Tips trik

Beberapa Makna Pernikahan yang Wajib Diketahui

Summary

Pernikahan bukan hanya sekedar saling tukar cincin nikah saja, akan tetapi terdapat makna berartinya di dalam momen bahagia ini. Meskipun hampir semua orang mengerti apa itu pernikahan, akan tetapi tidak semuanya akan memahami makna dari pernikahan itu sendiri. Padahal, jika […]

Beberapa Makna Pernikahan yang Wajib Diketahui

Pernikahan bukan hanya sekedar saling tukar cincin nikah saja, akan tetapi terdapat makna berartinya di dalam momen bahagia ini. Meskipun hampir semua orang mengerti apa itu pernikahan, akan tetapi tidak semuanya akan memahami makna dari pernikahan itu sendiri. Padahal, jika Anda menginginkan pernikahan yang abadi, Anda perlu mempelajari makna dari pernikahan bahkan sejak sebelum pernikahan itu terjadi.

Anda tidak perlu khawatir mempelajari makna pernikahan akan terlalu sulit untuk dipahami. Sebab, makna-maknanya akan sangat mudah untuk dipahami dan akan membawa efek positif ke dalam pernikahan individu masing-masing.

 

4 makna pernikahan yang wajib diketahui

Beberapa Makna Pernikahan yang Wajib Diketahui

Sebelum memulai kehidupan pernikahan, ada baiknya jika Anda memahami terlebih dahulu apa makna di balik pernikahan itu sendiri. Ketika Anda memahami makna dari sebuah pernikahan, maka Anda akan lebih bisa menjaga hubungan Anda dengan pasangan yang memang sudah bukan main-main lagi. Jadi, apa makna pernikahan yang wajib diketahui?

  • Arti pernikahan

Arti pernikahan yang sesuai dengan undang-undang Indonesia adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita yang berperan sebagai pasangan suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia dan kekal berdasarkan ketuhanan yang maha Esa.

  • Janji yang dilakukan secara langsung di hadapan Tuhan yang maha Esa

Tentu ketika Anda melangsungkan pernikahan, hal ini sama saja dengan Anda berjanji, dilakukan secara langsung di hadapan Tuhan yang maha Esa, untuk membina sebuah keluarga. Hal ini akan mewajibkan Anda untuk memantapkan hati dan pikiran untuk membimbing, menafkahi, dan memberikan arahan yang baik, dan menjaga keluarga baru Anda.

  • Pernikahan merupakan ikatan lahir dan batin antara pria & wanita

Dikarenakan pernikahan akan berlangsung ketika terdapat rasa cinta dan sayang di antara keduanya, maka bisa dibilang Anda dan pasangan Anda wajib memiliki ikatan lahir dan batin supaya dapat menjalankan rumah tangga dengan penuh kesetiaan, kesabaran, dan ketulusan.

  • Memiliki tujuan membina rumah tangga yang kekal

Ingat, Anda tidak boleh menikah hanya untuk main-main saja, karena tujuan dari pernikahan adalah membina sebuah keluarga yang bahagia, saling menyayangi dan mencintai, serta berusaha dengan keras untuk menjadikannya kekal sampai maut memisahkan.

 

Makna sepasang cincin nikah

 

Serupa dengan pernikahan, cincin nikah juga memiliki maknanya tersendiri. Cincin pernikahan adalah benda yang menjadi simbol utama dari sebuah pernikahan. Maka dari itu, tentu cincin ini tidak akan memiliki makna yang sama seperti cincin-cincin pada umumnya. Makna dari sepasang cincin pernikahan adalah:

  • Kebersamaan abadi yang tidak akan hancur
  • Kejayaan dan kekuatan
  • Kesatuan yang saling melengkapi
  • Bukti cinta tanpa akhir dan menjadi sebuah komitmen

 

Ketika Anda sudah memahami apa makna dari pernikahan dan cincin nikah, maka Anda akan semakin menghargai hubungan serius Anda dengan pasangan Anda. Hal ini dapat mengantisipasi terjadinya kehancuran dalam hubungan pernikahan, sehingga Anda bisa hidup dengan lebih lama lagi bersama pasangan Anda sebagai pasangan suami-istri.