Saat ini, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan fintech atau perusahaan fintech. Dalam beberapa tahun terakhir, fintech menjadi salah satu aplikasi pinjaman (pinjaman) online terpopuler.

Banyak perusahaan ternama yang kemudian menciptakan anak perusahaan di bidang financial technology. Tak ayal mereka juga menyediakan beragam fitur canggih dalam satu aplikasi.

Sebagai catatan, artikel ini hanya mengulas aplikasi pinjol populer. Pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak untuk bersenang-senang atau hanya untuk bersenang-senang.

  1. Julo

Julo resmi diluncurkan pada akhir tahun 2016 sebagai rekomendasi keamanan, hingga saat ini sudah lebih dari 100.000 pelanggan di seluruh Indonesia yang menggunakannya.

Permohonan tersebut telah disetujui secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk memberikan pinjaman online mulai dari Rp 2 hingga 8 juta. Pengembalian itu sendiri akan mencakup jangka waktu hingga 6 bulan.

Bunga sangat rendah, mulai dari 0,1% per hari. Bahkan Julo sering memberikan konsumen berbagai hadiah istimewa.

  1. Kredit pintar

Aplikasi dengan logo KP ini adalah salah satu aplikasi kliring tercepat. Kredit Pintar diluncurkan pada tahun 2017 dan telah berhasil mengucurkan dana pinjaman lebih dari Rp6 triliun dan memiliki 400.000 peminjam aktif.

Nasabah dapat mengajukan pinjaman dengan nominal Rp600.000 hingga Rp3 juta, dengan jangka waktu pengembalian maksimal 28 hari hingga 3 bulan. Pada saat yang sama, suku bunga berkisar antara 0,80% hingga 0,56% per hari.

  1. Modalku

Modalku akan menghubungkan dua pihak, yaitu pemberi pinjaman dan usaha kecil, menengah dan mikro yang cukup potensial untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan membentuk dunia keuangan yang inklusif.

Tanpa agunan, Modalku menawarkan dalam bentuk pinjaman modal komersial hingga 500.000.000 rupiah, yang dapat dicicil dengan tingkat bunga yang terjangkau untuk jangka waktu hingga 12 bulan.

  1. Tunaiku

Tunaiku adalah aplikasi pinjaman online ojk yang sudah ada sejak tahun 2014. Anda dapat mengajukan pinjaman hingga Rp 20 juta, dengan tingkat bunga bulanan 3% hingga 4%.

Pada saat yang sama, cicilan pinjaman dapat berkisar dari 6 bulan hingga 20 bulan. Tunaiku sudah berada di bawah pengawasan OJK, sehingga bisa dijadikan pilihan yang aman dan terpercaya.

  1. Dana Bijak

Danabijak adalah platform pinjaman online yang dapat meminjamkan hingga Rp 3.000.000 dengan jangka waktu pengembalian hingga 30 hari.

Pelanggan Danabijak harus berusia minimal 21 tahun, memiliki kewarganegaraan Indonesia, memiliki rekening bank dan buku tabungan yang valid, nomor telepon dan alamat email yang valid, kartu identitas, dan pendapatan minimal Rs 1.600.000.

  1. Cicil

Cicil adalah perusahaan teknologi keuangan yang sangat berwawasan sosial. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memberikan akses mudah ke setiap pembiayaan siswa.

Lembaga keuangan tradisional ini membutuhkan riwayat kredit dan pendapatan minimal sebagai salah satu syarat pengajuan pinjaman.

  1. Indodana

Rekomendasi pinjaman online fast moving selanjutnya adalah Indodana. Platform ini membuat pinjaman sangat mudah.

Indodana didirikan pada tahun 2017 dan diawasi langsung oleh OJK sejak Maret 2018. Calon nasabah Indodana dapat mengajukan pinjaman mulai dari 500.000 hingga 8.000.000, dengan jangka waktu pengembalian 1 hingga 6 bulan.

  1. UangTeman

Pengguna dapat menggunakan smartphone mereka terlebih dahulu untuk mengunduh aplikasi seluler untuk mengajukan pinjaman. Selain itu, calon peminjam juga dapat mengaksesnya melalui situs resmi UangTeman.com.

Salah satu kelebihannya adalah proses cair yang lebih cepat. UangTeman bahkan mengklaim bisa menjamin proses cepat hingga 15 menit. Perhatikan bahwa semua persyaratan telah terpenuhi.

  1. KTA Permata Online

Permata Bank memberikan pinjaman online yang mudah tanpa perlu kartu kredit. Anda dapat mengakses KTA online ini melalui aplikasi PermataX. Proses cepat dan mudah adalah beberapa keunggulan dari aplikasi mobile banking Astra.

Tidak perlu datang langsung ke cabang kami, dan calon nasabah hanya perlu memenuhi persyaratan sederhana yaitu siapkan NPWP dan e-KTP, lalu kirim foto diri dengan KTP.

  1. Koinworks

Koinworks adalah salah satu aplikasi cicilan online aman yang direkomendasikan yang diatur oleh OJK, dan merupakan jenis pinjaman P2P teknologi keuangan. Anda dapat mengaksesnya melalui situs web resmi dan aplikasi seluler.

Jumlah pinjaman yang diberikan digunakan untuk dana usaha, biaya pendidikan dan dana kesehatan. Nominalnya tanggung setengah dan bisa mencapai 500 juta rupiah, dengan total cicilan 6 hingga 24 bulan.

  1. WinWin Mobile Apps

Pinjol WinWin berkantor pusat di Surabaya dan dirilis pada tahun 2016. Melalui situs resminya, perusahaan menyebutkan persyaratan wajib yang berbeda dari kebanyakan aplikasi pesaing.

Pelanggan potensial perlu bertemu atau bertatap muka dengan tim WinWin. Tujuannya adalah untuk memverifikasi dokumen yang digunakan sebagai persyaratan untuk aplikasi pinjaman pertama.

Jumlah pengajuan saat ini dibatasi maksimal 2 juta, dengan jangka waktu maksimal 30 hari. Sayangnya, nasabah yang bisa mengajukan pinjaman juga terbatas di Surabaya dan Jakarta.

  1. Pinjaman Go

Platform cicilan online ini berlisensi OJK dan memberikan pinjaman tanpa agunan. Persyaratannya juga cukup sederhana, yakni identitas berupa KTP, nomor handphone yang valid, rekening bank yang valid, dan penghasilan yang stabil.

Hanya diberikan dua periode yaitu 14 hari dan 21 hari, dengan total poin mulai dari 1,2 juta hingga 6 juta.