Cara Memilih Oli Untuk Motor Matic – Buat kamu yang memiliki motor matic khususnya perawatan kendaraan ini memang perlu diperhatikan dengan baik, supaya kinerja mesin tetap bandel.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dan tidak boleh sembarangan adalah dalam memilih oli untuk motor matic, sebab ini akan berpengaruh terhadap performa mesin.

Fungsi oli ini sebagai pelumas pada komponen di kendaraan supaya mesin motor bisa berfungsi optimal dan tidak ada gangguan.

Pelumas ini memiliki peranan yang penting dalam mencegah proses terjadinya karatan atau korosi pada komponen kendaraan bermotor.

Oli juga memiliki peranan yang penting dalam perpindahan transmisi pada gigi motor matic.

 

Baca Juga : Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia

 

Oli untuk motor matic dan motor manual jelas berbeda, perbedaan yang mencolok diantaranya dilihat dari kekentalan pelumas atau oli tersebut.

Untuk motor matic kekentalan oli lebih kental bila dibandingkan dengan oli motor manual, sebab pada motor manual temperatur mesin lebih tinggi jadi lebih tahan dalam penguapan.

Pelumas pada motor matic hanya digunakan untuk perpindahan gigi atau transmisi berbeda pada motor manual, oli ini dipakai untuk melumasi komponen motor.

Supaya kamu tidak salah dalam memilih jenis oli, dibawah ini ada cara yang sederhana untuk memilih oli terbaik bagi motor kamu.

 

4 Cara Memilih Oli Motor Matic Yang Terbaik

Dibawah ini ada beberapa tips sederhana dalam memilih jenis oli untuk motor matic, berikut diantaranya :

 

1. Pilihlah Oli Yang Berstandar API

American Petroleum Institute atau API adalah lembaga khusus untuk pengujian oli yang ada di dunia.

API mengeluarkan kode-kode untuk mengklasifikasikan nilai yang dibedakan berdasarkan pada jenis bahan bakar yang digunakan mesin.

Contohnya untuk mesin yang memakai bahan diesel diberi kode huruf “C” yang diletakan pada belang kode API.

Dan untuk kode huruf “S” di labeli untuk mesin yang menggunakan bensin.

Untuk oli yang sudah mempunyai kode standar dari API ini pastinya memiliki kualitas yang baik bagi mesin motor matic kesangan kamu.

 

2. Kekentalan Oli Harus Sesuai

Pada motor matic kekentalan oli ini sangat penting dan sangat berpengaruh, sebab motor matic mempunyai mesin yang kecil.

Dengan putaran mesin yang tinggi jadi lebih mudah panas mesinnya, oleh karena itu kekentalan oli sangat penting agar bisa mendinginkan mesin.

Kamu bisa memilih olih yang memiliki kekentalan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan mesin motor matic kamu.

Kamu bisa dengan mudah menentukan kekentalan yang sesuai dengan motor matic kamu, yaitu dengan cara melihat di buku manual kendaraan kamu, disana terdapat kode SAE dan kamu cocokan dengan informasi di kemasan oli tentang SAE tersebut.

 

3. Pilih Oli Berstandar JASO

Japanse Automobile Standart Organization atau JASO adalah suatu lembaga yang mengeluarkan rating atau nilai untuk oli, dalam memenuhi kebutuhan pelumas bagi kendaraan bermotor yang diproduksi oleh Jepang.

Standar JASO ini dipakai untuk bisa mengetahui level dari kandungan pospor pada pelumas atau oli.

Pada JASO ini oli di kategorikan menjadi 2 jenis berdasarkan dari gesekan mesin, pertama oli yang pada kemasannya terdapat label JASO MA, dipakai untuk kendaraan bermotor yang menggunakan kopling basah, misalnya type sport dan cub.

Yang keda JASO MB, label ini digunakan untuk kendaraan bermotor yang memiliki gesekan mesin rendah misalnya motor matic.

Jadi buat kamu yang menggunakan motor matic pilihlan oli yang berstandar JASO MB, informasi tersebut bisa dilihat di kemasan oli.

 

4. Pilih Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips terakhir dalam memilih jenis oli adalah dengan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kendaraan dan juga rutinitas kendaraan yang kamu pakai dalam keseharian.

Bila kendaraan kamu sering digunakan dan sering terjebak kemacetan lalu lintas dan motor kamu sering berhenti, maka rekomendasi oli yang memiliki kandungan zat adiktif yang direkomendasikan.

 

Jadi buat kamu yang mempunyai motor type matic di rekomendasikan memilih jenis oli yang sudah berstandar JASO MB, info tersebut ada di kemasan oli, jadi kamu cek terlebih dahulu sebelum membeli oli untuk motor matic.