Otomotif

Ini 3 Kondisi Mobil yang Tak Diminati di Balai Lelang Mobil

Summary

  Jika Anda berniat membeli mobil di balai lelang mobil, tentu Anda harus jeli dan teliti saat akan menjatuhkan pilihan untuk mobil incaran Anda. Karena salah-salah, Anda malah mendapatkan mobil dengan kondisi yang tak sesuai dengan ekspektasi Anda. Untuk itu […]

Jika Anda berniat membeli mobil di balai lelang mobil, tentu Anda harus jeli dan teliti saat akan menjatuhkan pilihan untuk mobil incaran Anda. Karena salah-salah, Anda malah mendapatkan mobil dengan kondisi yang tak sesuai dengan ekspektasi Anda. Untuk itu sebagai tambahan informasi, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri mobil yang tak diminati di balai lelang mobil berikut ini.

1.    Mobil Bekas Terendam Banjir

Kondisi mobil sepi peminat di balai lelang mobil adalah mobil yang pernah terendam banjir, mengapa? Karena mobil yang pernah terendam banjir memiliki berbagai kerusakan yang terdapat di bagian dalam mobil. Namun jangan khawatir tertipu karena ternyata mobil yang pernah terendam banjir dapat diketahui dengan mudah, bagaimana cara mengetahuinya?

Ciri-Ciri Mobil Pernah Terendam Banjir

Yang pertama cobalah untuk masuk ke kabin mobil tersebut, jika Anda mencium bau apek seperti aroma lembap atau mungkin malah tercium aroma seperti bau lumpur, Anda patut curiga. Bau apek tersebut muncul karena bekas terendam air banjir yang mengakibatkan munculnya aroma apek serta lembap. Namun jika kabin mobil tersebut berbau wangi yang menyengat dan tidak wajar, Anda juga patut curiga karena mungkin saja wewangian tersebut sengaja disemprotkan untuk menyamarkan bau apek.
Selain dari bau, Anda juga dapat melihat dari kondisi interior mobil. Apakah terdapat lumut atau kerak pada interior mobil tersebut, karena meskipun sudah dibersihkan sebelumnya, lumut dan kerak tetap masih akan meninggalkan bekas. Selain itu, perhatikan komponen mobil yang terbuat dari besi seperti rangka jok. Jika mobil tersebut merupakan mobil keluaran baru dan terlihat mulus pada bagian luar, namun ternyata terdapat karat pada bagian rangka joknya kemungkinan besar mobil tersebut pernah terendam banjir sebelumnya.

2.    Mobil Bekas Kecelakaan

Selain mobil yang pernah terendam banjir, kondisi mobil yang tak diminati di balai lelang mobil adalah mobil yang pernah terlibat dalam kecelakaan. Cara paling mudah yang dapat Anda lakukan adalah memperhatikan dengan seksama bagian bodi mobil, apakah terdapat bekas ketokan atau las pada rangka mobil. Jika ada, kemungkinan besar mobil tersebut pernah mengalami tabrakan atau sejenisnya. Namun masih ada cara lain untuk mengidentifikasi apakah mobil tersebut merupakan mobil bekas kecelakaan atau bukan.

Ciri-Ciri Mobil Bekas Kecelakaan

Anda dapat memperhatikan bagian kaca depan dan belakang mobil. Karena biasanya jika mobil mengalami kecelakaan atau menabrak sesuatu dengan cukup keras, bagian inilah yang paling rawan rusak. Umumnya jika mobil telah melalui penggantian kaca, pemasangan kaca baru pasti tidak akan bisa sesempurna kaca bawaan. Cara mudah untuk mengetahuinya, Anda cukup menyemprotkan air pada bagian kaca, dan jika air merembes melalui celah-celah kaca, maka kemungkinan besar kaca tersebut merupakan kaca baru. Selain itu, perhatikan pula kesimetrisan bodi mobil bekas las atau ketokan. Meskipun telah dipoles sedemikian rupa, lekukan bodi mobil tidak dapat kembali mirip 100% sempurna seperti sedia kala.

3.    Warna Mobil yang Mencolok

Faktor terakhir yang membuat mobil kurang diminati di balai lelang mobil adalah warna mobil yang mencolok dan colourful. Justru warna-warna mobil seperti hitam dan putih malah banyak diminati di pasaran daripada warna-warna mobil yang cerah dan mencolok. Sehingga bagi para pemilik mobil warna-warna mencolok, jangan heran jika mobil Anda kurang laku di pasaran. 

Itulah tadi 3 kondisi mobil yang tak banyak diminati dan kurang laku terjual di balai lelang mobil. Bagi Anda yang ingin membeli maupun menjual mobil, perhatikan dulu 3 hal tersebut ya!