Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Yang Wajib Anda Tahu

Summary

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia karena rasanya tak ada manusia yang bisa hidup tanpa jantung, meskipun ada tentu membutuhkan peralatan canggih untuk membantu membuatnya terus hidup di dunia. Sebut saja Stan Larkin, Craig Lewis, dan Jakub Halik, tiga […]

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Yang Wajib Anda Tahu

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia karena rasanya tak ada manusia yang bisa hidup tanpa jantung, meskipun ada tentu membutuhkan peralatan canggih untuk membantu membuatnya terus hidup di dunia. Sebut saja Stan Larkin, Craig Lewis, dan Jakub Halik, tiga manusia yang mampu bertahan hidup tanpa jantung. Namun tentu kita akan lebih memilih memiliki jantung yang sehat bukan? Lantas bagaimana cara agar jantung selalu sehat? Simak beberapa tips dan cara menjaga kesehatan jantung berikut.

Tips menjaga kesehatan jantung

  1. Buang jauh-jauh keinginan untuk merokok!

Rokok merupakan pembunuh yang nyata karena bermacam-macam racun yang ada pada rokok seperti nikotin, aseton, amonia, arsenik, kadmium, formaldehida, tar, karbon monoksida, benzena hingga hidrogen sianida, bisa mengakibatkan naiknya tekanan darah dan mengakibatkan rusaknya pembuluh darah. Organ jantung tentu juga akan terkena dampak buruk dari rokok, untuk itu jika ingin agar jantung sehat maka jangan merokok.

  1. Mengontrol stres

Salah satu faktor penyebab terjadinya masalah kesehatan jantung adalah tingkat stres seseorang. Jika kondisi pikiran atau mental sering berada dalam posisi tegang maka secara tak langsung akan mempengaruhi kesehatan jantung. Tingkat stres yang tinggi akan membuat kerja jantung menjadi tidak normal, jika terus menerus terjadi maka jantung akan menjadi tidak sehat.

  1. Banyak minum air putih

Meski sepele, dengan minum banyak air putih memang terbukti mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Jaga kondisi tubuh agar kebutuhan cairan selalu tercukupi, pastikan minum air putih minimal 2 liter setiap hari.

  1. perbanyak makan sayur dan buah

Dengan mengkonsumsi sayur dan buah akan membuat badan semaki sehat, karena buah dan sayur mengandung nutri dan serat yang baik untuk menjaga kesehatan.

Makanan untuk kesehatan jantung

  1. Oatmeal

Untuk membantu menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan mengonsumsi semangkuk oatmeal hangat secara rutin. Kandungan serat gandum pada oatmeal mampu menurunkan kolsterol jahat atau LDL dalam tubuh sehingga mampu membantu menjaga kesehatan jantung.

  1. Jeruk

Selain rasanya yang menyegarkan ternyata jeruk juga sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan jantung. Serat pektin yang terdapat pada jeruk mampu menangkal kolesterol sehingga akan sangat bagus untuk kesehatan jantung.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan mengakibatkan meroketnya gula darah. Selain itu, ubi jalar juga kaya akan kandungan likopen, vitamin A dan juga serat yang sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh termasuk organ jantung.

  1. Kacang kenari

cara menjaga kesehatan jantung bidangan cara mengkonsumsi Kacang kenari karena mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, misalnya saja seperti serat, sterol, lemak sehat, dan juga omega 3. Dengan rutin mengkonsumsi kecang kenari tentu saja akan sangat membantu menjaga kesehatan jantung.