Cara Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi Dengan Gampang

Saat ini sertifikat vaksin sudah banyak digunakan untuk berbagai kepentingan dan juga dalam segala bidang, tak terkecuali pada fasilitas umum sendiri. Maka dari itu apabila anda sudah melakukan vaksin maka anda harus mengetahui sertivikat vaksin anda tersebut.

Hal ini tak lain agar anda bisa mendapatkan layanan transportasi   umum, masuk ke tempat peribadatan, berbelanja di pusat perbelanjaan, hingga berbagai macam layanan yang lain.

Nah maka dari itu anda perlu menunjukkan keterangan bahwa diri anda sudah sehat dan juga menunjukkan bukti sertifikat vaksin milik anda untuk bisa mendapatkan pelayanan tersebut.

Agar nantinya anda bisa memperoleh fasilitas yang telah dijelaskan di atas tadi maka anda harus menunjukkan sertifikat vaksin anda kepada petugas sebelum masuk ke fasilitas tersebut. Di mana nantinya petugas tersebut akan memindai qr code dari sertifikat vaksin anda.

Nantinya hasil dari pemindaian tersebut akan menunjukkan status dari kesehatan anda sendiri. Nah ini dia status kesehatan yang dimaksudkan, pertama warna hijau yang menunjukkan bahwa anda sudah melakukan vaksin yang ke dua, tidak terjangkit covid 19, dan juga tidak melakukan kontak erat terhadap pasien pengidap covid.

Ke dua, yaitu warna kuning yang mana anda baru saja melakukan vaksinasi pada tahap pertama saja. Sedangkan yang terakhir yaitu warna merah yang mana anda belum pernah melakukan vaksin sama sekali. Selain itu anda juga dikatakan sedang berada dalam kondisi positif covid 19 maupun mempunyai kontak yang erat terhadap orang yang mengidap covid 19.

Nah, agar nantinya anda bisa mengetahui bagaimana status kesehatan anda sendiri, pastinya anda harus melakukan cek sertifikat vaksin tersebut.  Untuk caranya sendiri bisa dilakukan melalui website maupun aplikasi.

Cara Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi Melalui Website

Dikutip melalui laman resmi Zine.id, Apabila anda ingin mengecek menggunakan website maka perangkat yang anda butuhkan yaitu berupa tablet/ ponsel/ laptop/ komputer saja dengan bantuan koneksi internet atau wifi.

Setelah itu anda hanya perlu membuka browser pada perangkat anda tersebut. Jika sudah kemudian buka situs resmi dari pedulilindungi sendiri yaitu https://www.pedulilindungi.id/.

Apabila anda sudah mempunyai akun di pedulilindungi maka anda pun hanya tinggal login atau masuk di dalam situs website tersebut. Namun apabila anda belum mempunyai akun di pedulilindungi maka mau tak mau anda pun harus melakukan pendaftaran atau registrasi terlebih dahulu.

Caranya sendiri sangatlah mudah yaitu anda hanya perlu mengisi nama lengkap yang sesuai dengan ktp, setelah itu anda akan diminta untuk mengisi nomor telepon maupun email.

Jika sudah maka anda tinggal mengeklik nama akun anda pada bagian pojok paling kanan atas. Setelah itu anda tinggal mengeklik pilihan sertifikat vaksin. Jika sudah maka anda tinggal mengisi nama dan juga nik dengan cara membuka gemboknya terlebih dahulu. Selesai sertifikat vaksin pun akan muncul.

Cara Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi Melalui Aplikasi

Untuk membuka sertifikat vaksin tersebut melalui aplikasi maka anda harus mengunduhnya terlebih dahulu untuk bisa menjalankannya. Caranya sendiri sangat gampang karena persis seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya yaitu cara cek sertifikat vaksin di pedulilindungi melalui website.

Jika nantinya kunci gembok yang ada di aplikasi tidak dapat dibuka maka anda bisa mengeklik menu riwayat dan tiket vaksin lalu kembali ke sertifikat vaksin. Dengan begitu anda pun bisa mengisikan nik anda tersebut untuk melihat hasil sertifikat vaksin. Selesai anda pun tinggal menyimpannya di perangkat anda.

Sumber Berita : Zine Id