Venturimeter atau flow meter venturi adalah jenis Flow Meter SHM yang bekerja berdasarkan prinsip Persamaan Bernoulli. Perangkat ini banyak digunakan di industri pengolahan air/WTP, kimia, farmasi, dan pengolahan minyak & gas untuk mengukur laju aliran fluida di dalam pipa.

Luas penampungan di pipa dikurangi untuk menciptakan perbedaan tekanan yang diukur dengan manometer untuk menentukan laju aliran. Jadi, venturi meter adalah flowmeter tipe Head diferensial yang mengubah energi tekanan menjadi energi kinetik.

Seperti yang dituliskan di atas, Ventimeter memiliki tiga bagian utama, meliputi bagian konvergen, bagian tenggorokan dan bagian divergen. Ketiga bagian ini disusun secara sistematis.

Bagian pertama adalah bagian konvergen atau bagian inlet. Ini adalah wilayah di mana penyilang muncul menjadi bentuk kerucut untuk konektivitas dengan wilayah tenggorokan. Pada bagian ini luas penyilang berkurang dari awal hingga akhir pipa. Bagian ini terhubung ke pipa saluran masuk di satu ujung dan tenggorokan silinder di ujung lainnya. Sudut konvergensi umumnya sekitar 20-22 derajat.

Bagian kedua adalah tenggorokan silinder. Ini adalah bagian tengah venturimeter. Ini adalah pipa silinder di venturimeter yang dilalui oleh cairan setelah disatukan di bagian konvergen. Bagian Tenggorokan umumnya memiliki diameter setengah pipa. Besar diameter tenggorokan tetap sama sepanjang bagiannya.

Bagian terakhir adalah bagian divergen. Ini adalah akhir dari venturimeter. Satu sisi dipasang ke tenggorokan venturimeter dan di sisi lain dipasang ke pipa. Bagian divergen memiliki sudut bagian mulai dari 5 derajat sampai 15 derajat. Sudut divergen lebih kecil dari sudut konvergen karena panjang kerucut divergen lebih besar dari kerucut konvergen. Alasan utama sudut divergen kecil adalah untuk menghindari pemisahan aliran dari dinding.

By toha