Kesehatan

Inilah Olahraga Yang Tepat Untuk Penderita Penyakit jantung

Summary

Teratur olahraga ialah hal bagus untuk mempertahankan kesehatan jantung Anda. Tetapi, bila terserang penyakit jantung, seharusnya Anda lebih selective saat menentukan tipe olahraga yang dilaksanakan. Janganlah sampai olahraga justru memberikan imbas jelek untuk kesehatan Anda. Jantung ialah organ penting yang […]

Penyakit jantung

Teratur olahraga ialah hal bagus untuk mempertahankan kesehatan jantung Anda. Tetapi, bila terserang penyakit jantung, seharusnya Anda lebih selective saat menentukan tipe olahraga yang dilaksanakan. Janganlah sampai olahraga justru memberikan imbas jelek untuk kesehatan Anda.

Jantung ialah organ penting yang berperan memompa darah ke semua badan. Untuk jaga kesehatan jantung, Anda harus mengaplikasikan gaya hidup sehat yang meliputi beristirahat cukup, konsumsi makanan bergizi, dan olahraga rutin.

Dengan teratur olahraga, resiko penyakit serangan jantung bisa dihindari. Untuk beberapa pasien penyakit jantung, olahraga teratur harus tetap dilaksanakan, walau penyeleksian olahraga yang seperti seharusnya ditanyakan lebih dulu sama dokter specialist jantung dan pembuluh darah yang menangani Anda.

Penyakit jantung

Selective Pilih Olahraga

Tipe olahraga HIIT (high intensity interval training) banyak disukai sekarang ini karena efisien turunkan berat tubuh dengan cepat. Tetapi, 0lahraga ini tidak disarankan untuk pasien penyakit jantung. Olahraga HIIT ialah tipe olahraga yang mempunyai tujuan membakar kalori dengan gabungan pergerakan intensif tinggi dan intensif rendah yang dilaksanakan secara berganti-gantian dalam waktu tertentu.

Misalnya, di saat lari, dengan diawali pemanasan sepanjang 5-10 menit, selanjutnya diteruskan dengan lari cepat (sprint) sepanjang 10-20 detik, dan disudahi dengan berjalan kaki sepanjang 1 menit, lalu diulang sampai 5-10 kali.

Di saat lakukan olahraga HIIT, detak jantung akan bertambah secara berarti karena badan memerlukan semakin banyak oksigen. Jika awalnya telah ada persempitan pembuluh darah jantung, keadaan ini bisa membuat konsumsi oksigen untuk otot jantung menyusut mencolok dan memunculkan ngilu dada atau memacu gempuran jantung. Maka jauhi olahraga ini untuk Anda yang sudah mempunyai permasalahan jantung awalnya, ya.

Untuk pasien jantung yang sehabis jalani proses operasi, seharusnya kerjakan proses rekondisi lebih dulu saat sebelum mengawali olahraga kembali. Sedang untuk pasien jantung dengan alat picu jantung, seharusnya jauhi olahraga yang memercayakan pergerakan lengan atau contact badan seperti basket.

Begitupun dengan pasien yang alami gagal jantung kongestif, seharusnya kerjakan olahraga dengan intensif ringan, sekalian dinaikkan intensitasnya dengan bertahap seperti kekuatan.

Ingat, arah olahraga untuk bertubuh sehat. Maka janganlah sampai aktivitas olahraga Anda dibarengi dengan gengsi. Menyaksikan kawan-kawan Anda lakukan olahraga berintensitas tinggi, Anda juga tidak ingin kalah untuk cobanya. Walau sebenarnya, badan Anda tidak terlatih lakukan olahraga itu.

Tidak boleh memaksakan olahraga yang berlebihan. Bila muncul tanda-tanda nyeri di dada dibarengi dengan napas sesak, atau hal yang lain tidak wajar, hentikan olahraga kerjakan pendinginan. Janganlah lekas disetop secara mendadak. Always listen to your bodi.

Olahraga Yang Disarankan

Berenang, naik sepeda, jalan cepat, dan jalan rileks sebagai opsi olahraga paling aman dan gampang dilaksanakan untuk pasien jantung. Olahraga yang lebih berat dapat dilaksanakan sesudah konsultasi sama dokter specialist jantung dan pembuluh darah yang merawat Anda.

Selain bisa menolong tingkatkan denyut jantung dan saluran darah, olahraga dengan teratur dapat menolong turunkan penekanan darah. Kerjakan olahraga tiap hari, minimal sepanjang 30 menit untuk memperoleh hasil yang maksimal untuk badan.

Disamping itu, olahraga Taichi sebagai olahraga low impact yang aman untuk pasien jantung. Dengan teratur lakukan Taichi, Anda bisa mengatur pernafasan dan mengendalikan irama badan, hingga menolong menurunkan stres.

Olahraga yang lain bisa Anda kerjakan misalkan yoga, atau senam khusus untuk lanjut usia sesuai umur Anda. Apa saja olahraga yang Anda tentukan, janganlah lupa tanyakan lebih dulu sama dokter dan kerjakan dengan bertahap.

Hal yang lain penting diingat selain olahraga teratur ialah pastikan kecukupan gizi imbang untuk keperluan badan Anda supaya stamina terbangun dengan baik. Meninggalkan semua rutinitas jelek yang tingkatkan resiko penyakit jantung, seperti minuman rutinitas merokok dan mengandung alkohol.

Anda juga bisa melakukan pijatan supaya badan dan fikiran terasa lebih nyaman dan rileks, Anda bisa menggunakan layana pijat panggilan Surabaya yang sudah profesional dan bersertifikat. Ini tentunya akan membuat Anda lebih aman dan nyaman.

Dan satu lagi untuk menjaga kesehatan jantung, sesuaikan kekuatan fisik Anda dengan tipe olahraga yang Anda pilih. Tidak boleh kerjakan olahraga terlalu berlebih!