Sudah menjadi slogan umum bahwa investasi yang menjanjikan untung besar pasti memiliki resiko yang juga tinggi. Tidak terkecuali koin digital satu ini. Untuk trader khususnya pemula, ada baiknya menyimak kiat-kiat berikut agar aman saat hendak menggunakan crypto investment platform.

Langkah Aman Trading Koin Crypto Investment Platform

Saat ini berinvestasi di dunia crypto memang sedang marak-maraknya. Bahkan BAPPEBTI mencatat per Maret 2021 lalu sudah terdaftar 4.2juta investor crypto Indonesia. Jumlah ini bahkan dua kali lipat lebih banyak dibanding para pemain saham yang sudah lebih dahulu terjun ke dunia investasi.

Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan digitalisasi. Dimana aset digital nantinya akan menjadi hal lumrah bagi masyarakat disamping property dan emas. Sebelum memulai terjun ke dunia cryptocurrency, ada baiknya mengikuti tips-tips bijak berikut ini:

  • Atur porsi

Sebelum memulai investasi di bitcoin investment platform, terlebih dahulu selamatkan aset-aset dengan membagi-baginya ke beberapa pos. Diversifikasi kekayaan ke dalam beberapa instrumen dari resiko yang paling rendah hingga tinggi. Instrumen yang memiliki resiko rendah misalnya deposito, tabungan berjangka, dan sebagainya.

Porsi masing-masing disesuaikan dengan profil risiko tiap investor. Profil risiko merupakan kemampuan seseorang dalam manajemen resikonya secara pribadi. Atur persentase maksimal uang yang digunakan untuk berinvestasi di crypto. Hal ini penting agar seluruh kekayaan tidak lenyap dalam semalam mengingat koin ini tinggi resiko.

  • Cari tahu terlebih dahulu

Lakukan research selama beberapa hari terkait cara-cara berinvestasi di crypto. Pelajari berbagai analisis baik secara fundamental maupun teknikal. Mata uang digital bukanlah sebuah judi, melainkan investasi. Jadi diperlukan berbagai strategi tertentu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu dengan melakukan riset mandiri, pengguna tidak akan mudah ikut-ikutan oknum yang hendak mengambil keuntungan pribadi dari trader pemula.

  • Waktu yang tepat untuk beli

Sederhananya belilah koin melalui bitcoin investment platform ketika harga turun dan jual saat harga naik. Maka investor akan mendapatkan keuntungan dari margin tersebut. Namun kenyataannya di lapangan tidak semudah itu. Investor harus pandai-pandai membaca grafik untuk menentukan kapan jual dan kapan harus membeli.

Sebelum mulai berinvestasi di crypto, pasang target loss maksimal yang bisa dihadapi. Jika minus sudah melampaui target itu, maka tidak ada salahnya cut loss sebelum uang habis seluruhnya. Begitu juga ketika hendak take profit. Pasang batas keuntungan yang hendak didapat, jika sudah tercapai maka ambilah sebelum harga kembali turun.

Berinvestasi di crypto memang tinggi resiko. Namun pada beberapa orang hal itu justru menjadi kelebihannya. Maka dari itu sebelum memulai membeli koin digital di crypto investment platform, pastikan mental siap dengan kematangan strategi.

By skyweb