general

Daftar Negara Paling Miskin Di Dunia

Summary

Beberapa negara yang memasuki kategori negara-negara termiskin di dunia, adalah negara-negara yang memiliki pendapatan per kapita terendah. Tetapi secara umum, data jarang terkait dengan total pendapatan per kapita suatu negara. Peringkat termiskin di dunia, berdasarkan pada produk domestik bruto (PDB) masing-masing […]

Daftar Negara Paling Miskin Di Dunia
Daftar Negara Paling Miskin Di Dunia

Beberapa negara yang memasuki kategori negara-negara termiskin di dunia, adalah negara-negara yang memiliki pendapatan per kapita terendah. Tetapi secara umum, data jarang terkait dengan total pendapatan per kapita suatu negara. Peringkat termiskin di dunia, berdasarkan pada produk domestik bruto (PDB) masing-masing negara. Berikut adalah 10 dari yang termiskin sesuai dengan data 2015 yang dikumpulkan oleh Finance Global. Semuanya ada di benua Afrika. Berikut ini adalah 10 negara termiskin di dunia dalam kondisi 2015.

Ada banyak negara di dunia. Menurut PBB (PBB), ada 193 negara di seluruh dunia. Dari banyak negara, ada beberapa negara yang diklasifikasikan sebagai yang termiskin. Negara-negara termiskin di dunia biasanya ditentukan oleh Bank Dunia, berdasarkan akuisisi PDB (produk domestik bruto) suatu negara. PDB adalah ukuran populasi suatu negara per hari. Menurut Bank Dunia, jika populasi suatu negara memperoleh pendapatan kurang dari dua dolar (Dolar AS) per hari, maka negara itu diklasifikasikan sebagai negara miskin.

Negara Paling Miskin Di Dunia
Negara Paling Miskin Di Dunia

 

Daftar Negara Paling Miskin Di Dunia

Maka dari itu, untuk mengetahui berapa GDP per kapita negara termiskin di dunia, pada kesempatan kali ini  akan mengulas Daftar Negara Paling Miskin Di Dunia beserta GDP per kapita yang dilansir dari World Population Review, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sudan Selatan

Pertama adalah Sudan Selatan sebagai negara termiskin di dunia. Negara ini sangat masuk akal, jika dikatakan sebagai negara termiskin di dunia, karena memiliki PDB per kapita hanya $ 250. Negara yang baru merdeka pada Juli 2011 dikatakan bahwa itu adalah negara termiskin karena infrastruktur yang diberikan oleh pemerintah sangat buruk. Selain itu, negara ini juga memiliki aktivitas militan yang sangat dipersenjatai.

Di mana, kegiatan yang dilakukan dalam konflik terkait dengan kekuatan kekuasaan di Sudan Selatan berlangsung banyak dan makan banyak korban, yaitu sekitar 300 ribu orang. Keberadaan kegiatan ini memiliki dampak yang cukup negatif, salah satunya di sebelah ekonomi. Oleh karena itu, Sudan Society of the South hanya didasarkan pada sektor pertanian sebagai tulang punggung perekonomian. Kemudian, diketahui bahwa 80 persen dari komunitas Sudan Selatan memiliki pendapatan per hari kurang dari $ 1, untuk memenuhi seluruh hidup mereka.

Republik Afrika Tengah

Negara ini adalah salah satu negara dunia yang paling maju. Negara ini dibebankan selama bertahun-tahun kekerasan sektarian, juga manajemen politik, korupsi, dan kemiskinan yang salah. PDB nominal per kapita pada tahun 2015 adalah yang terendah di dunia, sekitar 380 dolar AS.

Etiopia.

Negara per kapita negara pada tahun 2019 hanya diproyeksikan oleh 1.122 dolar atau rata-rata populasi hidup hanya dengan $ 3 per hari. Meski begitu, negara ini mulai menunjukkan peningkatan ekonomi yang lebih baik. Dia bahkan menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Afrika. Namun, negara ini tetap menjadi negara termiskin di dunia.

Burundi.

Menjadi negara termiskin di dunia kedua, Burundi memiliki PDB per kapita sebesar $ 312. Negara-negara yang dikenal sebagai korupsi, perang berkepanjangan, ketidaktahuan dan penyebaran virus HIV ini, pada kenyataannya telah menjadi negara merdeka dari abad ke-16.

Meski begitu, Burundi dikurung dalam Perang Sipil yang terjadi karena perselisihan politik. Penampilan perang saudara membutuhkan banyak korban, yaitu 300 ribu warga sipil. Tidak hanya itu, sekitar 67 persen populasi hidup dalam kemiskinan.

Republik Demokratik Kongo

Konflik tidak berhenti untuk mencegah perkembangan politik, kelembagaan dan ekonomi negara ini. PDB nominal per kapita diperkirakan hanya $ 435 dolar AS pada tahun 2015.

