Memastikan bahwa menggunakan beton ready mix berkualitas tentu sangatlah penting. Mengingat peran beton pada konstruksi bangunan cukup krusial Dalam hal ini terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Untuk itu, simak ulasan berikut ini.

Beton Ready Mix Berkualitas

Beberapa Cara Menghasilkan Beton Ready Mix Berkualitas

Perlu Anda sadari bahwa, menentukan harga ready mix mungkin terdengar penting tapi jangan sampai lupa memastikan kualitasnya. Sebab, bicara mengenai harganya tentu sebanding dengan mutu. Berikut beberapa cara agar menghasilkan beton berkualitas.

  1. Penggunaan Bahan Pilihan

Salah satu hal yang sangat mempunyai pengaruh besar terhadap kualitas beton adalah bahan materialnya. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda atau supplier tempat memesan menggunakan bahan pilihan. Mulai dari semen hingga agregat lainnya.

Perlu Anda perhatikan dalam penggunaan semen campurannya. Pastikan bahwa Merk yang digunakan sudah teruji serta standar SNI. Jangan sampai tertipu dengan penawaran yang murah. Karena bisa saja bahan yang dipakai tidak sesuai standar secara umumnya.

  1. Komposisi dan Campuran

Bahan material pilihan seperti tak cukup untuk menghasilkan beton ready mix berkualitas. Pasalnya, jika semuanya tidak diracik sesuai ketentuan mak hasilnya akan sama saja. Itulah mengapa, pastikan komposisi dan campurannya telah disesuaikan standar mutunya.

Seperti halnya pada pencampuran air. Jika digunakan secara berlebihan dan membuat beton terlalu encer maka hasilnya tak bagus. Begitu juga dengan semen yang terlalu banyak. Memcampurkan pasir juga harus sesuai takaran meskipun ingin hasil yang halus.

  1. Proses Pengeringan

Setelah kedua tahap tersebut dipastikan, jangan lupa untuk memastikan proses pengeringan dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini terutama jika Anda menggunakan ready mix. Sebab, jika pengiriman terlalu lama bahkan lebih dari dua jam, maka akan kering saat diperjalanan.

Itulah mengapa Batching plant membatasi jarak pengiriman yang hanya berkisar 20 – 30 km saja. Sebab, apabila jaraknya lebih dari ketentuan maka kemungkinan besar membutuhkan waktu lebih lama. Sedangkan beton hanya mampu bertahan selama 2 jam.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa cara agar menghasilkan beton ready mix berkualitas bagus. Langkah-langkah tersebut dapat Anda terapkan baik menggunakan ready mix ataupun Site mix. Intinya adalah, kualitas merupakan prioritas utama.

By doni