source gambar : popmama.com

Salah satu obat yang termasuk kedalam golongan diuretic yang punya manfaat untuk mengeluarkan cairan yang berlebih dari dalam tubuh dan di keluarkan melalui urin adalah Furosemide. Obat yang satu ini biasanya digunakan untuk mengatasi penumpukan cairan yang ada dalah tubuh, atau bisa juga di gunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Cara obat yang satu ini bekerja yaitu dengan menghalangi penyerapan natrium dalam sel tubulus yang ada pada ginjal, dan bisa juga untuk meningkatkan urine yang di produksi oleh tubuh. Obat yang satu ini bisa dikomsumsi dengan cara diminum dalam bentuk tablet atau di suntikkan langsung ke dalam tubuh.

 

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengkonsumsi Furosemide: 

  • Bagi Anda yang punya riwayat alergi dengan obat ini atau obat yang termasuk golongan sulfa sebaiknya jangan konsumsi Furosemide.
  • Jelaskan kepada dokter jika Anda pernah mengalami riwayat penyakit lupus, gangguan hati, diabetes, pembesaran prostat, ketidakseimbangan elektrolit, asam urat, dan ginjal.
  • Jelaskan juga pada dokter jika Anda pernah melakukan sebuah pemeriksaan yang menyuntikan zat radio aktif langsung kedalam pembuluh darah vena.
  • Jelaskan juga kepada dokter jika anda sendang memiliki rencana untuk hamil, sedang hamil, dan sedang menyusui.
  • Jika Anda sedang mengkonsumsi obat lainnya seperti obat herbal atau sebuah suplemen jangan lupa juga beri tahu dokter.
  • Jika Anda mengalami sebuah reaksi alergi atau bahkan hingga overdosis segera kunjungi dokter.

 

Aturan Pakai dan Dosis Mengkonsumsi Furosemide

Pemberian dosis untuk obat ini pastinya akan berbeda untuk setiap pasien, semuanya akan tergantung dengan kondisi pasien. Semuanya akan di tentukan oleh dokter dan di sesuaikan dengan keluhan yang dirasakan. Obat yang satu ini bisa diberikan dengan cara di minum langsung atau di berikan melalui suntikan. Jika diberikan melalu suntikan obat ini bisa langsung disuntikan ke otot atau ke pembuluh darah. Ini dia beberapa dosis untuk konsumsi obat ini sesuai dengan kondisi yang dialami:

  • Edema (Paru akut)

Bagi orang dewasa yang ada di kondisi ini  bisa mendapatkan suntikan sebanyak 40 mg melalui suntikan IV, nanti dosisnya bisa di tambah jadi 89 mg melalui suntikan IV.

  • Edema ( gagal jantung)

Bagi orang dewasa yang ada di kondisi ini bisa mendapatkan suntikan IM/IV sebanyak 20 -50 mg. bisa juga dalam bentuk tablet yaitu sebanyak 40 mg perharinya. Dosis maksimal yaitu 1500 mg untuk suntikan IM/IV dan 80 mg untuk tablet setiap harinya. Dosis untuk anak yaitu 0,5 sampai 1,5 mg melalui suntikan IM/IV/ dosis maksimalnya 20 mg perhari.

  • Hipertensi/ Darah Tinggi

Bagi orang dewasa yang ada di kondisi ini bisa mengkonsumsi 40-80 mg tiap harinya, obat ini bisa di kombinasikan dengan obat untuk hipertensi. Bagi lansia yang akan mengkonsumsi obat ini sebainya mulai dari makan dosis yang paling rendah, nanti dosisny bisa ditambah bertahap di sesuaikan dengan kondisi.

 

Cara Konsumsi Furosemide

Cara benar mengkonsumsi obat yang satu ini yaitu dengan mengikuti anjuran dari dokter, dan baca juga berbagai informasi yang biasanya ada di kemasan obat. Sebaiknya Anda jangan menambah atau mengurangi dosis obat tanpa melakukan konsultasi. Obat ini bisa Anda konsumsi sebelum atau juga sesudah makan, minumlah obat ini menggunakan air putih. jangan lupa untuk menyimpan obat ini di suhu ruangan saja ya, selain itu hindari obat ini terkena paparan sinar matahari secara langsung.

 

By sartika