Haiti

PDB per kapita negara ini hanya $ 920. Populasi negara ini berjumlah 10,4 juta. Bahkan, 6 juta warga Haiti hidup di bawah garis kemiskinan, di mana mereka hanya hidup dengan $ 2,41 per hari. Selain itu, lebih dari 2,5 juta warga Haiti hidup di bawah garis kemiskinan ekstrem, di mana mereka hanya hidup dengan $ 1,23 per hari. Haiti juga sangat rentan terhadap iklim ekstrem dan bencana alam, dan 90% dari populasi negara ini terancam sesuai dengan Bank Dunia.

Malawi.

Negara termiskin ketiga di dunia ketiga adalah Malawi. Negara-negara yang memiliki populasi hingga 19 juta orang, pada kenyataannya, sejauh ini masih percaya pada cara berbicara primitif sebagai salah satu mata pencaharian mereka.

Tentu saja, cara pertanian yang digunakan sangat rentan terhadap iklim. Karena, jika iklimnya buruk, hasil petani juga memiliki risiko kegagalan dalam tanaman. Selain itu, kemiskinan negara ini juga diamati dari fasilitas pendidikan dan kesehatan yang tidak memenuhi syarat.

Liberia

Lieberia masih menderita perang saudara yang berusia 20 tahun yang meninggalkan negara itu dalam keadaan hancur. Sehingga ekonominya tetap lemah, meskipun dalam beberapa bulan terakhir ada perbaikan. Kemiskinan ada di mana-mana, juga buta huruf dan korupsi memperburuk standar hidup. PDB per kapita nominal diperkirakan 484 dolar AS pada tahun 2015.

Yaman

Yaman didedikasikan untuk memiliki PDB per kapita sebesar $ 913 pada 2019. Yaman masih mengalami krisis kemanusiaan yang serius karena perang saudara. Untuk negara ini untuk dimasukkan dalam daftar negara-negara termiskin di dunia. Faktanya, layanan publik di seluruh negara bagian dalam bentuk kehancuran, karena setengah dari populasi hidup di daerah yang terkena dampak konflik langsung. Yaman juga menghadapi rasa lapar terburuk dalam satu abad menurut PBB.

Mozambik

Selain dua negara sebelumnya, Mozambik juga ternyata menjadi negara termiskin di dunia. Negara-negara independen dari koloni Portugis pada tahun 1975 dikenal sebagai produsen aluminium dan sektor pariwisata. Meski begitu, negara termiskin di dunia memiliki masalah dengan ketersediaan air bersih. Selain itu, jumlah korupsi yang terjadi di negara ini, menyebabkan Mozambik berhutang budi dengan nominal yang cukup besar. Kemudian, tidak mengherankan bahwa Mozambik memiliki PDB di bawah per kapita, yang hanya $ 521.

Niger

Industri ekstraktif dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi kontributor besar bagi pembangunan ekonomi. Tetapi kebijakan Niger tetap labil. Lembaga negara lemah dan bergantung secara finansial pada donor. Nominal PDB per kapita pada tahun 2015 diperkirakan mencapai US $ 469.

Tayikistan.

Tajikistan memenangkan kemerdekaannya setelah jatuh ke Uni Soviet. Namun, tak lama setelah itu, Perang Saudara berlangsung lima tahun hingga 1997. Sejak itu, stabilitas politik dan bantuan asing telah membuat ekonomi negara ini tumbuh sedikit dan mengurangi kemiskinan yang luar biasa. PDB per kapita negara ini diproyeksikan $ 861 pada 2019. Artinya, pendapatan negara tergantung per hari adalah 2,3 dolly.

Somalia.

Negara kelima yang menjadi negara termiskin di dunia adalah Somalia. Negara ini yang memiliki PDB per kapita sebesar $ 525, memiliki masalah dengan kesejahteraan warganya. Sebab, Somalia dikenal sebagai negara dengan kekurangan makanan tertinggi.

Di mana, sering ditemukan bahwa banyak dari Somalia berbaring lapar yang disebabkan oleh sifat manusia dan tindakan manusia. Selain itu, negara ini juga dianggap sebagai negara yang sangat berbahaya untuk digunakan sebagai lokasi tempat tinggal, karena kegiatan bajak laut dan terorisme sangat tinggi.

Eritrea.

Meskipun sektor pertambangan cukup menjanjikan, Eritrea menderita di bawah salah satu pemerintah yang paling represif di dunia. Melawan negara itu, PBB meninggalkan sanksi, sehingga ribuan warga melarikan diri setiap tahun. Kemiskinan meluas secara luas dan kapabilitas pembelian (KKB) per kapita pada tahun 2015 diperkirakan hanya $ 1.200.

Uganda.

Negara per kapita negara hanya $ 759 atau sekitar 2,1 dolar per hari pada tahun 2019. Dari konflik bersenjata pada tahun 1986, negara itu terus memaksakan serangkaian reformasi ekonomi. Tetapi program ini tidak dieksekusi tanpa masalah karena tidak kompatibel dengan beberapa faktor.