5 Kumpulan Doa Ketika Naik Pesawat dari Berbagai Ajaran Agama | Popmama.com

Saat kita melakukan perjalanan atau berpergian ke suatu tempat dengan menggunakan kendaraan pasti hal yang kita takuti yaitu mengenai keselamatan kita selama di perjalanan. Ya, kecelakaan memang bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan pada siapa saja. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu di persiapkan setiap kali anda hendak melakukan perjalanan baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Cara yang bisa kita lakukan pertama untuk mengindari kecelakaan lalu lintas yaitu dengan melakukan pengecekan kendaraan dan juga mempersiapkan fisik sebaik mungkin sebelum melakukan perjalanan. Itu karena biasanya kecelakaan yang terjadi sebagian besar disebabkan oleh kelalaian manusia, terlepas dari takdir yang sudah ditentukan. Sebagai manusia tugas kita hanya bisa berusaha dengan sebaik mungkin.

Tidak berhenti sampai disitu, sebelum berpergian ada baiknya juga kita selalu mengingat untuk membaca doa berpegian setiap kali melakukan perjalanan. Dengan berdoa berarti kita sudah memasrahkan dan mempercayakan semua kepada Tuhan yang Maha Esa. Dengan berdoa juga berarti kita sudah memohon kepada Tuhan agar menjaga kita selama dalam perjalanan sampai nanti selamat ke tempat tujuan.

Biasanya ada beberapa doa yang bisa dibacakan setiap kali anda hendak melakukan perjalanan atau hanya sekedar keluar dari rumah anda. Untuk anda yang belum mengetahui doa – doanya, berikut ini doa berpergian yang bisa anda baca.

  1. Doa saat keluar rumah

Biasakan saat baru keluar rumah sebelum anda menaiki kendaraan bacalah doa berikut ini agar mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Dengan membaca doa diatas saat anda keluar rumah sebelum berpergian maka anda akan tercukupi, terlindungi, dan diajuhkan dari setan yang menganggu. Hal ini dijelaskan dalam hadits riwayat Tirmidzi.

  1. Doa saat naik kendaraan

Biasakan saat anda naik kendaraan dan hendak berpergian anda membaca doa berikut ini :

“Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.”

Artinya: “Ya Allah, mudahkan lah kami dalam bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

Setelah membaca doa diatas anda juga bisa membaca dzikir sepanjang perjalanan agar mendapatkan ketenangan hati dan juga perlindungan dari Allah SWT.

  1. Doa saat melewati jalur atau medan yang sulit

Jika saat dalam perjalanan anda melewati medan jalan yang sulit ataupun membuat hati anda gelisah maka bacalah doa berikut ini :

“Ya Allah Rabb pemilik tujuh lapis langit dan apa yang dinaunginya, Rabb tujuh lapis bumi dan apa yang dikandungnya, Rabb para syetan dan apa yang disesatkannya dan Rabb angin dan apa yang dihembuskannya, aku mohon kepada-Mu kebaikan daerah ini, kebaikan penduduknya, serta kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan daerah ini, keburukan penduduknya serta keburukan yang ada di dalamnya.”

Doa tersebut merupakan potongan doa yang diambil dari hadits riwayat Hakim dan Baihaqi. Do aini dibacakan agar anda mendapatkan ketenangan di jalan dan juga perlindungan dari segala gangguan.

  1. Doa saat tiba di tujuan

Saat anda sudah tiba di tujuan anda jangan lupa juga untuk menutupnya dengan bacaan doa berikut ini :

“Subhaanal ladzii sakhkhara lanaa haadzaa, wamaa kunnaa lahuu muqriniina wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun”.

Artinya: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Dengan membaca doa terswbut berarti kita sudah bersyukur dan berterimakasih kepada Allah SWT yang telang melindungi kita selama di perjalanan.

By sartika