Ayam Goreng Krenyes Santa Maria Cirebon, Enak Banget!

Bila kita bicara mengenai makanan ciri khas pasti yang tebersit ialah olahan masakan unik yang lain. Tapi ini tidak berlaku untuk makanan ciri khas salah satunya ini. Walau dapat mendapatinya setiap wilayah, namun untuk rasanya ditanggung berlainan.

Kulineran ini ada di Kota Cirebon, di Jalan Sisingamangaraja. Tempat makannya sangat simpel cuman pedagang kaki lima biasa-biasa saja. Lokasi yang diputuskan jualan Ayam Goreng Santa Maria cuman memakai gerobak saja. Status gerobak ada di tepi jalan, persisnya di muka SMA Santa Maria atau di seberang Rumah Sakit Dermaga Kota Cirebon.

Nama Ayam Goreng Santa Maria ini umumnya disebutkan dengan Nasi Ati Santa. Untuk warga Cirebon tentu tidak asing bernama tempat makan yang ini. Walau Hanya jual menu makanan biasa-biasa saja seperti ayam dan sate tetapi fansnya sangat banyak, karena ada keunikan bumbunya yang super nikmat dan harga super benar-benar murah.

Sehari-harinya tempat makan ini selalu diserang oleh konsumen hingga abang penjual dan gerobaknya tidak terlihat karena dikerumuni oleh gerombolan konsumen.

Ayam Goreng Santa Maria ini termasuk warung kulineran kaki lima biasa cuman ada beberapa tempat duduk dan 2 meja makan dan tempat parkir yang ada di depan gerobaknya. Namun sarana itu umumnya digunakan untuk duduk beberapa konsumen setia yang antre. Umumnya konsumen setia semakin banyak bawa pulang dibandingkan makan di tempat karena tempatnya yang tidak mungkin.

Disamping itu pemilik ayam goreng santa selalu jaga kebersihan diarea jualnya. Mereka selalu memprioritaskan kebersihan supaya konsumen setia berasa nyaman . Maka teman dekat kulineran tidak boleh berasa cemas atau berasa risi untuk datang dan mencicip kulineran satu ini.

Tidak boleh bingung bila makanan ini selalu ramai konsumen karena ayam goreng Santa Maria ini benar-benar berlainan dari menu kulineran yang lain. Dimulai dari sambal, taburan serundengnya, sampai bumbu-bumbunya yang dipakai untuk mengolah ayamnya cita-rasanya benar-benar cocok dan benar-benar ciri khas. Semua ayam dan sate-satenya dimasak garing, hingga cocok dikonsumsi terasa kriuk dan kress. Semua menu ini harga tidak ada yang melewati dari Rp. 10.000. Benar-benar murah kan?

Baca Juga : Warung Ayam Geprek Mas Kobis, Usaha Waralaba Keluarga Yang Sukses!

Tidaklah aneh bila antreannya selalu panjang dari mulai membuka sampai mendekati tutup. Konsumen setia yang kerap datang ke sana yakni orang – orang kantoran yang istirahat selalu serbu ke warung makanan ini. Anak- anak sekolah dari Sekolah Santa Maria kadang antre ayam goreng satu ini. Betul-betul kulineran kaki lima rasa bintang lima.

Referensi Food Blogger

Ayam Goreng Santa Maria ini juga mengundang perhatian Youtuber yakni Nex Carlos, salah satunya yang dikenali kerap mencicip kulineran ciri khas setiap wilayah. Persisnya pada tengah 2019 lalu, Nex Carlos mengunjungi kota Cirebon dan meriview kulineran satu ini.

Awalnya Nex Carlos ini berasa sangsi karena beberapa orang mereferensikan untuk datang mencicip Ayam Goreng Santa Maria ini. Tetapi saat pesan dan mencicipinya langsung Nex Carlos berasa jatuh hati dengan makanan ayam goreng Santa Maria itu. Nex Carlos berbicara jika Ayam Goreng Santa Maria ini sangat berlainan dari kulineran ayam yang lain. Dimulai dari ayam gorengnya sambal tangka kriuknya sampai taburan serundengnya benar-benar maknyoss. Sesudah ketahui harga perporsinya Nex Carlos akui benar-benar terkejut karena harga Ayam Goreng Santa Maria benar-benar murah dan merakyat.

Baca Juga : Ayam Goreng Bahagia, Ayam Aja Bahagia, Masa Kamu Engga?!

Tidak cuma hanya itu, kata Nex Carlos akui benar-benar terhibur dengan servis dari ayam goreng itu. Untuk beberapa penjualnya berlaku benar-benar gokil karena tiap pekataannya membuat beberapa konsumen setia yang antre turut ketawa. Itu penyebabnya mengapa makanan ini selalu ramai. Sejak Nex Carlos mereferensikan Ayam Goreng Santa Maria itu di akhir video youtubenya hingga beberapa orang yang menggempur ke arah tempat makanan itu. Pemilik Ayam Goreng Santa Maria mengakui pengunjungnya semakin bertambah banyak 2x lipat kemudian.

Jika Anda ingin bertandang ke arah tempat makan ini berada di Jalan Sisingamangaraja No. 31, Panjuran, Kurang kuatwungkuk , Cirebon, Jawa Barat. Ayam Goreng Santa Maria Jam bukanya dari jam 09.00 WIB – 17.00 WIB . Maka untuk anda yang ingin datang jangan sampai terlampau siang karena antreannya selalu panjang. Ingin coba untuk mencicipinya?