Ketika si ia sudah melamar dan acara pertunangan sudah dilaksanakan, artinya kau sudah semestinya langsung siap-siap to the next preparation! Mungkin kau keder semestinya mulai dari mana, apa dulu yang dilaksanakan, sampai gimana cara menciptakan semua cita-cita pernikahan kalian. Sangking bingungnya akibatnya kau bahkan panik. Melainkan hening, Sputnik dapat jadi wedding guide kalian dalam menemukan ide pernikahan, sampai step-step apa saja yang perlu dilaksanakan.

Menghasilkan hari pernikahan memang rasanya campur aduk, ya kan! Mulai dari exciting sendiri, keder, jadi mudah sensi sebab terlalu banyak worry, ditambah drama dadakan yang tiba-tiba muncul. Untuk menghindari hal-hal yang tertinggal dalam pelaksanaan persiapan pernikahan karenanya berikut ini punya contekan persiapan pernikahan untuk kalian bride-to-be, so check this out…

Memutuskan Tanggal dan Budget Pernikahan

Hal pertama sekali ialah tentukan tanggal pernikahan kalian. Kalian akan susah melangkah untuk booking tempat pernikahan maupun vendor sana sini kalau belum menemukan tanggal fix pernikahan. Sebab untuk dapat tahu vendor pernikahan yang kau inginkan dapat atau tak membantu kalian, tentunya melalui tanggal pernikahan.

Persiapan pernikahan lainnya yang perlu kau siapkan semenjak awal ialah budget pernikahan. Budget pernikahan jangan disepelekan loh! Budget menjadi hal yang sensitif antar calon pengantin dan juga kedua keluarga.

Sputnik memberi masukan agar kau berdua menjalin komunikasi yang bagus untuk urusan budget, keterbukaan dalam budget pernikahan akan lebih mempermudah persiapan pernikahan kalian. Jika budget sudah kalian kantongi, tinggal membagi masing-masing pos pengeluaran vendor pernikahan.

Agar kalian tak over budget, sebaiknya tentukan jumlah keseluruhan acara persiapan pernikahan kalian dibawah jumlah budget yang kalian punya. Hal ini mengantisipasi perbedaan harga maupun kebutuhan tambahan persiapan pernikahan kalian.

Konsep

Sesudah permasalahan budget persiapan pernikahan selesai, lanjut lagi untuk memutuskan konsep acara. Terus konsep ini datang dari mana sih, yang pasti datang dari kemauan atau cita-cita pernikahan yang dijadikan. Artinya kalian semestinya tahu apa yang kalian inginkan.

Setidaknya kau tahu konsep apa yang diinginkan, apakah itu formal, semi formal, maupun yang santai tetapi intimate. Sesudah itu  benar-benar dimulai untuk mencari konsep persiapan pernikahan yang lebih terperinci.

Inspirasi persiapan pernikahan apalagi sebuah konsep acara dapat kau liat dari bermacam sosial media, laman pernikahan, sampai ulasan pernikahan yang menurut kau memiliki daya tarik untuk menjadi ide.

Brainstorming konsep Persiapan Pernikahan sungguh-sungguh sungguh-sungguh diperlukan, kau semestinya rajin-rajin searching laman pernikahan termasuk ulasan perihal pernikahan.

Catering

catering atau F&B ialah pos budget pernikahan yang terbesar dalam pengeluaran sebuah pesta pernikahan. Untuk itu, catering akan sungguh-sungguh berpengaruh dengan jumlah undangan kalian. Jadi sebelum kalian memutuskan vendor catering pernikahan yang ideal, sebaiknya ketahui dulu jumlah tetamu undangan kalian.

Kiat yang kedua ialah, arrange waktu yang ideal bersama pasangan dan keluarga untuk dapat mencicipi menu makanannya. Test food sangatlah berpengaruh, ngga mau kan sudah bayar banyak untuk catering tetapi akibatnya tak layak. Jadi sebaiknya pakai waktu kosong untuk dapat langsung mencicipi tiap-tiap menu yang menjadi andalan maupun menu gubukannya.

Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan pihak marketing catering, sebab catering service yang berpengalaman akan memberikan solusi yang bagus dalam memutuskan jumlah porsi yang ideal.

MUA & Wedding Attire

Berharap kelihatan anggun dan memperoleh kebanggaan dari tetamu undangan pasti menjadi wedding goal para bride-to-be jadi jangan sampai MUA yang kalian inginkan full booked, sebab umumnya MUA sungguh-sungguh mengendalikan jumlah klien yang ia terima dalam sehari.

Wedding attire juga akan memberikan sentuhan magical dengan penampilan kalian from head to toe. Progres pengerjannya yang memakan waktu kira-kira 3-4 bulan ini sebaiknya kau persiapkan dengan bagus. Mulai dari konsultasi dengan designer, ukur badan, dan yang terakhir ialah fitting baju. Jangan sampai kalian terburu-buru ya, nanti akibatnya bahkan ngga optimal jadi sayangkan baju pernikahan kalian.

Wedding attire umumnya ngga hanya cuman perihal bride & groom tetapi ada ayah dan bunda dan saudara kandung, jadi kebayangkan kalau kau ngga mempersiapkannya semenjak awal.

Dekorasi

Dekorasi pernikahan dapat menyulap seisi ruang tempat pernikahan menjadi cantik. Jadi persiapkan dekorasi pernikahan kalian layak tema dan konsep pernikahan. Sputnik sungguh-sungguh memberi masukan kalian membuat wedding mood boards untuk mempermudah persiapan pernikahan kalian khusus dekorasi.

Wedding mood boards juga akan memutuskan color palette dekorasi yang layak dengan tema pernikahan kalian. Jadi maksimalkan mencari ide sebanyak mungkin ya persiapan pernikahan yang ini!

Lihat juga : Simak Kiat Sewa Tena Pernikahan

Wedding Photography

Mengabadikan peristiwa pernikahan ialah hal sungguh-sungguh semestinya. Mulai dari foto prewedding sampai wedding photography. Sebab sesudah acara usai satu-satunya yang dapat kalian kenang hanyalah dokumentasi. Jadi, benar-benar pilih fotografer yang profesional untuk mengabadikan banyak peristiwa penuh emosionil di hari spesial kalian ya.

Undangan

Pilih undangan yang layak dengan konsep acara dan budget kau, saat ini sudah banyak yang menggunakan design online untuk lebih menghemat budget ditambah lagi mencetakan undangan tak perlu banyak-banyak sebab jaman kini undangan dapat dikirim melalui e-invitation. Melainkan, cepat, dan efisien kan!

Souvenir

Sebagai pertanda terimakasih untuk tetamu undangan yang sudah datang ke acara pernikahan kalian, berikan souvenir yang berkesan. Melainkan ingat ya, souvenir ngga semestinya mahal dan yang pasti jangan sampi over budget. Sebab saat ini sudah banyak juga cara DIY souvenir pernikahan. Sputnik memberi masukan berilah wedding souvenir yang berguna dan dapat diterapkan.

By roket