Generator portabel adalah peralatan yang sangat berguna. Bagaimana tepatnya Anda memutuskan jenis dan ukuran yang tepat untuk Anda? Tergantung pada penggunaan Anda, ada empat gaya berbeda untuk dipilih. Semua generator mengubah jenis bahan bakar alternatif seperti propana, gas alam, bensin dan solar menjadi listrik. Hal ini memungkinkan penggunaan peralatan, pengisian ulang baterai, atau aktivitas lain yang membutuhkan listrik saat terjadi pemadaman listrik atau saat di tempat yang tidak tersedia listrik. Memiliki generator seperti memiliki pembangkit listrik mini Anda sendiri.

Empat jenis genset yang tersedia antara lain Portable, Standby, Power Take Off (PTO) dan Recreational Vehicle (RV). Masing-masing memiliki ukuran dan keluaran yang berbeda, jadi pilihlah yang paling memenuhi kebutuhan Anda secara keseluruhan.

Generator portabel tersedia dalam tiga gaya berbeda termasuk Rekreasi, Darurat, dan Profesional. Generator Rekreasi sangat bagus untuk tempat perkemahan dan penggunaan sesekali, menggunakan bensin dan watt 1.000 – 3.000. Generator Darurat sangat bagus untuk rumah, penggunaan sporadis, dijalankan dengan gas, LP atau gas alam dan memiliki watt 3.000 – 17.500. Generator Profesional ideal untuk lokasi kerja, penggunaan sehari-hari, menggunakan gas atau solar dan memiliki watt 3.000 – 15.000.

Generator siaga berukuran jauh lebih besar dan dipasang secara permanen di luar rumah atau tempat tinggal yang akan digunakan. Genset ini Genset Inverter 5 KVA terhubung ke saluran gas alam atau propana gedung, yang akan menjalankan mesin di dalam generator. Tiga gaya tersedia dalam jenis generator ini. Home Standby hanya tersedia untuk perumahan, memiliki 7 – 20 kW, mesin berpendingin udara, menggunakan gas alam atau LP, dan dilengkapi dengan sakelar yang disertakan. Generator Whole House adalah perumahan, dengan kemungkinan komersial, 22 – 48 kW, berpendingin cairan, berjalan dengan gas alam atau LP, sakelar dijual terpisah. Generator komersial hanya untuk penggunaan komersial, 22 – 150 kW, berpendingin cairan, menggunakan gas alam, LP atau diesel. Saklar dijual terpisah.

Generator PTO pada dasarnya adalah alternator mewah dan sering digunakan pada traktor. Mereka sempurna untuk digunakan di pertanian dan peternakan. Saat memilih jenis genset ini, ikuti langkah-langkah berikut: pilih ukuran mesin (HP). Cocokkan generator PTO dengan tenaga kuda traktor. Ingatlah bahwa Anda memerlukan 2 HP untuk menghasilkan 1 kW listrik (mesin 50-HP diperlukan untuk menghasilkan daya 25 kW). Selanjutnya, pilih putaran mesin (RPM). 540 atau 1000 rotasi per detik adalah kecepatan khas yang dijalankan oleh poros PTO. Traktor yang lebih baru biasanya berjalan pada kedua kecepatan, namun traktor yang lebih tua hanya dapat berjalan pada satu kecepatan. Terakhir, pilih fase listrik. Dua jenis listrik yang dihasilkan oleh generator PTO, tunggal atau tiga fase. Satu fasa adalah jumlah listrik yang berasal dari stopkontak, sedangkan tiga fasa dibutuhkan sebesar 208 atau 480 volt. Ikuti langkah-langkah di atas dan Anda akan menemukan generator yang sempurna untuk kebutuhan Anda.

Generator RV ditempatkan di dalam kompartemen di luar kendaraan dan dapat mengalirkan tangki gas atau propana yang ada. Tersedia dalam ukuran kecil, kompak atau menengah, generator ini dapat melakukan hal-hal sederhana seperti menjalankan peralatan kecil atau serumit seluruh rumah motor yang keren. Watt bervariasi dari 2kW – 10+ kW, tergantung pada sumber bahan bakar yang digunakan.

By Drajad