Keyboard merupakan salah satu fungsi utama dari sebuah ponsel pintar dan memegang peranan penting.

Kita sering menggunakan keyboard di hp android untuk memasukkan pesan di aplikasi chat, seperti whatsapp, line, dm instagram, facebook messenger, dll. Jadi jika keyboard ponsel Android tidak dapat digunakan, Anda harus segera memperbaikinya.

Ada banyak penyebab kenapa keyboard di hp android tidak muncul dan errornya hilang secara tiba-tiba.

Cara Mengatasi Keyboard Android Hilang

Dari pesan error “Sayangnya, keyboard telah berhenti” hingga keyboard yang tidak ingin saya tampilkan karena error, tiba-tiba menghilang.

Ada beberapa cara untuk mengatasi kesalahan keyboard. Anda dapat mencobanya dengan membaca komentar di bawah.

  1. Stop & Hapus Data Keyboard

Hal pertama yang dapat Anda coba adalah menghentikan dan menghapus data pada aplikasi keyboard. Dengan melakukan ini, Anda akan menghapus cache aplikasi keyboard.

Cara ini merupakan cara yang pertama karena sudah terbukti dapat mengatasi error atau hilang keyboard hp android. Pasalnya, setelah menghapus data, keyboard di ponsel Android akan dikembalikan ke pengaturan default atau nilai default awal.

  1. Pertama buka menu setting atau setting di hp android.
  2. Masuk ke menu aplikasi untuk mengatur semua aplikasi di HP.
  3. Temukan dan pilih aplikasi keyboard di ponsel Anda.
  4. Terakhir, klik opsi Hapus Data.
  5. Selesai.

 

  1. Pasang Aplikasi Keyboard di Play Store

Cara kedua untuk memperbaiki keyboard HP Android yang hilang adalah dengan menginstal aplikasi keyboard lain melalui Google Play Store. Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mengganti aplikasi keyboard default di ponsel Android Anda.

Di Google Play store, ada banyak aplikasi yang dapat memberikan Anda keyboard yang tidak kalah dengan keyboard bawaan ponsel Android.

Anda hanya perlu memasukkan kata keyboard di pencarian google play store. Kemudian semua opsi aplikasi keyboard Android yang tersedia untuk Anda akan muncul.

  1. Restart Smartphone

Jika baik cara pertama maupun cara kedua tidak menyelesaikan keyboard HP Android Anda yang hilang, harap kembalikan ke normal. Anda bisa menggunakan cara ketiga, yaitu restart atau restart ponsel Android Anda.

Dengan cara ini, masalah keyboard hp yang tidak muncul bisa berfungsi normal kembali.

  1. Kembalikan ke Pengaturan Awal

Cara terakhir untuk mengatasi keyboard android yang tidak diinginkan dan error adalah dengan mengembalikan hp android ke pengaturan awal. Metode ini akan mengembalikan ponsel android Anda ke pengaturan awal atau default pabrik.

Cara ini merupakan cara pamungkas, karena akan membuat ponsel Anda terlihat baru kembali.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi keyboard HP Android yang tiba-tiba hilang error, tidak mau muncul dan mengeluarkan pesan “Sayangnya keyboard telah berhenti”.