Cara terbaik menghemat Konsumsi BBM mobil anda

Masalah harga BBM yang terus naik membuat pusing bagi orang yang memiliki mobil pribadi. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan layanan rental mobil Jakarta timur dari stepdan’t rent car ataupun mengikuti panduan yang akan kami ulas dibawah ini.

stepdantrentcar.com Cara terbaik menghemat Konsumsi BBM mobil anda

Rumor kenaikan harga BBM jadi tema paling hangat belakangan ini. Bermacam reaksi kontra dan pro ramai memberi warna bermacam sumber informasi di Indonesia. Peningkatan harga BBM bersubsidi untuk premium dan solar, tentu saja akan menambahkan anggaran pengeluaran Anda untuk berbelanja BBM.

Bagaimanakah cara mengakali supaya mobil masih irit bahan bakar? Baca panduan hemat BBM di bawah ini.

Rajin service periodik

Sebaiknya Anda tidak menahan-nahan waktu service periodik kendaraan. Ini bisa berpengaruh pada performa mesin yang berat hingga konsumsi bahan bakar bertambah boros. Tidak disiplin lakukan service Periodik, sama juga dengan percepat kerusakan kendaraan.

Tukar filter dengan teratur

Dengan rajin menukar filter mobil seperti penyaring udara, bahan bakar, dan oli sesuai yang tertera dalam manual kendaraan. Ini perlu dikerjakan untuk menahan menyanggaknya pengendapan kotoran pada mesin. Merujuk pada tutorial ringkas, oli dan filter harus ditukar tiap 4.000 mil (6.400 km) jika memakai oli mesin konservatif dan tiap 6.000 mil (9.600 km) jika memakai oli mesin sintetis. Bila tidak ditukar dengan teratur, tentu saja bisa berpengaruh pada berkurangnya perform mesin yang membuat konsumsi bahan bakar bertambah banyak.

Menjaga mekanisme AC mobil

Mekanisme AC benar-benar punya pengaruh pada konsumsi bahan bakar, apa lagi di Indonesia kita nyaris tidak dapat terlepas dari AC. Oleh karenanya, Anda harus rajin memerhatikan keadaan AC. Mekanisme AC yang tidak bagus, misalkan kurang dingin, akan membuat Anda mengendalikan tingkat dingin udara sampai optimal, yang malah menambahkan beban kerja mesin compressor.

Periksan Ban

Walaupun ada dibagian paling bawah mobil, bukan bermakna keadaan ban dapat diacuhkan. Factor desakan angin ban rupanya punya pengaruh pada daya serap bahan bakar. Ban yang desakan anginnya kurang membuat mesin harus menggerakkan lebih keras dan berarti mesin harus “minum” semakin banyak bensin supaya kuat menggerakkan gerakan roda ban.

Pokoknya, rajin-rajinlah Anda dalam memerhatikan “kesehatan” mobil supaya tak perlu mengambil kantong lebih dalam untuk isi BBM. Baik Mobil individu atau mobil operasional kantor yang dicarter dari faksi ke-3 , seharusnya Anda masih disiplin dalam lakukan perawatan dan service periodik untuk keselamatan dan kenyamanan mengemudi.