking adalah salah satu inovasi teknologi terkini, yang menjadi kebutuhan setiap orang pada umumnya. Ini menggunakan Internet sebagai media untuk pengiriman layanan perbankan. Saat ini, perbankan tidak terbatas pada cabang, di mana seseorang pergi ke bank untuk menarik uang tunai atau meminta rekening koran atau untuk menyetorkan cek. Permintaan atau transaksi dapat ditangani secara online tanpa referensi ke cabang kapan pun melalui perbankan Online. Situs web aman tempat transaksi online dilakukan dikelola oleh bank virtual (tanpa jaringan cabang).

Terutama, ada tiga jenis perbankan Internet.

· Perbankan informasional: Ini adalah tingkat utama (dasar) perbankan online yang digunakan untuk mengetahui informasi produk dan layanan bank.

· Perbankan komunikatif: Pada tipe ini, beberapa komunikasi (interaksi) dimungkinkan antara sistem bank dan pelanggan melalui email untuk mengetahui detail rekening (laporan), pengajuan pinjaman dan untuk memperbarui file statis (perubahan nama dan alamat).

· Perbankan transaksional: Tingkat perbankan online ini membantu dalam melakukan transaksi seperti mengakses akun, membayar tagihan, mentransfer dana, dll.

Manfaat perbankan Internet:

Perbankan Internet memberikan manfaat bagi sistem perbankan dan pelanggan:

· Cepat: Perbankan normal lambat dan memakan waktu, karena pelanggan harus menunggu dalam antrian yang melelahkan untuk permintaan pernyataan atau transaksi. Tetapi di perbankan online, transfer uang (dana) dari satu akun dan lainnya dapat dilakukan dalam beberapa menit.

· Nyaman: Nasabah dapat mengakses banyak rekening di bank secara efisien. Mereka dapat melakukan transaksi keuangan dengan nyaman dari rumah, jika mereka memiliki Internet.

· Hemat biaya: Bank dapat menangani ribuan nasabah sekaligus melalui perbankan Online. Pekerjaan administrasi (resmi) bank dapat sangat dikurangi karena operasi bank dapat dilakukan oleh lebih sedikit kasir dan juru tulis.

· Aksesibilitas sepanjang waktu: Rekening bank dapat diakses kapan saja (24 jam sehari dan 7 hari seminggu) dan dari mana saja (di lokasi mana pun). Pelanggan dapat dengan mudah mentransfer uang dari akun mereka atau menerima uang di akun mereka secara elektronik. Akseptabilitas tanda tangan digital di semua bank merupakan keuntungan besar.

· Fleksibilitas: Pelanggan dapat dengan mudah mengajukan pinjaman dan mendapatkannya tanpa pergi ke bank lokal. Rekening bank dapat digunakan untuk membeli atau menjual saham dan sekuritas melalui perbankan Online. Tanpa kertas kerja dan tanpa mengunjungi bank, akun baru dapat dibuat dan akun lama dapat ditutup melalui Online.

Kekurangan dari Internet banking:

Meskipun perbankan Internet sangat membantu bagi pengguna, ada beberapa kekurangannya.

· Keamanan: Jika pelanggan tidak berhati-hati, maka peretas komputer dapat dengan mudah meretas informasi akun untuk penggunaan yang tidak sah.

· Identifikasi: Merupakan ketidaknyamanan bagi pelanggan jika diminta untuk identifikasi foto.

· Layanan pelanggan: Karena tidak ada interaksi tatap muka dengan karyawan bank dan pemegang rekening, ketika masalah muncul, seringkali mungkin ada tanggapan yang lambat karena surat digunakan untuk membahas masalah tersebut.

· Aksesibilitas Internet: Jika Internet terputus di ujung pelanggan atau di kantor bank, maka akun tidak dapat diakses.

Untuk mendapatkan Internet banking yang aman dan terjamin, pelanggan harus menjaga keamanan komputer mereka dan tidak boleh mengungkapkan informasi pribadi apa pun seperti kata sandi, nama pengguna, dan nomor pin kepada siapa pun. Hal ini dapat menghindari sebagian besar risiko penipuan dan penipuan. Ketika prosedur keamanan dilakukan, perbankan Internet lebih mudah, lebih cepat, dan menyenangkan bagi pelanggan dan bankir.

Current-trends-now.com memberikan informasi tentang kejadian saat ini atau tren yang muncul di berbagai kategori. Ini membantu untuk menemukan tren terkini pada kategori bisnis, pemeliharaan rumah, sains, dan masyarakat.