Cara Mengecilkan Perut Dengan Lakukan Olahraga Di Rumah

13 Faktor Penyebab Perut Buncit yang Jarang Banget Orang Tahu

 

Memiliki masalah perut yang buncit, tentu terkadang membuat sebagian orang tidak percaya diri. Terutama bagi kaum hawa yang mendambakan memiliki perut ramping, tentunya ini menjadi masalah yang cukup memusingkan. Namun anda tak perlu khawatir, tumpukan lemak di bagian tersebut bisa anda hancurkan dengan berbagai gerakan olahraga. Tak perlu lakukan olahraga yang sulit, anda bisa mencoba berbagai olahraga simple dibawah ini di rumah saat memiliki waktu luang

Sit Up

Gerakan sit up bisa menjadi olahraga simple yang dicoba di rumah sebagai cara mengecilkan perut buncit. Tujuang olahraga ini adalah melatih kekuatan otot untuk memperkuat dan mengencangkan otot perut. Jika anda rutin melakukannya, ini akan sangat ampuh membakar lemak di bagian perut asalkan dilakukan dengan cara yang benar.

  • Anda bisa menggunakan matras atau berbaring saja di lantai
  • Tekan lutut dengan posisi telapak kaki menapak di alas atau juga tertekuk menggantung di udara
  • Posisikan lengan menyilang di depan dada atau juga bisa ditempatkan di belakang kepala
  • Angkat bahu ke arah langit langit dengan menggunakan otot perut, setelah itu berhenti ketika hampir agak keatas
  • Penting untuk diperhatikan agar tidak mengangkat seluruh punggung dari alas. Ini bisa menyebabkan otot punggung tertarik dan berakibat cedera
  • Setelah itu posisikan kembali tubuh menjadi berbaring, ulangi Langkah diatas beberapa kali

Lompat Tali

Ingin mengecilkan perut namun malas untuk berolahraga di luar rumah, mungkin anda bisa mencoba olahraga jumping atau lompat tali. Cara mengecilkan perut ini bisa anda coba di dalam ruangan dengan alat minimalis. Bukan hanya efektif untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan lemak di perut, namun olahraga ini juga membantu meningkatkan Kesehatan jantung dan paru-paru.

Menurut sebuah penelitian, melakukan lompat tali selama 30 menit dapat membakar kalori sebanyak 500 kalori. Jika anda tidak terlalu kuat untuk melakukan lompat tali terus menerus selama 30 menit. Mungkin anda bisa melakukan selama 1 menit dan kemudian istirahat 20-30 detik. Kemudian ulangi lagi sampai waktu yang ditentukan.

Plank

Bukan hanya membantu membentuk dan mengencangkan otot bagian perut, namun cara mengecilkan perut ini dapat melatih kekuatan otot lengan, bahu, dan paha bagian depan. Gerakan plank diawali dengan memposisikan tubuh telungkup atau lurus menghadap lantai dan posisi lengan di samping badan serta siku yang tertekuk. Kemudian kencangkan otot bagian perut dengan mengangkat badan dan gunakan tumpuan lengan bawah dan jari kaki. Pastikan kepala punggung dan tumir di satu garis lurus. Tahan posisi ini hingga 20-30 detik dan istirahat. Kemudian ulangi gerakan ini beberapa kali.

Yoga

Banyak orang yang mengira jika yoga hanya bertujuan untuk meredakan stress dan membuat badan serta pikiran lebih rileks. Namun yoga juga membantu membakar lemak di perut dan mengecilkan perut. Cara mengecilkan perut ini bisa dilakukan dibawah pengawasan instruktur yoga atau anda bisa mengikuti kelas yoga di rumah. Selain membantu membakar kalori, gerakan yoga yang dilakukan dengan benar dan rutin juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan berenergi dan mengontrol makan yang berlebih.

Bersepeda

Jika umumnya bersepeda hanya bisa dilakukan diluar ruangan, namun anda juga bisa mencoba cara mengecilkan perut ini dengan bantuan alat kardio sepeda statis. Meskipun melakukannya di dalam ruangan, namun manfaat yang anda dapatkan tetaplah sama. Menurut penelitian yang dilakukan di Harvard Health, mencatat jika seseorang dengan kondisi berat badan 70 kg dan melakukan bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan 19-22km/jam bisa membakar kalori sebanyak 260 kal. Manfaat yang didapatkan lainnya dari bersepeda bukan hanya baik untuk membakar lemak berlebih namun juga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan menghindari resiko penyakit jantung dan kanker.

Meskipun sedang di rumah, bukan berarti anda tidak bisa berolahraga dan membakar kalori untuk mengecilkan perut. Lakukan cara mengecilkan perut diatas secara konsisten dan imbangi dengan makanan bergizi.