Menjadi salah satu perhiasan yang memiliki harga fantastis, kalung berlian elegan dan mewah menjadi perhiasan yang banyak dicari tak hanya untuk memperindah penampilan namun juga bisa digunakan untuk investasi.

Cara Cek Kalung Berlian Asli Atau Palsu, Ini Ciri-Cirinya!

Namun sayangnya saat ini dipasaran banyak yang menjual berlian. Jika Anda tidak mau rugi, maka ketahui cara cek kalung berlian yang asli dan ciri-cirinya.

Ciri-Ciri Kalung Berlian Asli

Sebenarnya untuk mengetahui suatu berlian asli atau tidaknya tidak sulit untuk dilihat. Apalagi jika Anda sudah sering membeli perhiasan ini. Lebih mudahnya keaslian berlian bisa dilihat dari karakteristiknya.

Berikut ciri-ciri kalung berlian asli yang harus Anda ketahui sebelum Anda membelinya:

1. Tidak Mudah Pecah

Berlian yang asli sudah pasti terlihat dari kekuatannya. Logan berlian terkenal sebagai logam terkuat dan tidak mudah pecah bahkan saat terjatuh ataupun terbentur benda keras. Jika Anda membeli berlian namun saat jatuh mudah pecah dapat dipastikan berlian itu palsu.

2. Refleksi Cahaya

Berlian yang asli akan memiliki fitur untuk merefleksikan cahaya, baik dari manapun cahaya tersebut masuk atau sedang diuji. Biasanya cara ini bisa dilakukan dengan di senter. Sinar senter ini jika terkena ke berlian asli akan menyebabkan berlian berkilau.

3. Menyerap Panas

Selanjutnya ciri-ciri berlian yang asli tidak akan memanas oleh api. Jadi, jika berlian asli terkena panas bahkan dalam waktu yang lama, maka berlian tidak terasa panas, bahkan tetap dingin.

Berbeda dengan berlian yang palsu, pasti saat dipanaskan berlian tersebut akan panas atau bahkan meleleh.

4. Tidak Memiliki Goresan

Saat berlian tersebut tidak terdapat goresan di seluruh bagiannya maka dapat dipastikan jika berlian tersebut asli. Hal ini disebabkan kekuatan yang dimiliki berlian membuatnya tidak mudah tergores.

Hal ini menjadi ciri yang mudah untuk membedakan mana berlian palsu dan yang asli. Sudah pasti jika berlian palsu akan terdapat goresan bahkan dengan benda kecill.

5. Bentuk Yang Dimiliki Tidak Jelas

Ciri-ciri berlian asli selanjutnya adalah tidak memiliki bentuk yang jelas. Berlian yang bagus malah memiliki bentuk yang tidak beraturan. Tak hanya itu, jika dilihat Anda kana sulit melihat bagian dalamnya.

Jika berlian palsu pasti akan memiliki transparansi yang tinggi dan memiliki bentuk yang sangat rapi.

6. Dapat Tenggelam

Jika Anda masukkan ke dalam air berlian asli dengan kerapatan tinggi, berlian tersebut akan tenggelam. Beda dengan yang palsu pasti akan mengambang di permukaan air. Sayangnya uji coba ini hanya bisa dilakukan untuk berlian yang masih mentah.

Penutup

Itulah tadi ciri-ciri untuk mengetahui kalung berlian elegan dan mewah asli atau tidak, pastikan Anda melihat dengan teliti dan cermat agar tidak salah memilih. Selain ciri-ciri diatas, hal yang bisa membuktikan adalah berlian asli pasti bersertifikat.

Jangan membeli berlian jika tanpa sertifikat. Tentu ini akan membahayakan jika Anda membeli tanpa sertifikat. Degan membeli di toko yang terpercaya juga bisa dipastikan berliannya asli. Semoga bermanfaat.