Beli roda empat secara online ternyata bisa juga dilakukan dengan konsep lelang. Dengan menggunakan IBID, kalian bisa menawar beberapa roda empat dengan harga yang cenderung lebih terjangkau. Bahkan bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

IBID merupakan balai Lelang yang berada di bawah naungan Grup Astra. Saat ini ada sekitar 10 cabang dari balai Lelang IBID yang ada di Indonesia. Selain itu, mereka juga kerap melakukan lelang di kurang lebih tiga puluh kota yang ada di Indonesia.

Jika kamu ingin mencoba mengikuti program lelang mobil yang diadakan oleh IBID, tidak ada salahnya untuk mengenal beberapa program mereka di bawah ini.

1. Lived Auction

Lelang secara langsung ini umumnya sudah terjadwal dan semua orang bisa mengikutinya. Setiap cabang dari balai Lelang IBID akan mengeluarkan jadwal lelang reguler mereka. Jadi kamu bisa mengikuti tanggal mana saja yang sedang senggang.

Selain mengikuti dengan datang langsung ke lokasi apabila memungkinkan. Kamu juga bisa melakukan lelang dengan menggunakan website atau aplikasi resmi mereka. Jadi bisa lebih fleksibel saat mengikuti tetapi tetap memiliki jadwal.

2. Timed Auction

Untuk Anda yang tidak memiliki waktu lama tetapi masih ingin mengikuti lelang bisa memilih Timed Auction. Lelang jenis ini biasanya memiliki durasi waktu selama beberapa hari. Durasi pastinya tergantung dengan jenis barang yang dilelang dan antusiasme dari masyarakat.

Setelah durasinya habis barang bisa langsung diberi kepada pemenang lelang setelah mereka melunasi.

 

3. Flash Auction

Lelang yang dilakukan secara cepat atau Flash Auction ini sangat cocok untuk mereka yang ingin membeli barang lelang tanpa harus mengikuti proses yang panjang. Karena memiliki konsep flash, pelelangan akan dilakukan secara live streaming dan bisa diikuti di aplikasi atau website.

Selama mengikuti les streaming ini kamu bisa mengajukan banyak sekali pertanyaan kepada inspektor. Kamu bisa menanyakan apa saja terkait spesifikasi dari roda empat yang akan ditawar hingga meminta mereka mengarahkan video ke seluruh bodi dari kendaraan agar semuanya transparan.

Apabila sudah merasa yakin maka kamu bisa langsung melakukan bid. Apabila beruntung maka barang bisa segera dapatkan setelah melunasi seluruh pembayaran.

Ternyata proses lelang yang dilakukan dengan menggunakan platform IBID cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misal kamu ingin mengikuti lelang secara langsung dengan jadwal yang sudah ditentukan. Selain itu kita juga mengikuti lelang dalam bentuk Flash Auction karena hanya memiliki waktu sedikit.

Apapun nantinya jenis lelang yang akan diikuti. Akan lebih mudah apabila kamu memasang aplikasi IBID di ponsel. Platform ini sudah tersedia pada Playstore atau App Store. Jadi bisa langsung dipasang lalu melakukan pendaftaran akun secara langsung. Jika sudah selesai bisa langsung mengikuti lelang yang disediakan.